Sukses

Daftar 10 Atlet Wanita Terkaya 2015

Siapa atlet wanita terkaya di 2015?

Liputan6.com, Jakarta: Setiap tangal 9 Maret tiap tahunnya, para penduduk dunia wanita merayakan International Women's Day atau Hari Perempuan Internasional. Tak diragukan lagi, kiprah kaum hawa itu sudah tidak bisa dipandang sebelah mata. Dari dunia olahraga, banyak dari mereka mendapatkan penghasilan fantastis.

Kebanyakan pengisi daftar yang sudah disusun liputan6.com ini berasal dari olahraga tenis. Siapa saja? Berikut ini 10 atlet dengan bayaran termahal di dunia seperti terangkum di 5 halaman berikutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1

10. Paula Creamer – Amerika Serikat (Golf)

Pendapatan dari dunia olahraga : $1 juta
Iklan  : $4,5 juta

Paula Caroline Creamer adalah seorang pegolf profesional asal Amerika. Dia telah memenangkan 12 turnamen- termasuk 10 piala LPGA (Ladies Professional Golf Association). Saat ini, dia berada di peringkat dua dunia.

Creamer tahun lalu membawa uang senilai  $210,000 (Rp 2 miliar) dalam kejuaraan HSBC Wanita.

9. Agnieszka Radwanska – Polandia (Tenis)

Pendapatan dari dunia olahraga: $3,8 juta
Iklan: $3 juta

Agnieszka Radwanska mungkin adalah atlet pertama yang didukung oleh pabrik Cheesecake atau kue keju. Wanita berusia 25 tahun itu juga sudah menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun dengan Rado (manufaktur jam tangan mewah). Dia juga menjalin kerja sama dengan perusahaan mobil Lexus dan merk internasional macam Babolat dan Lotto.

Saat ini, Agnieszka menempati tempat keempat rangking dunia tenis. Dia juga menjadi atlet Polandia pertama yang masuk ke final Grand Slam Terbuka.

3 dari 6 halaman

2

8. Ana Ivanovic – Serbia (Tenis)

Pendapatan dari dunia olahraga: $1.4 juta
Iklan: $6 juta

Ana Ivanovic memenangkan tiga gelar di tahun 2014 (Auckland, Monterrey dan Birmingham). Situs Forbes.com mengklaim kalau petenis berusia 27 tahun itu punya kesepakatan kontrak seumur hidup dengan Adidas.

Kerap kali dijuluki ratu kecantikan dunia tenis, Ivanovic saat ini berada di posisi enam dunia. Selama setahun, Ivanovic dipercaya membuat keuntungan senilai Rp 96 miliar.

7. Caroline Wozniacki - Denmark (Tenis)

Pendapatan dari dunia olahraga: $1.3 million
Iklan: $9.5 million

Pendapatan petenis asal DenmarK Caroline Wozniacki memang menurun drastis tetapi cukup baginya untuk bertahan dalam daftar 10 besar atlet terkaya demi memperingati International Women's Day ini. Tahun lalu, Caroline membubuhkan tanda tangannya dalam kontrak bersama Adidas.

Namun sayangnya karier di dunia tenis selalu terhambat lantaran dia selalu gagal menjuarai gelar utama dalam kariernya. Total dia sudah memenangkan 21 turnamen WTA dan itu sempat membawanya ke peringkat 1 dunia meski tanpa gelar Grand Slam. Saat ini, dia mendapatkan pemasukan senlai $10,8 juta dollar dari sponsor-sponsornya seperti Adidas, Proactiv, Yonex, Rolex dan Sony Ericsson.

4 dari 6 halaman

3

6. Victoria Azarenka - Belarusia (Tenis)

Pendapatan dari dunia olahraga: $3,6 juta
Iklan: $7,5 juta


Victoria Azarenka memang kerap kali bergulat dengan serangkaian cedera dalam beberapa musim terakhir tetapi di tahun 2013, atlet 25 tahun ini  sempat berada di tempat kedua dalam ranking petenis terbaik dunia versi World Tennis Association (WTA).

Wanita setinggi 1,83 m itu menjalin kontrak dengan Nike, Citizen dan Red Bull. Dengan pendapatan sekitar $11 juta dollar Amerika Serikat, ia berada di peringkat 6 dunia.

5. Danica Patrick – Amerika Serikat (Balap Mobil)

Pendapatan dari dunia olahraga: $7 juta
Iklan: $8 juta

Danica Patrick menjalin kerja sama dengan Motorola, XM radio, Coca-Cola dan Go Daddy, Forbes juga menyatakan ia meneken kontrak dengan 10 perusahaan yang lainnya.

Pebalap berusia berusia 32 tahun ini merupakan salah satu pebalap wanita terkenal dalam sejarah Amerika Serikat. Dia mendapatkan penghargaan Rookie of the Year di tahun 2005. Tujuh tahun kemudian, dia menggondol titel pebalap mobil paling populer. Saat berlaga di Nascar edisi tahun lalu, dia berada di posisi 28.

5 dari 6 halaman

4

4. Kim Yuna – Korea Selatan (Ice Skating)

Pendapatan dari dunia olahraga: $300 ribu
Endorsements: $16 juta

Kim Yuna naik dua peringkat dalam daftar atlet wanita berpenghasilan terbanyak untuk tahun 2015. Atlet berusia 23 tahun punya kontrak utama dengan Samsung dan Hyundai Motors.

Prestasinya di dunia olimpik terukir di olimpiade Vancouver 2010 di mana ia mendapatkan medali emas. Sedangkan di Olimpiade Rusia 2014, dia hanya berada di posisi dua. Total dalam kejuaraan dunia, wania yang lahir di Bucheon, Gyeonggi-do itu mendapatkan dua medali emas, dua medali perak dan dua medali perunggu.

3. Serena Williams - Amerika Serikat (Tenis)

Pendapatan dari dunia olahraga: $11 juta
Iklan: $11 juta

Dengan menjalin kerja sama dengan perusahaan ternama seperti Nike, Wilson dan Gatorade, Serena meraup total $22 juta (287 miliar rupiah). Tak diragukan lagi, petenis kelahiran 33 tahun silam itu merupakan petenis terhebat sepanjang masa.

Itu karena Serena menyabet 19 titel Grand Slam yang diraihnya dalam kurun waktu 16 tahun. Tak salah bila titel petenis nomor satu dunia itu didapatkannya.

6 dari 6 halaman

5

2. Li Na – Tiongkok (Tenis)

Pendapatan dari dunia olahraga: $5.6 juta
Iklan: $18 juta

Superstar tenis Tiongkok ini bertukar posisi dengan Serena Williams dari daftar tahun lalu. Dia mengonfirmasi sudah menjalin kontrak dengan sponsor ternama ketika menjuarai Kejuaraan Australia Terbuka awal 2014. Dia juga mendapatkan bonus dari Nike saat mendapatkan titel kedua dalam kariernya. Tercatat atlet berusia 33 tahun ini juga diberi pemasukan oleh Mercedes, Rolex dan Samsung.

Li Na sendiri merupakan petenis Asia pertama yang memenangkan titel Grand Slam. Namun atlet yang terkenal dengan backhand nya ini sempat gantung raket dari April 2002 sampai Mei 2004. Namun ia akhirnya benar-benar pensiun pada 19 September 2014. New York Times mengklaim kalah salah satu alasan Li Na pensiun karena masalah kesehatan.

1. Maria Sharapova – Rusia (Tenis)

Pendapatan dari dunia olahraga: $2.4 juta
Iklan: $22 juta

Memang jelas, Maria Sharapova ada dalam daftar teratas atlet berpenghasilan tertinggi di dunia 2015. Memang pendapatan dari dunia olahraganya tidak terlalu istimewa tetapi justru iklan dan kegiatan di luar lapangan melambungkan pundi-pundi uangnya.

Dia punya kontrak dengan Nike, Porsche dan Samsung Electronics, Tag Heuer, Ebvian dan Avon. Kecantikan Sharapova membawanya masuk ke dunia model dan showbiz. (Deny Adi Prabowo)

Baca juga :

6 Pemain Real Madrid Bergaji Tertinggi Musim Ini

Dianggap Melecehkan Wanita, Sponsor PBFC Jadi Sorotan Dunia

11 Pemain Terbaik Versi Ronaldinho

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.