Sukses

3 Stadion Alternatif Pengganti GBK yang "Digusur" One Direction

Stadion mana saja yang dipilih PSSI untuk menggantikan SUGBK?

Liputan6.com, Jakarta: Kasak-kusuk penggunaan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) untuk acara non-olahraga sepekan lagi mengundang perhatian penikmat sepak bola tanah air. Pada 25 Maret mendatang, stadion tersebut menjadi venue konser boyband asal Inggris, One Direction.

Selang dua hari kemudian, Tim Nasional U-23 akan berlaga di kualifikasi Piala Asia dan menjadi tuan rumah untuk tamunya sesama penghuni Grup H, Brunei Darussalam, Timor Leste, serta Korea Selatan. Pemakaian SUGBK menjadi venue konser sebelum Pra Piala Asia tersebut sempat membuat PSSI khawatir pada kondisi rumput stadion.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal PSSI Joko Driyono. "Kita hanya membuat antisipasi (stadion alternatif) saja, kalau memang setelah meninjau ke GBK ternyata sulit (untuk memakai lapangan), kita sudah ready," jelasnya kepada wartawan.

"Kita hanya mengantisipasi kekhawatiran yakin atau tidaknya menggunakan GBK. Dari pandangan kita cukup sulit recovery rumput dalam waktu pendek," tambah pria asal Ngawi itu.

Meski Pengelola Pusat Pengembangan Komplek (PPPK) Gelora Bung Karno (GBK) menjamin rumput stadion menjadi prioritas untuk dilindungi, PSSI merespon cepat dengan membuat gagasan pemindahan venue ke tiga stadion alternatif.

"Ada Solo, Bali, dan ada Palembang. Tapi belum tentu yang mana yang disetujui oleh AFC karena kondisi lapangan tidak disiapkan secara khusus oleh Solo dan tempat lain itu. Kita sedang berkomunikasi dengan AFC," pungkas Joko.

Lanjut ke halaman berikutnya---->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Sehari sebelumnya, Ketua Panpel di Stadion Manahan Solo Paulus Haryoto mengonfirmasi bila dirinya sudah dihubungi oleh PSSI untuk mempersiapkan venue sebagai stadion penyelenggara Pra Piala Asia U-23. "Kami hanya tinggal surat resmi pengajuan dari PSSI dan verifikasi stadion," kata Paulus.

Hingga berita ini diturunkan, venue alternatif lainnya yaknj Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring di Palembang tengah bersiap untuk menggelar Piala Gubernur. Selain itu, Stadion Dipta di Gianyar, Bali yang merupakan markas Pusam Bali United tersebut telah selesai dipakai untuk turnamen Bali Island Cup 2015.

Baca juga:

Timnas Digusur One Direction, #SaveGBK Menggelora

Ajax Masih Tunggu Kedatangan Pesepakbola Cilik Indonesia

Putra Mourinho: Semua Pendukung Chelsea Benci Fabregas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini