Sukses

Lumat Vallecano, Barcelona Kudeta Posisi Madrid

Berkat tambahan tiga angka ini, Los Cules sukses mengambil alih puncak klasemen sementara La Liga dari tangan Real Madrid.

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona sukses memetik poin penuh kala bentrok dengan Rayo Vallecano di jornada ke-26 La Liga Spanyol. Barca berhasil melumat Vallecano dengan skor 6-1.

Keenam gol Barcelona disarangkan oleh Luis Suarez di menit ke-5 dan 90+1, Gerard Pique menit ke-49, serta Lionel Messi yang mencetak trigol di menit ke-56, 63, dan 68. Sementara gol balasan Los Vallecanos tercipta atas nama Alberto Bueno di menit ke-81.

Berkat tambahan tiga angka ini, Los Cules sukses mengambil alih puncak klasemen sementara La Liga dari tangan Real Madrid. Blaugrana mampu mendulang 62 angka atau unggul satu poin atas Madrid yang berada di urutan dua. Sedangkan Vallecano menghuni tangga ke-11 dengan mengoleksi 29 poin.

Menjamu Vallecano di Camp Nou, Minggu (8/3) sore WIB, Barcelona langsung tancap gas. Laga baru berjalan lima menit, Luis Suarez sukses membawa Los Cules memimpin.

Menerima umpan terobosan dari Xavi Hernandez, Suarez langsung menggiring bola hingga ke dalam kotak penalti. Hanya tinggal berhadapan dengan kiper, penyerang timnas Uruguay itu berhasil menceploskan bola ke dalam gawang dengan sepakan kaki kanan.

Terlecut dengan gol cepat El Barca, Rayo Vallecano coba membalas. Akan tetapi, sepakan Gael Kakuta di menit ke-8 masih melayang di atas mistar gawang. Begitu juga dengan sepakan Roberto Trashorras di menit ke-10 yang dapat dihentikan oleh kiper.

Masuk menit ke-21, Pedro memiliki kans untuk menggandakan keunggulan Blaugrana. Sayang, sepakan kaki kiri Pedro dari dalam kotak penalti masih melenceng tipis di sisi kanan.

Meski bermain di kandang lawan, namun Vallecano mampu merepotkan barisan belakang Los Cules. Di menit ke-26, Emiliano Insua memiliki kans untuk mengukir namanya di papan skor. Tapi, sepakan keras kaki kanan Insua dari luar kotak penalti mampu diredam kiper Barcelona, Claudio Bravo.

Absennya Neymar sedikit banyak memengaruhi permainan El Barca. Seperti dilansir Whoscored, Azulgrana hanya memiliki satu sepakan on target hingga memasuki menit ke-40. Sedangkan Los Franjirrojos mencatatkan dua tendangan mengarah ke gawang.

Sampai pertandingan babak pertama usai, skor 1-0 untuk keunggulan Barcelona tetap bertahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Masuk paruh kedua, Barcelona masih tampil mendominasi. Blaugrana berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-49 lewat aksi Gerard Pique.

Berawal dari sepak pojok yang dilepaskan Xavi, bola langsung disundul Jordi Alba. Sayang, usaha Alba masih membentur mistar gawang. Tapi, bola rebound mengarah ke Pique yang langsung menceploskan si kulit bundar ke dalam gawang dengan sepakan kaki kanan.

Masuk menit ke-54, El Barca mendapatkan hadiah penalti menyusul pelanggaran Tito terhadap Suarez. Akibat pelanggaran tersebut, Tito diusir keluar lapangan usai menerima kartu kuning kedua.

Messi yang maju sebagai ekskutor menjalankan tugasnya dengan baik. Sepakan 12 pas The Messiah ke pojok kanan bawah gawang gagal dibendung kiper Rayo Vallecano.

Unggul jumlah pemain, Barcelona terus mengurung pertahanan Los Franjirrojos. Dan hasilnya, Messi sukses mencetak gol keduanya di laga ini pada menit ke-63.

Diawali dari sepakan Suarez yang dapat ditepis penjaga gawang, bola rebound malah mengarah ke kaki Messi. Tanpa kesulitan The Messiah menceploskan si kulit bundar ke dalam gawang dengan tendangan kaki kiri.

Gooll..!! Lionel Messi sukses mencetak hat-trick pada menit ke-68. Menerima umpan dari Pedro, Messi langsung merangsek masuk ke dalam kotak penalti. Sukses mengelabui kiper Cristian Alvarez, pemain 27 tahun itu mampu mencetak gol lewat sepakan menyusur tanah.

3 dari 3 halaman

3

Tim tamu baru bisa memperkecil ketertinggalan di menit ke-81 berkat eksekusi penalti Alberto Bueno. Hadiah sepakan 12 pas itu diberikan wasit kepada Vallecano setelah Dani Alves melanggar Bueno di kotak terlarang.

Tak hanya diganjar penalti, Barca juga bermain dengan 10 orang setelah Alves mendapatkan kartu merah. Bueno pun sukses merobek gawang Blaugrana setelah tendangan penalti nya ke arah tengah gagal dihalau Claudio Bravo.

Luis Suarez menutup pesta gol Barcelona di penghujung laga. Tendangan kaki kanan El Pistolero dari dalam kotak penalti tak mampu dihentikan penjaga gawang.

Sampai peluit panjang berbunyi tanda laga usai, skor 6-1 untuk kemenangan Barcelona tetap bertahan.

Susunan Pemain Kedua Tim:
Barcelona (4-3-3): 3 Bravo; 22 Alves, 3 Pique, 24 Mathieu, 18 Alba (Adriano 69'); 6 Xavi, 14 Mascherano (Ivan Rakitic 60'), 8 Iniesta (Rafinha 65'); 10 Messi, 9 Suarez, 7 Pedro.

Rayo Vallecano (4-2-3-1): 13 Alvarez; 2 Tito, 4 Amaya, 15 Abdoulaye Ba, 14 Insua; 10 Trashorras, 21 Jozabed (Quini 65'); 22 Lica (Javier Aquino 69'), 23 Bueno, 12 Kakuta; 19 Baptistao (Manucho 81').

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini