Sukses

Pellegrini Dipecat? Ini 5 Calon Pelatih Baru The Citizens

Kontrak Pellegrini bersama Manchester City baru akan usai pada musim panas 2016 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Posisi Manuel Pellegrini sebagai manajer Manchester City berada di ujung tanduk. Dia santer disebut bakal segera dipecat menyusul rentetan hasil buruk yang diterima The Citizens.

Pellegrini mulai membesut Man City sejak Mei 2013 lalu. Manajer asal Chile itu mengawali musim perdananya bersama City dengan mulus. Trofi juara Liga Primer Inggris dan Piala Liga Inggris musim 2013/14 berhasil dipersembahkannya buat The Citizens.

Di musim ini, manajer 61 tahun itu mengawalinya dengan hasil positif. Bahkan, Pellegrini sukses mengantarkan Manchester City bercokol di posisi dua klasemen sementara Liga Primer Inggris serta lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Namun, menelan dua kekalahan beruntun yakni atas Barcelona dan Liverpool membuat jabatan Pellegrini sebagai manajer Man City terancam. Sebab, kalah 1-2 dari El Barca membuat peluang City lolos ke perempatfinal Liga Champions kian sulit. Sementara tumbang 1-2 atas The Reds, akhir pekan kemarin, membuat kans menjuarai Liga Primer Inggris musim ini makin berat.

Alhasil, manajemen klub santer disebut akan segera memecat mantan arsitek Malaga tersebut. Padahal, kontrak Pellegrini bersama Manchester City baru akan usai pada musim panas 2016 mendatang.

Sejumlah nama pelatih tenar dikabarkan bakal mengambil alih peran Pellegrini di City. Lalu, siapa saja kah mereka?

Simak ulasannya di halaman berikut --->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1.

1. Diego Simeone

Pelatih 44 tahun tersebut sukses mengubah Atletico Madrid menjadi sala satu tim yang disegani baik di Spanyol maupun Eropa. Di bawah asuhan Simeone, Los Rojiblancos berhasil meraih lima gelar juara dalam tiga musim terakhir, termasuk mematahkan dominasi Real Madrid dan Barcelona dalam perebutan trofi La Liga.

Selain itu, pelatih asal Argentina ini sukses membawa Atletico lolos ke final Liga Champions musim lalu. Sayang, Arda Turan dan kawan-kawan gagal meraih gelar juara usai dikalahkan Real Madrid di partai final.

Jika Diego Simeone ditunjuk sebagai suksesor Pellegrini, diyakini sang pelatih tak akan kesulitan membawa Manchester City meraih gelar juara. Apalagi, City memiliki barisan pemain bintang untuk bisa mewujudkan hal tersebut.

3 dari 6 halaman

2.

2. Rafael Benitez

Pelatih asal Spanyol ini bukanlah sosok asing di kancah sepak bola Inggris. Saat masih membesut Liverpool, Benitez mampu mempersembahkan satu gelar juara Piala FA, satu trofi Community Shield, satu Liga Champions, dan satu titel juara Piala Super Eropa. Dia juga turut mengantarkan Chelsea menjuarai Liga Europa musim 2012/13.

Dengan prestasinya tersebut, manajemen Manchester City memasukkan nama Benitez sebagai salah satu calon kuat pelatih Sergio Aguero Cs di musim depan. Peluang mendapatkan tanda tangan pria 54 tahun itu terbilang besar. Sebab, di akhir musim ini, masa kerja Benitez bersama Napoli akan usai.

4 dari 6 halaman

3.

3. Ronald Koeman

Koeman berhasil mendongkrak prestasi Southampton di musim ini. Berkat tangan dingin pelatih asal Belanda tersebut, The Saints kini bercokol di posisi lima klasemen sementara Liga Primer Inggris. Padahal, Southampton tak dihuni pemain-pemain bintang.

Dengan segudang pengalamannya di dunia kepelatihan, Koeman dinilai layak membesut Manchester City di musim depan. Apalagi, klub-klub yang pernah diasuhnya seperti Ajax Amsterdam, Benfica, PSV Eindhoven, Valencia, serta AZ Alkmaar mampu dibawanya merengkuh berbagai gelar juara.

5 dari 6 halaman

4.

4. Carlo Ancelotti

Kemampuan pelatih asal Italia ini dalam melatih tak perlu diragukan lagi. Ketika masih menukangi Chelsea pada Juli 2009 hingga Mei 2011, Ancelotti mampu mempersembahkan trofi Liga Primer Inggris, Piala FA, dan gelar juara Community Shield.

Prestasi mantan pemain AC Milan ini kembali bersinar saat melatih Real Madrid di awal musim lalu. Di bawah kepelatihannya, Los Blancos sukses meraih gelar juara ke-10 di Liga Champions, menjuarai Copa del Rey, menyabet trofi Piala Dunia Antarklub, dan merengkuh gelar Piala Super Eropa.

Torehan gemilang pelatih 55 tahun itu membuat manajemen Manchester City kepincut memakai jasanya. Dengan dana tak terbatas, manajemen The Citizens diyakini tidak kesulitan merayu Carlo Ancelotti untuk meninggalkan Madrid pada musim panas tahun ini.

6 dari 6 halaman

5.

5. Pep Guardiola

Guardiola adalah salah satu pelatih terbaik di dunia saat ini. Menerapkan gaya bermain yang atraktif, pelatih asal Spanyol ini telah merasakan berbagai gelar juara. Ketika membesut Barcelona selama empat musim, dia sukses merengkuh 14 gelar juara termasuk trofi La Liga Spanyol, Copa del Rey, titel Liga Champions, dan trofi Piala Dunia Antarklub.

Pelatih 44 tahun ini pun lantas melanjutkan kariernya bersama Bayern Muenchen sejak musim panas 2013. Bersama The Bavarians, Guardiola berhasil mempersembahkan trofi juara Bundesliga Jerman, DFB Pokal, Piala Super Eropa dan gelar Piala Dunia Antarklub.

Kejeniusan Pep Guardiola dalam melatih rupanya membuat namanya berada di posisi teratas calon pengganti Pellegrini di Man City. Sayang, keinginan manajamen The Citizens memakai servis mantan penggawa timnas Spanyol ini tidak akan berjalan mulus.

Sebab, gaji Guardiola sangat tinggi yakni mencapai 14,8 juta pound atau Rp 295 miliar per tahun. Gaji tersebut membuatnya menjadi pelatih dengan bayaran tertinggi di dunia. Selain itu, Guardiola juga secara terang-terangan enggan pergi dari Die Bayern karena masih terikat kontrak hingga Juni 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini