Sukses

11 Fakta Tersembunyi Didier Drogba

Didier Drogba genap berusia 37 tahun hari ini.

Liputan6.com, London - 11 Maret 2014 menjadi hari ulang tahun Didier Drogba yang ke-37. Chelsea sendiri sudah sangat identik dengan pria bertinggi 188 cm itu. Semasa membela The Blues, dia sudah menghadirkan tiga trofi Premier League, tiga piala FA, tiga piala Liga, dua Community Shield dan satu Liga Champions.

Dijuluki Raja Stamford Bridge, pria pantai gading itu membuat nomor punggung 11 yang dikenakannya bakal diingat sepanjang masa oleh suporter sepak bola Inggris khususnya suporter Chelsea. Berikut ini, Drogba dan 11 fakta yang mungkin belum anda ketahui tentangnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1

1. Didier Drogba lahir di Abidjan, Pantai Gading 37 tahun yang lalu. Di usianya yang baru menginjak lima tahun, dia dikirim ke Prancis untuk hidup dengan pamannya yang juga pemain sepak bola, Michel Goba.

Tiga tahun kemudian dia kembali ke negara asal karena mengalami homesick akan tetapi dua tahun berselang, ia dan keluarganya mengungsi ke Prancis karena Pantai Gading dilanda kelaparan hebat. Ia memulai kariernya di dunia sepak bola dengan klub semi-profesional, Levallois dan pada 1997 dia ditransfer ke Le Mans FC.

Drogba kemudian pindah ke Guingamp di mana ia mencetak 17 gol dan berkolaborasi mantap dengan Florent Malouda. Musim berikutnya dia pindah ke Marseille dan mencetak 19 gol. Kemudian dia pindah ke Chelsea dengan biaya £24 juta pada 2004.

2. Rasa Nasionalismenya sangat tinggi dan akar Afrika mengalir dalam darahnya. Semenjak di Prancis, dia kerap kali makan makanan Afrika dan mendengarkan musik Afrika. Meski agama resminya Katolik tetapi ia juga berkunjung ke masjid.

3 dari 6 halaman

2

3. Ketika masuk ke level profesional, Drogba kesulitan untuk menjaga berat badannya karena ia sempat sangat suka mengonsumsi junk food. Di fase ini, dia juga suka membeli pakaian bermerk dan bergaul di klub dan sempat dijuluki Tupac (seorang rapper asal Amerika Serikat)

4. Drogba adalah pembaca buku yang rajin, untuk mengobati masa kangennya akan Pantai Gading dan novel favoritnya adalah The Dark Child yang dikarang Camara Laye.

4 dari 6 halaman

3

5. Setelah menuai sukses bersama Chelsea, ia mendirikan Didier Drogba foundation pada 2007. Organisasi ini bertujuan memberikan bantuan kepada organisasi Palang Merah di kota asalnya, Abidjan dan juga membangun sekolah, rumah sakit demi mengangkat taraf hidup warga setempat.

6. Drogba sempat menjadi duta perwakilan Program Negara Berkembang miliki PBB pada 2007.

5 dari 6 halaman

4

7. Drogba punya hobi bersantai di sela-sela kegiatan padatnya dan suka memandangi mobil-mobil mewahnya. Tiga mobil menjadi favoritnya, McLaren Mercedes SLR, Porsche Cayenne dan Range Rover.

8. Apa kunci dari kebugarannya? Dalam sebuah wawancara, Drogba pernah mengatakan ia akan mengonsumsi banyak karbohidrat dua hari sebelum bertanding.

Dia juga mengatakan kalau mengonsumsi junk food sebelum bertanding bisa menambah peluang pemain bola mendapatkan cedera jangka panjang.

6 dari 6 halaman

5

9. Dia menikahi istrinya Lalla Diakite dalam sebuah upacara kecil di Marie De Monaco di Monaco pada 13 Juni 2011. Acara ini dibuat oleh pemilik Chelsea, Roman Abramovich dan pernikahannya didatangi oleh Salomon Kalou, Florent Malouda, Michael Essien. Selain itu pebasket NBA dan penyanyi Akon juga terlihat hadir di upacara bahagia tersebut.

10. Pada 2006, Didier Drogba nyaris menyewa rumah di Chelsea yang seharusnya disewa oleh sutradara film, Woody Allen untuk syuting filmnya berjudul Cassandra's Dream.

Meski sang pemilik rumah lebih senang meminjamkan propertinya kepada Drogba namun di detik-detik akhir, rumah produksi Iberville Production dan tim kuasa hukumnya memuluskan rencana Woody.

11. Saat pindah ke Chelsea pada tahun 2004, Drogba menjadi pemain Pantai Gading yang memegang rekor transfer termahal dengan harga $40 juta. Namun pada 2015, rekor itu pecah ketika Wilfried Bony pindah ke Manchester City dari Swansea dengan harga £28 juta poundsterling.


Baca juga:

Modric: Real Madrid Segera Bangkit!

Mantan Pemain Milan Ingin Tendang Juventus dari Liga Champions

Kuak Dua Resep Sukses Persipura Mampu Hajar Wakil India

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini