Sukses

9 Data & Fakta Jelang Duel Inter Milan vs Wolfsburg

Inter Milan belum pernah menelan kekalahan di 11 laga kandang dalam kompetisi Eropa

Liputan6.com, Milan - Inter Milan akan menjamu VfL Wolfsburg di Giuseppe Meazza dalam leg kedua babak 16 besar Liga Europa. Demi meraih satu tiket ke perempat final, Inter bakal tampil habis-habisan.

Dalam pertemuan pertama fase 16 besar yang berlangsung di Volkswagen Arena, 13 Maret lalu, I Nerazzurri tak mampu menghentikan dominasi Wolfsburg. Skuat besutan Roberto Mancini itu takluk dengan skor 1-3.

Inter sempat unggul lebih dulu lewat aksi Rodrigo Palacio di menit ke-5. Akan tetapi, tim tuan rumah mampu membalikkan keadaan lewat gol Naldo di menit ke-28, serta sepasang gol yang disarangkan Kevin De Bruyne di menit ke-63 dan 75.

Kekalahan tersebut membuat kans La Beneamata meraih tiket ke perempat final cukup sulit. Meski di leg kedua akan menjamu Wolfsburg di Giuseppe Meazza, Jumat (20/3) dini hari WIB, namun Inter wajib menang minimal selisih dua gol.

Di atas kertas, peluang skuat Biru-Hitam membungkam Wolfsburg dalam laga ini cukup besar. Pasalnya, Inter belum pernah menelan kekalahan di 11 pertandingan kandang terakhir di kompetisi Eropa.

Bahkan, mereka juga mampu mencatatkan empat clean sheet dari lima pertandingan kandang di kejuaraan Eropa musim ini. Kiper Samir Handanovic juga berada dalam kondisi siap tempur untuk membendung gempuran pemain-pemain Wolfsburg.

Lanjut ke halaman berikut --->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2.

Namun, The Wolves juga sedang dalam performa terbaiknya. Tim asuhan Dieter Hecking tersebut sukses meraih 13 kemenangan, empat hasil imbang dan  hanya menelan satu kekalahan di 18 pertandingan terakhir di seluruh ajang kompetisi.  

Berikut ini adalah data dan fakta menarik Inter Milan kontra VfL Wolfsburg seperti dilansir situs resmi UEFA:

1. Inter Milan belum pernah menelan kekalahan di 11 laga kandang dalam kompetisi Eropa (7 menang; 4 imbang). Inter juga mampu mencatatkan empat clean sheet dari lima partai kandang kejuaraan Eropa musim ini.

2. Wolfsburg tak terkalahkan di tiga pertandingan tandang terakhir dalam kompetisi Eropa (2 menang; 1 imbang). Tak hanya itu, Wolfsburg juga belum kebobolan dalam dua pertandingan sebelumnya di markas lawan.

3. Pada Liga Europa musim 2012/13, langkah Inter Milan terhenti di babak 16 besar setelah kalah agresifitas gol dari Tottenham Hotspur. Pada leg pertama, mereka kalah 0-3 di markas Spurs. Sedangkan di pertemuan yang dihelat di Giuseppe Meazza, I Nerazzurri menang 4-1.

4. Wolfsburg berhasil lolos ke babak 16 besar Liga Europa untuk pertama kalinya setelah terakhir kali menembus perempat final pada musim 2009/10. Sayangnya di musim tersebut, mereka gagal melenggang ke semifinal usai kalah agregat 1-3 dari Fulham.

5. Bek Wolfsburg, Naldo dan pemain bertahan Torino, Matteo Darmian adalah dua pemain yang selalu tampil sejak menit awal di Liga Europa musim ini sejak fase grup. Keduanya telah bermain selam 810 menit.

3 dari 3 halaman

3.

6. Gelandang Inter Milan, Zdravko Kuzmanovic dan gelandang Wolfsburg, Christian Trasch adalah rekan setim di VfB Stuttgart pada musim 2009 hingga 2011.

7. Bersama Juventus, Liverpool dan Sevilla, Inter Milan adalah salah satu dari empat tim yang telah tiga kali menjuarai Liga Europa (Piala UEFA). Terakhir kali mereka menjadi juara yakni pada musim 1997/98 silam.

8. Inter Milan adalah salah satu dari lima tim yang pernah merasakan trofi juara Liga Europa (Piala UEFA) di babak 16 besar musim ini. Selain Inter ada juga Napoli (musim 1989), Ajax Amsterdam (musim 1992), Sevilla (Musim 2006, 2007, dan 2014), serta Zenit St. Petersburg (2008).

9. Inter merupakan salah satu dari lima klub asal Italia yang berhasil lolos ke babak 16 besar. Baru kali ini satu negara memiliki banyak wakilnya di fase 16 besar. Sebelumnya lima klub asal Jerman Barat pernah menembus babak ini pada Piala UEFA musim 1979/80.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.