Sukses

Profil Tim ISL 2015: Tantangan Baru 'Beruang Madu'

Musim ini Persiba membidik target berada di papan tengah.

Liputan6.com, Balikpapan - Persiba Balikpapan tampil lumayan bagus di Indonesia Super League 2014. Klub yang dijuluki 'Beruang Madu' itu finis di urutan kelima klasemen Wilayah Timur. Mengoleksi 25 poin hasil tujuh kemenangan, empat kali imbang, dan sembilan kali kalah pada musim lalu.

Pencapaian akhir Persiba musim lalu bisa dibilang menjadi prestasi tersendiri bagi tim yang mulai musim ini kini ditukangi pelatih kawakan Edi Simon Bawadi. Maklum, di ISL 2012/2013, mereka hanya mampu finis di peringkat 13 klasemen.

Melongok lebih jauh ke belakang, tepatnya di Liga Super Indonesia 2009/2010, prestasi Persiba lebih mentereng lagi. Tim asal Kalimantan Timur itu menempati peringkat ketiga di bawah Arema Indonesia dan Persipura Jayapura. Persiba juga mengungguli Persib Bandung yang bertengger di posisi empat serta Persija Jakarta di peringkat lima.

Menyambut ISL 2015, Persiba sudah mulai berbenah diri. Pekerjaan rumah pertama yang diselesaikan pelatih adalah mengatasi lemahnya sektor pertahanan. Musim lalu, tim ini bisa kebobolan hingga 28 gol, dan 75% dari gol-gol tersebut didapat kala melakoni partai tandang.

Manajemen Persiba segera bergerak cepat merekrut penggaw anyar. Persiba mendatangkan mantan bek Arema dan Persela Roman Golian. Selain itu Antonio Teles Junior, eks gelandang Persepar Kalteng Putra juga telah resmi berbagung.

Hadirnya pemain Slovakia dan Brasil ini, otomatis membuat slot pemain asing Persiba tinggal tersisa satu pemain lagi. Setelah itu, Edi Simon yang sedang mengadakan seleksi tinggal mencari pemain di sektor penyerangan.

Juru gedor yang sudah positif bakal dikotrak Persiba adalah Jecky Pasarela. Pemain hasil seleksi ini menunjukkan performa yang memikat sang pelatih karena mampu menyarangkan dua gol saat uji coba melawan PS Babulu.

DATA KLUB

Nama Lengkap: Persatuan Sepak Bola Indonesia Balikpapan
Julukan:
Beruang Madu
Didirikan:
1950
Stadion:
Persiba Stadium, Balikpapan, Kalimantan Timur
Kapasitas:
10.000
Ketua Umum:
Syahril HM Taher
Manajer:
Faisal Husin
Pelatih:
Edi Simon Badawi
Asisten Pelatih:
Hariyadi
Pelatih Kiper:
Joko 'Dalbo' Purwanto

Prestasi

Juara Perserikatan: 1985

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil Pelatih

Edi Simon Badawi

Edi Simon Badawi adalah pelatih kawakan yang pernah melatih Kalteng Putra FC, tepatnya saat klub berjuluk "Laskar Isen Mulang" itu bermain di Divisi Utama 2013.

Dia juga merupakan putra daerah, kelahiran Balikpapan dan telah memegang lisensi kepelatihan A AFC. Penunjukkan Edi Simon sebagai arsitek tim pada awal Desember lalu mengungguli kandidat pelatih seperti Timo Scheunemann, Kas Hartadi, dan Amir Yusuf Pohan.

Di tangan Edi Simon, klub Borneo lainnya, Putra Samarinda sukses menjadi juara Divisi Utama hingga dapat menembus kompetisi ISL. Dan menukangi Persiba mulai musim ini, sang pelatih tidak dibebani target terlalu tinggi oleh Syahril MH Taher, ketua umum Persiba.

"Kami tidak ingin muluk-muluk, cukup papan tengah di akhir klasemen. Kami tidak target juara. Bisa papan atas saja kami syukur, apalagi sampai juara, kenapa tidak. Nanti kalau stadion sudah jadi baru target juara," ujar Syahril dikutip dari media lokal saat peluncuran tim pada 8 Februari lalu.

Selama libur pramusim 2015, Edi Simon membiasakan tim Beruang Madu memainkan skema 4-4-2 dan 4-3-3. Ayah dari mantan bek Persita Victor Simon Badawi ini juga belum lama mengutarakan kalau Persiba membutuhkan sosok seorang penyerang murni, dibandingkan penyerang lubang.

Setidaknya sudah ada tiga nama yang mengisi pos di lini depan, yaitu Miftahul Hamdi, I Made Adi Wirahadi, dan Hendri Satriadi. Sedangkan Jecky Pasarela, mantan pemain Gresik United yang sudah lolos seleksi akan segera merampungkan kontraknya dengan Persiba.

3 dari 5 halaman

Profil Pemain Bintang

Roman Golian

Roman Golian sudah tak asing lagi bagi pecinta sepak bola di tanah air. Tiba di Indonesia pada 2011, bek asal Slovakia ini sempat membela Arema Indonesia dan Persela Lamongan.

Dia tipe bek ortodok yang mengutamakan keunggulan fisik dan fokus dalam mengamankan sektor pertahanan. Bersama Persela musim lalu, Golian berhasil melaju hingga babak delapan Besar. Dari total 26 laga yang dimainkan Persela di musim lalu, pemain berusia 32 tahun ini juga terlibat di 24 pertandingan, dengan bermain selama 2,154 menit.

Gaya bermainnya yang tak kenal kompromi membuat Roman sering memeragakan permainan keras yang berujung pada pelanggaran. Dia bahkan sempat absen di dua laga karena menjalani dua kali skorsing akibat akumulasi kartu kuning. Jika dirata-rata, Roman melakukan 1.5 pelanggaran per pertandingan. Dan totalnya, ada enam kartu kuning yang telah diterima pemain ini.

Meski fokus pada pengamanan wilayah pertahanan, ia juga menyumbangkan dua gol, yang masing-masing dicetak ke gawang PSM (27 Februari 2014) dan Perseru (5 September 2014). Raihan golnya di musim 2014 lalu itu berkurang satu gol dari musim 2013 sebelumnya.

Kaya akan pengalaman membuat Roman piawai dalam membaca serangan lawan. Rata-rata jumlah intersep pemain berpostur 187 cm ini mencapai 3.3 per pertandingan. Selain itu, Roman juga mencatat angka rata-rata jumlah sapuan sebanyak empat per pertandingan.

Di Persiba Balikpapan, Roman bakal bersaing dengan bek tengah yang telah dimiliki pelatih Edi Simon, yakni Valentino Telaubun, Nur Hidayat, Ledi Utomo, Yudi Khoerudin, Absor Fauzi, dan Joko Sidik Fitrayono. Kehadirannya diharapkan mampu memperkokoh lini pertahanan tim Beruang Madu.

BIODATA PEMAIN

Nama Lengkap: Roman Golian
Asal: Slovakia
Tempat Tanggal Lahir: Slovakia, 30 Juli 1982
Tinggi: 187 cm
Posisi Bermain: Bek

Karier Pemain

Tahun Klub Tampil Gol

1999−2003 Dukla Banská Bystrica
2002−2003 Petrochemia Dubová (loan)
2003−2004 Dunajská Luzna
2005 Dong Nai
2006−2011 LAFC Lucenec 67 (2)
2011 Arema Indonesia 11 (1)
2011−2014 Persela Lamongan 85 (9)
2014− Persiba Balikpapan 0 (0)

4 dari 5 halaman

4

STATISTIK KLUB

Pencapaian Persiba di Indonesia Super League 2014 lalu dapat dikatakan cukup baik. Tim asal Balikpapan ini finis di urutan ke-5 klasemen Wilayah Timur dengan koleksi 25 poin hasil dari 7 kemenangan, 4 hasil imbang, dan 9 kekalahan.

Inkonsistensi menjadi pekerjaan rumah bagi Simon Badawi selaku pelatih Persiba untuk ISL 2015. Pasalnya, di musim 2014 yang lalu, tim Beruang Madu sering menunjukkan performa naik-turun.

Di wlayah timur ISL, Persiba juga menjadi tim seret gol dibandingkan tujuh tim lainnya sepanjang musim 2014 dengan mengoleksi 21 gol. Gelandang impor Ansou Toure menyumbang paling banyak gol musim lalu. Ia mencetak sembilan gol lebih dari sepertiga total gol yang dimiliki Persiba.

Dalam hal kedisiplinan, rapor Persiba sedikit tercoreng dengan 2 kali kartu kuning kedua yang diterima Patrice Nzekou. Tidak ada pemain Persiba yang dikartumerah wasit musim lalu. Namun, total ada 37 kartu kuning yang diterima Persiba, di mana empat diantaranya dihadiahkan ke Nzekou.

Sektor pertahanan perlu dijadikan fokus pembenahan bagi Persiba untuk mengarungi ISL 2015. Di musim lalu, gawang Persiba kebobolan hingga 28 gol, yang mana 75% dari gol-gol tersebut dialami saat bertandang ke kandang lawan.

Untuk memperkokoh lini belakang, manajemen Persiba segera merekrut bek asing berpengalaman yang pernah membela Arema dan Persela, yakni Roman Golian.

http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/810570/original/080594800_1423804824-PERSIBA__BPN_.jpeg

5 dari 5 halaman

Skuat 2015

Kiper

I Ngurah Komang Arya Perdana
Dwi Yuda Pratama
Husayn Mugni

Bek

Valentino Telaubun
Nur Hidayat
Ledi Utomo
Roman Golian
Yudi Khoerudin
Absor Fauzi
Joko Sidik Fitrayono
Arifki Eka Putra
Ahmad Taufik
Febly Gushendra
Rizal Lestaluhu

Tengah

Fajar Legian Siswanto
M. Solechudin
Rahel Radiansyah
Rendy Saputra
Antonio Teles Jr
Bayu Pradana
Johan Juansyah
Bryan Cesar Ramadhan
Frengky Turnando

Depan

Miftahul Hamdi
I Made Adi Wirahadi
Hendri Satriadi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini