Sukses

Legenda Tottenham Hotspur Tutup Usia

Dave Mackay sudah memenangkan 10 gelar utama saat bermain di Inggris dan Skotlandia.

Liputan6.com, Nottingham - Legenda Tottenham Hotspur, Dave Mackay, mengembuskan napas terakhirnya di usia 80 tahun, Senin (2/3/2015) waktu setempat. Mackay meninggal di Pusat Medis Queen di Nottingham.

Sepanjang kariernya sebagai pesepakbola, ia sudah memenangkan 10 gelar utama saat bermain di Inggris dan Skotlandia. Atas prestasinya itu Dave Mackay sempat dinobatkan sebagai pesepakbola terbaik dalam kurun waktu setahun di dua negara tersebut.

Nama Mackay melambung setelah memenangkan tiga gelar domestik di Skotlandia bersama Hearts dari tahun 1957-1959. Setelah itu, pria yang sempat menangani Nottingham Forest dan Birmingham City itu pindah ke Spurs.

Bersama The Lilywhites, ia meraih dua gelar yakni Liga Inggris dan Piala FA di musim 1960/61. Itu merupakan pertama kalinya klub Inggris mencapai prestasi tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemain Terbaik

Berbagai pujian pun dialamatkan kepada Mackay. Spurs melalui laman resminya menyebutnya sebagai pemain terbaik

"Dave Mackay adalah salah satu pemain terbaik sepanjang masa dan seorang pria yang tak pernah gagal memberikan inspirasi untuk sekelilingnya," tulis Spurs.

"Ia adalah jantung dalam tim musim 1961 yang meraih gelar ganda dan merupakan bagian penting saat tim mempertahankan piala FA musim berikutnya. Meski cedera membuatnya absen di final piala Europa, tapi ia punya peran vital yang membawa Spurs sampai ke babak final."

Sementara itu, salah satu legenda sepak bola Inggris, George Best pernah mendeskripsikan dalam sebuah wawancara kalau Dave yang berposisi di sweeper itu sulit untuk dilewati.

"Dia adalah pemain terkeras yang pernah saya hadapi dan tentu saja merupakan pemain yang paling berani," tambah Best. (Deny Adi Prabowo)

 

Baca Juga:

Pelatih Juventus Marah Gagal Kalahkan 10 Pemain Roma

CR7 Tidak Henti Cetak Rekor Baru, Apa Itu?

Mourinho Anggap MU Masih Jadi Ancaman dalam Perburuan Gelar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini