Sukses

Arsenal Hancur Lebur, Langkah AS Monaco ke 8 Besar Terbuka Lebar

Arsenal tumbang di markasnya sendiri.

Liputan6.com, London - Arsenal terkapar di markas sendiri, Emirates Stadium, saat menjamu AS Monaco di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis (26/2/2015). The Gunners tumbang 1-3 dari AS Monaco.

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, The Gunners yang bertindak sebagai tuan rumah langsung mengambil inisiatif menyerang. Laga baru berjalan dua menit, penyerang Arsenal, Danny Welbeck, langsung melesatkan sepakan keras ke gawang Monaco, sayang bola masih berada di atas tiang gawang.

Serangan skuat asuhan Arsene Wenger ini seringkali berangkat dari sisi kiri. Alexis Sanchez kerap melakukan tusukan-tusukan ke jantung pertahanan Monaco.

Akan tetapi keberadaan seorang Joao Moutinho di tengah, mampu meredam serangan The Gunners. Menit ke 19, giliran Moutinho mencoba melakukan sepakan spekulasi, akan tetapi bola masih melebar di sisi kiri gawang Arsenal.

Bermain terburu-buru membuat kedua tim tidak mampu melakukan penyelesaian akhir yang baik. Upaya dari kedua tim kerap sia-sia saat tiba di depan gawang lawan.

Namun Monaco akhirnya berhasil mencuri keunggulan. Geoffrey Kondogbia berhasil mencetak gol jarak jauh di menit ke-38 usai memanfaatkan umpan Joao Moutinho. Sepakan Kondogbia dari luar kotak penalti berubah arah usai menyentuh tubuh bek Arsenal, Per Mertesacker.

Hingga turun minum, skor 1-0 untuk keunggulan AS Monaco tetap bertahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak kedua

Babak kedua, Arsenal mengambil inisiatif serangan. Olivier Giroud mendapat peluang di depan gawang AS Monaco. Namun sepakannya masih menyamping dari gawang.

Peluang lainnya hadir di menit ke-52. Berawal dari tendangan bebas Santi Cazorla, Giroud yang sudah berada di dalam kotak penalti, gagal mengarahkan bola dengan sempurna sehingga bola meleset dari sasaran.

Asyik menyerang, petaka menghampiri The Gunners di menit ke-53. Serangan balik AS Monaco berhasil membobol gawang David Ospina untuk kedua kalinya. Gol kali ini dicetak Dimitar Berbatov.

Bermula dari pergerakkan Anthony Martial di sisi kiri, ia mampu mendahului para penggawa The Gunners yang berada di area tengah lapangan. Hasilnya, lini belakang Arsenal hanya menyisakan satu bek. Kemudian Martial memilih untuk mengoper pada Berbatov yang sudah berdiri di sisi yang berlawanan dan dengan mudah eks penyerang MU itu menceploskan bola ke gawang Arsenal. Skor 2-0 untuk keunggulan AS Monaco.

Tertinggal dua gol, Arsene Wenger langsung merotasi pemainnya. Ia mengganti Giroud dengan memasukkan Theo Walcott untuk memberi kecepatan lebih di lini serangnya.

http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/817601/original/009025000_1424899152-2015-02-25T210308Z_67899788_MT1ACI13433446_RTRMADP_3_FOOTBALL.JPG

Kecepatan Walcott dan Alexis Sanchez mampu menyulitkan lini pertahanan Monaco. Namun belum ada gol lagi tercipta.

Wenger kembali memasukkan nama Alex Oxlade Chamberlain menggantikan Francis Coquelin. Ternyata keputusan Wenger ini cukup ampuh.

Chamberlain berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 di menit 90. Ia berhasil mencetak gol lewat sepakan dari luar kotak penalti usai memanfaatkan bola liar hasil clearance tak sempurna pemain AS Monaco.

The Gunners yang mencoba ketertinggalan harus tertunduk lesu saat gol ketiga Monaco tiba di penghujung laga. Pemain pengganti, Yannick Ferreira-Carrasco berhasil unggul saat beradu sprint dengan pemain belakang The Gunners dan mendapatkan ruang tembak di sisi kiri gawang Ospina.

Akan tetapi Carrasco memilih untuk mengarahkan bola ke tiang jauh yang tidak bisa digapai kiper asal Kolombia itu. Skor 3-1 untuk keunggulan Monaco bertahan hingga laga usai.

Berkat hasil ini langkah Monaco untuk lolos ke babak delapan besar terbilang mudah. Pasalnya mereka akan bertindak sebagai tuan rumah saat melakoni leg kedua kontra Arsenal pada 18 Maret 2015 mendatang.

Susunan pemain

Arsenal: Ospina; Kieran Gibbs, Mertesacker, Koscielny, Bellerin; Ozil, Alexis Sanchez, Coquelin (Chamberlain), Santi Cazorla (Rosicky), Welbeck; Giroud (Walcott)

AS Monaco: Subasic; Abdennour, Wallace, Uwa Echiejile, Almamy Toure; Fabinho, Nabil Dirar (Kurzawa), Joao Moutinho, Geoffrey Kondogbia, Anthony Martial (Bernardo Silva); Berbatov (Carrasco).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini