Sukses

13 Fakta Menarik Manchester City vs Barcelona

Barcelona berhasil lolos ke fase knock-out Liga Champions untuk ke-11 kalinya secara beruntun.

Liputan6.com, Manchester - Manchester City kembali bersua Barcelona di babak 16 besar Liga Champions. Jika City mengusung misi lolos ke perempatfinal, maka Barca bertekad menembus fase delepan besar untuk ke delapan kalinya secara beruntun.

Musim lalu, The Citizens dan El Barca bentrok di babak 16 besar. Blaugrana sukses melenggang ke perempatfinal usai memetik kemenangan agregat 4-1 atas City.

Pada leg pertama yang berlangsung di Etihad Stadium, Los Cules mempermalukan Man City dua gol tanpa balas. Sedangkan di pertemuan kedua, Barcelona mampu membungkam City di Camp Nou dengan skor 2-1.

Hasil tersebut membuat Barca berhasil menembus perempatfinal Liga Champions dalam tujuh musim terakhir. Sedangkan Manchester City, lagi-lagi harus mengubur impiannya melenggang ke babak delapan besar.

Kini, Manchester City berambisi menyudahi hasil minor tersebut saat kembali bersua Barcelona di Etihad Stadium dalam leg pertama 16 besar Liga Champions, Rabu (25/2) dini hari WIB. Namun, hal tersebut bukan perkara mudah.

Pasalnya, Blaugrana memiliki catatan bagus di Liga Champions. Lionel Messi dan kawan-kawan berhasil memetik kemenangan di empat laga terakhir kompetisi elit antar klub Eropa tersebut. Selain itu, Barca juga berambisi menjaga tradisi lolos ke perempatfinal dalam delapan musim terakhir.

Lanjut ke halaman berikut --->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Data dan Fakta Manchester City vs Barcelona

Data dan Fakta Manchester City vs Barcelona:

1. Ini untuk kedua kalinya Manchester City dan Barcelona bersua di kompetisi Eropa. Yang pertama adalah saat saling berhadapan di fase 16 besar besar Liga Champions musim lalu, di mana Barca menang agregat 4-1 atas City, serta menang 2-0 di Etihad Stadium.

2. Manchester City berhasil lolos ke fase knock-out Liga Champions dalam dua musim terakhir. Sayang, mereka tidak pernah lolos ke perempatfinal.

3. Manchester City berhasil memenangkan dua pertandingan terakhir di Liga Champions (kontra Bayern Muenchen dan AS Roma), setelah gagal menang di enam pertandingan sebelumnya.

4. Manchester City hanya mencatatkan satu clean sheet dari 13 laga kandang di Liga Champions (menang 2-0 atas Bayern Muenchen, Desember 2011).

5. Barcelona berhasil lolos ke fase knock-out Liga Champions untuk ke-11 kalinya secara beruntun. Mereka juga sukses lolos ke perempatfinal dalam tujuh musim terakhir.

6. Barcelona mampu merengkuh kemenangan di empat pertandingan terakhir Liga Champions. Hanya Real Madrid yang memiliki torehan lebih baik (9 kemenangan).

3 dari 3 halaman

3.

7. Di tujuh pertandingan terakhir fase knock-out Liga Champions kontra tim asal Inggris, Barcelona berhasil menang enam kali, dengan satu-satunya pengecualian adalah pada semifinal 2011/12 ketika disingkirkan Chelsea yang unggul agregat 3-2.

8. Barcelona hanya meraih satu kemenangan di tujuh laga tandang terakhir mereka di fase knock-out Liga Champions (2 imbang; 4 kalah). Satu-satunya kemenangan itu didapat saat menghadapi Manchester City pada Februari 2014.

9. Barcelona selalu tampil dominan di 92 pertandingan terakhir Liga Champions. Terakhir kali penguasaan bola mereka lebih rendah dibandingkan sang lawan terjadi pada Desember 2006 kontra Warder Bremen (43%).

10. 14 dari 15 gol Barcelona di Liga Champions musim ini tercipta dalam kondisi open play.

11. Barcelona mampu mencatatkan 90 persen umpan sukses, rasio tertinggi di Liga Champions musim ini.

12. Sergio Aguero berhasil mencetak 10 gol di sembilan pertandingan terakhir mereka di Liga Champions.

13. Lionel Messi mencetak delapan gol plus dua assist, dari 15 gol yang disarangkan Barcelona dalam ajang Liga Champions musim ini. Messi yang berlabel topskor sepanjang masa Liga Champions (75 gol), selalu mencetak gol di lima laga terakhir. Namun, dia tidak mampu mencetak gol di pertandingan keenam Liga Champions.


Baca Juga:

Fakta Menarik Babak 16 Besar Liga Champions (4)

Rekor Menyedihkan Pellegrini vs Barcelona

'City Lemah Tanpa Yaya Toure'

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini