Sukses

Delapan Fakta Menarik Juventus vs Fiorentina

Salah jadi bintang kemenangan Fiorentina.

Liputan6.com, Jakarta- Oleh Deny Adi

Juventus harus menelan pil pahit di leg pertama semifinal Coppa Italia, Jumat (6/3/2015) dinihari WIB. I Bianconeri kalah 1-2 dari Fiorentina di kandang sendiri.

Kekalahan di Juventus Stadium ini membuat I Bianconeri cukup sulit lolos ke final. Mereka wajib menang dua gol tanpa balas ketika ganti dijamu Fiorentina awal April.

Pemain baru Fiorentina Mohamed Salah menjadi mimpi buruk bagi Juventus. Pemain pinjaman dari Chelsea itu memborong dua gol.

Keberhasilan Fiorentina ini menghasilkan beberapa fakta menarik. Berikut fakta-faktanya yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber (baca dihalaman berikutnya)

- Dalam laga ini, masing-masing tim menghasilkan empat tembakan mengarah ke gawang. Secara total, ada 31 tendangan yang dieksekusi dalam pertandingan yang digelar di Juventus Stadium, Jumat (6/3) dini hari WIB, 18 untuk Juve sedangkan sisanya Fiorentina.

-Dari banyaknya tendangan mengarah ke gawang, lima tembakan berhasil diblok Gianluigi Buffon sementara Norberto Neto menepis dua saja. Viola mengalami kesialan dalam laga ini lantaran satu tembakan mereka terhalau mistar gawang. Sembilan upaya Bianconeri menambah angka meleset dari target sedangkan Fiorentina tujuh kali gagal menciptakan peluang emas.

-Bila dilihat dari segi penguasaan bola, Juventus unggul 57 persen berbanding 43 persen dari yang didapatkan tim tamu. Tuan rumah tiga kali terperangkap off-side sedangkan Fiorentina sekali saja dalam 90 menit. Keagresivitasan Juventus mencari angka terlihat dari enam sepak pojok yang didapatkan sementara Fiorentina hanya menuai setengahnya.

-Total ada 544 operan untuk Juventus berbanding 449 milik Fiorentina. Dengan akurasi sebesar 86 persen, Juventus mengeksekusi 466 operan dan Fiorentina 368 operan (82 persen). Terdapat 40 upaya tekel yang diinisiasi oleh Bianconeri akan tetapi hanya 27 saja yang terlaksana (68 persen) dan Fiorentina mencoba menjegal pemain lawan 37- 22 berhasil (tingkat keberhasilan 59 persen).

-Saat berduel dengan pemain lawan di udara, 27 kali Juventus melakukannya (11 duel dimenangkan – 41 persen) dan Fiorentina melakukan upaya dengan jumlah yang sama tapi mereka melakukannya dengan baik karena 16 (akurasi 59 persen) duel berhasil dimenangkan.

-Juventus dan Fiorentina sudah bertemu sebanyak 13 kali dan tim terakhir punya catatan lebih baik. Enam pertandingan dimenangkan dan Juventus hanya tiga kali sedangkan sisa laganya berakhir imbang.

-Mohamed Salah mencetak enam gol dari tujuh pertandingan pertamanya bersama Fiorentina; Juan Cuadrado mendapatkan gol perdananya usai bermain di 12 laga.

-Terakhir kali Juventus menelan kekalahan di markasnya sendiri terjadi pada April 2013 (kontra Bayern Muenchen) alias 694 hari yang lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini