Sukses

Hubungan 'Mesra' Barcelona dan Mediapro Berakhir

Setelah delapan musim, Barcelona mengakhiri kerjasama dengan Mediapro dan mengalihkan hak siar televisi ke Telefonica.

Liputan6.com, Barcelona - Hubungan 'mesra' antara Barcelona dan Mediapro yang telah berlangsung selama delapan musim berakhir sudah. Mulai musim depan, Barcelona mengalihkan hak siar televisinya kepada perusahaan telekomunikasi terbesar di Spanyol, Telefonica. Perusahaan ini memang belakangan agresif memasuki pasar media.

Seperti dilansir media Spanyol, AS, Senin (16/2/2015) waktu setempat, Barcelona mendapatkan 140 juta euro atau sekitar Rp 2 triliun dari hak siar tersebut. Jumlah itu sama dengan yang didapat Barcelona dari Mediapro di musim ini. Sebagai tambahan dalam perjanjian tersebut, Telefonica akan mengendalikan jalannya saluran televisi klub, Barca TV.

Mendengar kesepakatan tersebut, Presiden Mediapro Jaume Roures melontarkan pernyataan sinis. "Barcelona lebih memilih operator telekomunikasi terbesar ketiga di dunia ketimbang empat perusahaan Catalans," kata Roures.

Sekadar informasi, di ajang La Liga Spanyol, sebagian besar klub bekerja sama dengan Mediapro, seperti Real Madrid. Namun, belakangan sejumlah klub telah mengalihkan hak siar televisinya kepada Telefonica, seperti Celta Vigo dan Real Sociedad.

Kontrak Barcelona dengan Telefonica berdurasi satu musim. Sebab, mulai musim 2016 La Liga akan menerapkan pola sentralisasi hak siar televisi, meniru kebijakan Liga Premier Inggris dengan tujuan pemerataan pendapatan hak siar.

Baca Juga:

Dapat Dana Besar, MU Berencana Bajak Dua Bintang Real Madrid

"Harga Angel Di Maria Tidak Mahal"

Cetak Dua Gol, Guarin Malah Minta Maaf

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.