Sukses

8 Fakta Menarik West Ham vs Chelsea

Sejak kedatangan Roman Abramovich, suporter West Ham mulai risih dengan keberadaan Chelsea.

Liputan6.com, Jakarta - Belum selesainya masalah kontrak John Terry, Chelsea kini harus membagi perhatian lantaran harus melakoni laga lanjutan Premier League 2014/2015. Pasukan Jose Mourinho harus memusatkan perhatian kepada pertandingan kontra West Ham United dalam derby London, Kamis (5/3/2015) dini hari WIB.

Sebenarnya rivalitas kedua tim tak begitu kental. Namun, saat Chelsea dibeli sahamnya oleh Roman Abramovich pada 2003, suporter West Ham mulai risih dengan keberadaan tim yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut.

Rivalitas itu bahkan sampai berujung pada nyanyian. Entah saat berlaga di Upton Park atau di markas Chelsea, suporter West Ham kerap kali menyuarakan sindirannya dengan lirik: "Dari Stamford Bridge ke Upton Park, masukkan bendera biru ke dalam anus Anda".

Tak hanya di level suporter, persaingan panas merambat ke manajer dua klub yang bersangkutan. Pada satu kesempatan, Jose
Mourinho menyebut taktik Sam Allardyce layaknya tim sepak bola dari abad ke-19. Saat ditanya responnya, manajer berusia 60 tahun itu kembali balas menyindir.

"Maksud Anda (soal gaya bermain di abad 19) gaya Chelsea saat mereka bertandang ke markas Bayern Muenchen atau Barcelona? Terkadang Anda harus melakukan hal yang harus dilakukan dalam sepak bola. Bagi saya, penting bagi kami bermain dengan performa maksimal dan berusaha mendapatkan hasil," papar Allardyce seperti dilansir Whufc.com.

Berikut ini delapan poin penting yang patut diketahui soal laga West Ham versus Chelsea.

1. Jose Mourinho saat ini belum terkalahkan dalam tujuh pertemuan terakhir kontra West Ham (6 kemenangan dan satu hasil imbang). Bila ditarik lebih jauh, total Chelsea sudah memenangkan 13 kali dan dan kalah sekali dari17 laga.

Lanjut ke halaman berikut --->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gagal Cetak Gol

2. West Ham selalu gagal mencetak gol ke gawang Chelsea dalam lima laga dari enam pertemuan mereka di Premier League. Rapor mereka makin merah lantaran The Hammers mandul dalam empat pertandingan terakhir versus Chelsea.

3. Hanya satu tim yang bisa menghentikan Chelsea membobol gawang musuhnya dalam 27 pekan Premier League. Tim itu adalah Sunderland, The Black Cats kala itu menahan imbang 0-0 Chelsea pada 29 November 2014.

4. West Ham hanya menang satu kali dari 10 pekan Premier League (1 menang, 5 imbang, kalah 4 kali). Akibat dari tak stabilnya performa yang ditunjukkan, Andy Carroll dkk hanya sanggup berada di peringkat 9.

5. Meski berstatus sebagai pemuncak klasemen Premier League hingga pekan ke-27, dengan mengoleksi 60 poin, tapi Chelsea total hanya mengoleksi 14 angka di tahun 2015. Soal keefektivitasan peraihan poin mereka masih kalah dari Arsenal (18) dan Liverpool (20).

6. Untuk urusan tekel menekel bola, Chelsea boleh berbangga hati kepada Nemanja Matic karena dari 2.229 menit yang ia taklukkan musim ini, dia berada dalam posisi teratas dengan 74 tekel. Akan tetapi Matic tak bisa bermain di laga ini karena akumulasi kartu, lini tengah Chelsea bisa jadi sedikit bolong.

Sementara itu, pemain terulung West Ham dalam menjagal lawan menjadi milik Cheikhou Kouyate setelah sang pemain melakukan 39 tekel dari 20 pertandingan, itu berarti nyaris dua per laga.

7. Sebagai tim yang mengandalkan penguasaan bola, Chelsea patut diwaspadai dari segala lini. Bek-bek The Blues berkontribusi dengan mencetak 17 gol dan 13 assist dalam semua kompetisi musim ini.

Untuk absennya pemain, Andy Carroll dan Carlton Cole tak bisa diturunkan West Ham karena cedera sementara Morgan Amalfitano absen karena akumulasi kartu.

8. Di kubu Chelsea hanya ada John Obi Mikel yang tak bisa dipasang Jose Mourinho karena cedera. Motor penggerak lini tengah The Blues, Nemanja Matic masih harus memarkirkan kakinya karena mendapat kartu merah saat mendapat kartu merah dalam laga kontra Burnley. (Deny Adi Prabowo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • West Ham United