Sukses

Video Tips Jitu Tendangan Panenka

Tendangan Panenka adalah salah satu senjata ampuh untuk mengecoh penjaga gawang. Berikut video trik jitu untuk melakukannya.

Liputan6.com, Jakarta - Tendangan Panenka adalah salah satu senjata ampuh untuk mengecoh penjaga gawang. Berikut video trik jitu untuk melakukannya.

Tendangan Panenkan diambil dari nama penemunya, yakni Antonin Panenka. Pria asal Republik Ceko bermain antara rentang waktu 1867 sampai 1989.

Panenka juga pernah membela tim nasional Cekoslowakia dalam 59 pertandingan dan mencetak 17 gol, dan mempersembahkan gelar juara Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 1976.

Panenka terkenal karena berhasil melakukan sebuah tendangan penalti yang berbeda yaitu dengan melambungkan bola di posisi tengah gawang, yang dia lakukan pada pertandingan Final Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 1976 melawan Jerman.

Kini cara mencetak gol penalti dengan melambungkan bola ke tengah gawang selalu disebut dengan "gaya Panenka". Gaya itu kini menjadi andalan para pemain untuk mengecoh penjaga gawang lawan. Selain harus memiliki skill aduhai, dibutuhkan mental yang baik untuk melakukan tendangan ini.

Liputan6.com membuat video khusus tentang bagaimana cara melakukan penalti Panenka secara baik dan benar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini