Sukses

Hasil Riset Universitas: Ronaldo Bernilai Rp 2,1 Triliun

Universitas Politeknik Valencia juga mengungkap harga David Silva dan Juan Mata, tapi tidak Lionel Messi.

Liputan6.com, Madrid: Cristiano Ronaldo masih memiliki nilai yang tinggi di bursa transfer. Meski sudah berusia 30 tahun, bintang Real Madrid itu disebutkan masih bernilai 149 juta euro atau Rp 2,1 Triliun jika ditransfer sekarang oleh Madrid.

Ini merupakan hasil riset yang dilakukan Universitas Politeknik Valencia (UPV). Seperti dilansir Marca, kali ini Ronaldo tidak dibandingkan dengan Lionel Messi tapi Luis Suárez, Gareth Bale dan Diego Costa.

Riset ini mendasari hasil penelitiannya berdasarkan beberapa faktor, termasuk umur, statistik, jumlah gol, assist, kartu kuning/merah dan faktor yang tak terukur seperti kepemimpinan.

UPV juga mengukur kepantasan nilai transfer dari Bale, Suarez dan Costa. Bale diboyong 91 juta euro oleh Madrid dari Tottenham Hotspurs. Sedangkan Suarez diboyong Barcelona dengan transfer 81 juta euro dari Liverpool. Sedangkan Costa diboyong Chelsea dengan transfer 38 juta euro dari Atletico Madrid.

Sayang, tidak disebutkan pantas atau tidaknya harga tersebut. Yang pasti, Ronaldo masih berada paling atas dibandingkan ketiganya dalam hal beberapa faktor di atas.

Lanjut ke halaman berikutnya---->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Ronaldo sejauh ini unggul dibandingkan ketiga bintang di atas dalam hal cetak gol. Dia sudah mencetak 28 gol, tapi masih berada di bawah Bale dalam hal assist. Ronaldo juga tercatat ketiga terburuk dalam hal kedisplinan.

Para akademisi atau peneliti di UPV meyakini jika metodologi mereka bisa digunakan klub-klub untuk menghitung berapa nilai pantas pemain yang mereka bidik. Maka itu, klub bisa menyiapkan jumlah uang yang dibutuhkan.

UPV juga mengungkap harga David Silva dan Juan Mata sekarang ini. Ternyata Silva masih bernilai 33,5 juta euro atau Rp 487,5 Miliar. Sedangkan Mata bernilai 24 juta euro atau Rp 349 miliar. So, peminat Silva atau Mata, sudah siapkan uang sebesar itu?

Baca Juga:

Statistik Kontestan 16 Besar Liga Champions Sejak Musim 2003/04

Resep Celta Vigo Kalahkan Atletico Madrid

3 Bek Tangguh Bernaluri Striker di ISL

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini