Sukses

AFC Turun Tangan Verifikasi 3 Raksasa ISL

Untuk jadwal verifikasi, perwakilan AFC akan memantau Persipura terlebih dulu, dilanjutkan ke Arema dan terakhir Persib.

Liputan6.com, Jakarta Konfederasi sepakbola Asia (AFC) mengunjungi kantor PSSI di kawasan Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (24/2/2015).  Tujuan rombongan AFC ke PSSI guna memeriksa ulang proses lisensi tiga klub ISL, Persib Bandung, Persipura Jayapura, dan Arema Cronus.

Tahun lalu, PSSI memberikan nilai terbaik pada tiga klub itu melalui proses verifikasi. Guna memastikan hal itu, AFC  turun tangan mengecek langsung tiga klub tersebut.

"Mengapa hanya ke tiga klub ini?karena mereka mendapatkan nilai terbaik dari proses licensing yang diberikan oleh PSSI saat verifikasi lalu," kata Azwan Karim, Direktur Hubungan Luar Negeri PSSI.

Pada pertemuan tersebut PSSI diwakili Tigorshalom Boboy selaku Corporate Secretary Liga. Adapun perwakilan AFC yang datang yaitu Mahajan Vasuden Nair (Head of Licensing & Commersial Legal), Kevin Ong (Finance & Lightning) dan Jose Marcelino (Technical).

Untuk jadwal verifikasi, perwakilan AFC akan memantau Persipura terlebih dulu, Rabu (25/2/2015). Setelah itu Kamis (26/2/2015) dilanjutkan ke Arema di Malang, terakhir langsung ke Bandung (27/2/2015)

Menurut Tigor, bisa saja penilaian AFC dan PSSO tidak sejalan terkait verifikasi  tiga tim tersebut."Bila dalam verifikasi tersebut terdapat kekurangan, bukan tak mungkin lisensi Persib, Arema, dan Persipura dicabut oleh AFC.  Dan bila dicabut, musim depan wakil Indonesia bisa saja tidak bisa ikut kompetisi antarklub Asia,"  jelas Tigor.

Musim 2015, ketiga raksasa ISL itu mendapat jatah bermain di kompetisi Asia. Persib bahkan mendapatkan  kesempatan bermain di Liga Champions Asia (LCA) dari babak Kualifikasi kedua. Namun gagal setelah dikalahkan Hanoi T&T.

Maung Bandung berkompetisi di Piala AFC, sekaligus menggeser posisi Arema Cronus yang berstatus sebagai tim cadangan di kompetisi kasta kedua Benua Kuning itu.

Baca Juga:

Hasil dan Klasemen Serie A: Roma Tertahan, Milan Bangkit

Kisah Pertengkaran Pirlo vs Allegri Ternyata Tak Benar

Tunangan Jarang Bermain, WAGs Cantik Kecam Inzaghi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.