Sukses

Rancangan Formasi "Tim Brutal" ISL 2014

Liga Super Indonesia selalu menyajikan pertarungan sengit. Terkadang, menjurus kasar. Menarik mengetahui pola 11 pemain yang brutal di ISL

Liputan6.com, Jakarta - Liga Super Indonesia selalu menyajikan  pertarungan sengit. Terkadang, menjurus kasar. Menarik mengetahui pola 11 pemain yang brutal di ISL musim lalu.

Liputan6.com dan penyedia data statistik LabBola membuat tim yang berisi  pemain yang paling sering melakukan pelanggaran dan hukuman berdasarkan data statistik masing-masing pemain tersebut di posisinya.

Parameter untuk menghitung pemain brutal itu diantaranya: perolehan kartu, rata-rata pelanggaran, hingga sanksi Komisi Disiplin dari PSSI.

Siapa saja mereka? buka halaman selanjutnya>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kiper

Kiper: Kurnia Meiga

Sesuai dengan data statistik, Kurnia Meiga menjadi kiper dengan hukumkan paling banyak di antara penjaga gawang lain. Dia menerima tiga kartu kuning serta dua kali hukuman larang bertanding. Kiper milik Arema Cronus ini pun pernah didenda Komdis PSSI sebesar Rp 50 juta.

Entong, sapaan akrab Kurnia Meiga, dikenal sebagai penjaga gawang yang kerap melakukan aksi berbahaya dalam menjaga gawang klubnya. Meski demikian, pemain jebolan Diklat Ragunan itu termasuk tim dengan penampilan konsisten musim lalu.

Sayang dia masih belum sepenuhnya mampu mengontrol emosinya sehingga sering melakukan pelanggaran yang tidak perlu. Hal itu tentu bisa merugikan tim, salah satunya ketika dia absen di semifinal ketika melawan Persib Bandung lantaran menjalani hukuman larangan bertanding.

3 dari 6 halaman

Bek

Bek: Tony Roy Ayomi, Dominggus Fakdawer, Hermawan, Diego Michiels

Kuartet empat bek tersebut memiliki jumlah pelanggaran di atas rata-rata. Di posisi bek kanan terdapat nama Tonny Roy Ayomi. Pemain Perseru Serui itu sepanjang musim lalu telah mengoleksi empat kartu kuning dan sekali kartu kuning kedua. Statistik mencatatkan, Tonny melakukan pelanggaran rata-rata 1,3 kali setiap pertandingan.

Bergeser ke tengah, terdapat nama Dominggus Fakdawer dan Hermawan. Fakdawer, bek muda Mutiara Hitam itu sempat disorot karena melakukan pelanggaran serius. Eks pemain Persita Tangerang itu tidak segan menghentikan lawan dengan tekel kasar. Musim 2014 lalu, Dominggus mengoleksi lima kartu kuning plus satu kartu merah. Rata-rata dia membuat 1,53 kali pelanggaran per pertandingan.

Fakdawer akrab dengan sanksi Komdis dengan dua kali larangan bertanding plus denda Rp 25 juta dari Komdis. Dua aksi kasar Fakdawer terjadi ketika terlibat kontak fisik dengan Fernando Soler (Persiba Balikpapan) dan Jajang Mulyana (Mitra Kukar).

Sedangkan, Hermawan, pemain PBR terhitung tinggi dalam melanggar lawan. Tercatat, dia melakukan pelanggaran mencapai 1,25 kali per pertandingan. Intensitas pelanggaran berbanding  lurus dengan hukuman kartu yang didapatkan. Dia mendapatkan lima kartu kuning dan dua kali menerima kartu kuning kedua.

Untuk posisi bek sayap kiri, nama pemain naturalisasi Diego Michiels juga termasuk dalam komposisi tim brutal ini. Pemain yang sempat melejit di SEA Games 2011 ini mendapat tujuh kartu kuning. Rata-rata dia melakukan 1,71 kali pelanggaran.

4 dari 6 halaman

Tengah

Tengah: Imam Fathurohman, Hariono, Elvis Herawan, Gerald Pangkali

Dua nama Hariono dan Gerald Pangkali merupakan pemain papan atas di ISL. Namun, siapa sangka pemain Persib Bandung dan Persipura Jayapura itu juga menjadi pemain dengan intensitas pelanggaran yang terhitung tinggi.

Fathurohman punya catatan pelanggaran yang terbilang tinggi, mencapai 2,86 per pertandingan. Tapi ditinjau dari rata-rata, jumlah tersebut masih lebih banyak bila dibandingkan Gerald Pangkali dengan rata-rata 2 per laga.

Tapi soal perolehan kartu, Pangkali masih mengungguli pemain PBR itu.  Selain Pangkali mendapat 8 kartu kuning, dia juga sekali mendapatkan kartu merah dan sekali dihukum larangan bertanding. Sang pemain pun didenda Rp 25 juta dari Komdis. "Pencapaian" itu membuat dia menjadi pemain paling banyak menerima hukuman kartu di ISL musim lalu.

Selain itu, Hariono mengoleksi lima kartu kuning serta sekali kartu kuning keduqa. Sebagai gelandang bertahan, Hariono dituntut bermain keras dan menjalankan tugas menghentikan serangan lawan. Mantan pemain Deltras Sidoarjo itu rata-rata melakukan pelanggaran sebesar 1,54 per pertandingan.

Mendapat kartu merah musim 2014 bisa dibilang menjadi "peningkatan" tersendiri bagi Hariono. Musim lalu, pemain gondrong itu tidak pernah mendapat kartu merah langsung

Gelandang Persiram Raja Ampat, Elvis Herawan, melengkapi daftar gelandang brutal berkat catatan tujuh kartu kuning dan sekali menerima kartu kuning kedua. Elvis juga mencatatkan rata-rata melakukan 1,84 pelanggaran per pertandingan.

5 dari 6 halaman

Depan

Depan: Ferdinand Sinaga, Cristian Gonzales

Nama pemain terbaik ISL musim lalu, Ferdinand Sinaga masuk dalam jajaran tim brutal. Kedua bomber tersebut memang terhitung striker emosional.

El Loco, julukan Cristian Gonzales, menerima enam kali hukuman kartu kuning dan sekali memperoleh kartu merah langsung. Selain bertugas membuka ruang dan mencetak gol, pemain naturalisasi ini memang punya peran untuk menjadi orang pertama Arema yang melakukan aksi bertahan. Tidak heran jika dia kemudian punya rata-rata 2,2 pelanggaran per pertandingan.

Sedangkan, khusus Ferdinand, dia punya satu gelar lagi selain pemain terbaik di ISL 2014. Apa itu? Yaitu pemain paling banyak menerima sanksi Komdis selama 2014.

Bila ditotal, Ferdinand harus membayar sebesar seratus juta rupiah sebagai denda ke komdis. Pemain yang kini sudah pindah ke Sriwijaya FC ini mengoleksi enam kartu kuning dan satu kartu merah langsung.

Itu berakibat dia menderita dua kali hukuman larangan bertanding. Ferdinand rata-rata melakukan 0,78 pelanggaran per pertandingan.

6 dari 6 halaman

Grafis

Berkaca dari pemaparan tersebut,  tentu 11 pemain di atas perlu meningkatkan kedisiplinan mengarungi ISL 2015 agar semangat fair play tetap terjaga.

http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/830345/original/016914500_1426586850-Tim_Brutal-01.jpg

(Sirajudin Hasbi/Labbola)

Baca juga:

Joaquin Bawa Fiorentina Bungkam Milan

Kalahkan Swansea, Liverpool Tempel Manchester United

Jelang MotoGP 2015, Motor Rossi Belum Cukup Cepat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini