Sukses

Tipu Ratusan Pesepak Bola, Eks Pemain Skotlandia Raup Rp 600 M

Seperti apa aksi tipu-tipu yang dilakukan eks pemain timnas Skotlandia ini?

Liputan6.com, Jakarta - Seorang mantan pemain tim nasional (timnas) Skotlandia B bernama Michael McIndoe menipu ratusan rekan seprofesinya untuk berinvestasi, namun ternyata sang pelaku menghabiskan uang tersebut untuk berpesta-pora. Dipercaya McIndoe sudah menghabiskan 30 juta poundsterling (sekitar nyaris Rp 600 miliar), tetapi sekarang ia dinyatakan bangkrut.

McIndoe yang sempat memperkuat lini tengah Wolves dan Coventry itu diklaim telah menipu sekitar 300 pemain sepak bola, termasuk salah satunya Jimmy Bullard yang sempat satu klub dengannya di Milton Keynes Dons. Tak hanya Bullard, pria berusia 35 tahun itu juga memberikan rayuan palsu kepada para pemain bola divisi bawah Liga Inggris.

McIndoe berjanji kalau ia akan membayar 20 persen dari total keuntungan "investasi" kepada para penyumbang dana, tetapi tak kunjung melunasi kewajibannya. Saat ini, McIndoe sedang diinvestigasi oleh pihak kepolisian metropolitan Inggris dan mengaku sudah bangkrut dengan nilai utang senilai 3 juta poundsterling (sekitar Rp 59 miliar) dan hidup ditopang teman serta keluarganya.

"Dia adalah Si Tuan Kaya di Marbella (sebuah resor liburan di selatan Spanyol), membeli sampanye yang tak terhitung jumlahnya dan gadis-gadis di banyak tempat. Dia bahkan pernah punya bodyguard dan ia menghabiskan uang dengan cara yang anda tidak pernah lihat sebelumnya," papar salah satu pesepak bola yang mengalami kerugian sebesar 75 ribu poundsterling (Rp 1,4 miliar) tapi tak mau disebutkan namanya tersebut seperti dilansir DailyMail.

Lanjut ke halaman berikutnya----->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Tak hanya berpesta, McIndoe juga dikabarkan sangat hobi berjudi sebelum akhirnya "investasi" rekaannya itu hancur lebur dan diberitakan pernah berutang 1 juta poundsterling kepada salah satu bandar.

"Dia punya gaya bicara yang bisa meyakinkan anda tetapi sangat tertutup ketika ditanya soal investasinya. McIndoe menyebut uang yang kami setorkan disalurkan di bisnis properti, emas atau investasi di kota. Orang-orang sempat percaya ketika mereka sempat dibayar haknya tetapi tak lama kemudian investasinya bangkrut. Dia meyakinkan saya akan menjadi orang makmur tapi itu butuh waktu," ujarnya.

Salah seorang model glamor bernama Georgia Eden sempat diundang McIndoe ke acara di sebuah klub pernah dijanjikan dibayar 12 ribu poundsterling tetapi uang tak pernah terkirim.

"Kami diminta untuk berbicara kepada tamu yang datang dan sedikit menggoda mereka. Usai acara, pihak penyelenggara acara puas dengan apa yang kami lakukan dan bayaran akan datang dalam waktu 30 hari," jelas Eden kepada Daily Record.

Akhir bulan Maret, McIndoe dijadwalkan akan bertemu dengan komite pemutusan kebangkrutan. (Deny Adi Prabowo)

Baca Juga:

Villarreal vs Barcelona, Busquets: Mereka Bakal Main Terbuka

Bek MU Khawatir Disalip Liverpool

AS Roma Paksa Juventus Bermain Imbang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini