Sukses

"Aktor-aktor" di Panggung El Clasico 2015

Siapa lebih garang di duel paling panas di La Liga Spanyol ini?

Liputan6.com, Barcelona: Gong El Clasico 2015 bakal terdengar saat Barcelona menjamu Real Madrid pada Senin (23/3/2015) dini hari WIB di Camp Nou. Duel ini sangat panas karena tak hanya bergengsi tapi juga bakal menentukan siapa yang juara La Liga musim ini.

Meski masih menyisakan 10 pertandingan lagi setelah laga El Clasico, tapi kemenangan di laga prestisius ini bisa melambungkan posisi pemenangnya. Jika Barcelona menang, maka klub besutan Luis Enrique ini bakal unggul 4 poin atas Real Madrid.

Sedangkan jika Madrid menang, maka "Los Blancos" bakal rebut posisi puncak klasemen. Selain itu, Madrid bakal berbalik unggul 2 poin atas Barcelona.

Ada beberapa aktor penting yang bisa mengubah jalannya pertandingan di El Clasico, siapa saja mereka? Berikut Liputan6.com mencoba untuk menguraikannya di 4 halaman berikutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1

1. Claudio Bravo vs Iker Casillas

Barcelona bakal mengandalkan Claudio Bravo di bawah mistar gawang. Secara statistik, Bravo menjadi kiper terbaik sejauh ini karena kebobolan 16 gol, paling sedikit dibandingkan kiper La  Liga lainnya.

Dibandingkan dengan Casillas, tentu pengalaman Bravo masih kalah. Namun Casillas sudah kebobolan 24 gol. Casillas bahkan masih kalah dari kiper Valencia, Diego Alvez yang baru kebobolan 22 gol.

Yang pasti peran keduanya bakal sangat vital di laga nanti. Ketangguhan Bravo di musim ini sempat mencengangkan sebelum akhirnya bobol di El Clasico episode pertama pada 2014 lalu. Bisakah Bravo membuktikan sebagai kiper terbaik lawan Madrid?

3 dari 5 halaman

2

2.Gerrard Pique vs Ramos

Di lini pertahanan, sorotan pasti bakal tertuju kepada dua bek Spanyol Sergio Ramos dan Gerard Pique. Dua bek ini sudah berseteru sejak 2008 saat El Clasico lebih banyak dimenangkan oleh Barcelona. Siapa lebih jago diantara mereka?

Sulit untuk menjawab pertanyaan di atas karena kedua pemain punya kualitas. Ramos terkenal sebagai bek pemberani dan andal dalam memanfaatkan bola-bola mati. Pique pun demikian bahkan produktifitasnya terbaik musim ini. Dia sudah cetak 4 gol di La Liga, 1 gol di Piala Raja dan 1 gol di Liga Champions.

Sedangkan Ramos hanya mencetak 3 gol untuk Madrid musim ini di semua kompetisi. Ramos sempat bermasalah dengan cedera, tapi Pique nyaris mulus musim ini. Peran kedua bek ini di El Clasico bisa menentukan kemenangan.

4 dari 5 halaman

3

3. Xavi-Iniesta vs Modric-Kroos

Bergerak ke lini tengah, aktor penting di El Clasico nanti sepertinya bakal dipegang oleh Luka Modric-Toni Kroos (Madrid) dan Xavi-Iniesta (Barcelona).

Dari segi pengalaman, Xavi-Iniesta adalah "dewa" di El Clasico. Keduanya sudah bermain bareng sejak 2006. Sedangkan duet Modric-Kroos baru terbentuk musim ini. Peran Xavi-Iniesta di lini tengah sudah tak perlu diragukan lagi. Lalu bagaimana Modric-Kroos?

Sebelum dibebat cedera, duet lini tengah ini memang menjadi pilihan utama bagi pelatih Madrid, Carlo Ancelotti. Modric punya kelebihan dalam membaca permainan, sedangkan Kroos mengancam lewat tembakan jarak jauh dan juga bola-bola mati.

Perang di lini tengah ini sedikit tergerus karena absennya dua bintang dari kedua tim.Seperti diketahui, Barcelona tak akan diperkuat oleh Sergio Busquets. Sedangkan Madrid tak akan diperkuat James Rodriguez. Busquets dan James absen untuk waktu yang cukup lama.

Namun peran keduanya sepertinya bisa digantikan oleh Isco atau Javier Mascherano. Isco sudah jadi starter yang bisa diandalkan oleh Madrid saat Modric absen, sedangkan Mascherano jadi bagian rencana kedua bagi Barcelona. Kebetulan, Mascherano memang juga andal main di tengah.

5 dari 5 halaman

4

4.Trio MSN vs Trio BBC

Tak perlu dibantah lagi penampilan trio striker dari kedua tim paling menyedot perhatian. Untunglah, para bintang utama di El Clasico tak ada yang cedera. Di kubu Barcelona, ada trio striker asal Amerika Latin yaitu trio MSN (Messi, Suarez, Neymar).

Sedangkan Madrid punya trio striker Eropa yaitu trio BBC (Benzema, Bale, Cristiano). Siapa lebih tajam? Merujuk kepada statistik, trio MSN unggul dalam hal jumlah gol di sepanjang 2015. Tak hanya di 2015, tapi secara keseluruhan juga trio MSN lebih unggul.

Trio MSN sudah mencetak 82 gol di semua ajang, sedangkan trio BBC 77 gol. Bangkitnya Luis Suarez dalam hal produktivitas turut membantu katrol perolehan gol trio MSN. Yang terpenting, siapa lebih ganas di El Clasico nanti?

Baca juga:

Lagi, MU Ajukan Tawaran Dahsyat Demi Dapatkan CR7

Selain Jago Cetak Gol, Rooney Juga Mahir Bertinju

Reus vs Tevez: Adu Lihai Dua Protagonis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini