Sukses

Klub-klub Ini Cetak Uang Melimpah dari Pemain Akademinya

Dari penjualan pemain akademi mereka, Southampton mengantongi keuntungan 90,2 juta pounds

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebuah klub sepakbola profesional, memiliki akademi adalah sebuah kewajiban. Tujuannya, tentu saja untuk mengembangkan pemain-pemain dari akademi untuk kemudian promosi ke tim utama klub tersebut.

Namun belakangan, akademi sebuah klub sepakbola juga dapat menjadi mesin pencetak uang. Para pemain jebolan akademi klub, pada akhirnya bisa dibeli oleh klub-klub besar Eropa lainnya dengan banderol sangat mahal.

Southampton menjadi contoh nyata bagaimana akademi mereka menghasilkan uang sangat banyak. Penjualan para pemain produk akademi The Saints membuat dana kas klub cukup melimpah.  

Berdasarkan penelitian yang dilakukan CIES Football Observatory, terhitung sejak 2012, Southampton menjadi klub paling untung dari hasil penjualan pemain jebolan akademi mereka. Soton mengantongi keuntungan sebesar 90,2 juta pounds dari penjualan Calum Chambers ke Arsenal, Adam Lallana ke Liverpool, serta Luke Shaw ke Manchester United.

Di peringkat kedua, terdapat klub Ligue 1, Lille, yang menghasilkan dana 76 juta pounds dari penjualan pemain produk akademi mereka. Jumlah itu termasuk dana dari hasil penjualan Eden Hazard ke Chelsea pada musim panas 2012.   

Untuk posisi ketiga ditempati oleh Real Sociedad, yang mengantongi keuntungan 62,2 juta pounds. Uang itu didapat dari penjualan dua pemain akademi mereka, Asier Illarramendi ke Real Madrid dan Antoine Griezmann ke Atletico Madrid.

Barcelona, yang terkenal dengan akademi La Masia, hanya menghasilkan dana 38,8 juta pounds sejak 2012. Sejumlah pemain produk akademi Blaugrana yang telah menghasilkan uang adalah Thiago Alcantara, Jonathan Dos Santos, Andreu Fontas, Bojan Krkic, dan Antonio Sanarbia.

Sementara itu, Borussia Dortmund, yang juga memiliki salah satu akademi sepakbola terbaik sudah menguntungkan 43,5 juta pounds. Jumlah tersebut juga termasuk uang dari hasil penjualan Mario Goetze ke Bayern Munich pada musim panas 2013.

Baca juga:

Berapa Harga Selembar Tiket Final Liga Champions Musim Ini?

Mou: Lebih Berat Latihan Chelsea Daripada Laga Ligue 1 PSG

MU Dapat Kabar Buruk Jelang Hadapi Spurs

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini