Sukses

Menang Tipis, Barcelona Tendang ManCity dari Liga Champions

Barca menang agregat 3-1 setelah di pertemuan pertama unggul 2-1.

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona memetik kemenangan tipis 1-0 atas Manchester City di leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Gol tunggal kemenangan Barca disarangkan Ivan Rakitic di menit ke-31.

Dengan hasil ini, Blaugrana sukses melenggang ke fase perempat final sekaligus mengubur impian The Citizens lolos ke babak selanjutnya. Barca menang agregat 3-1 setelah di pertemuan pertama unggul 2-1.

Tampil di hadapan pendukung sendiri yang memadati Stadion Camp Nou, Kamis (19/3) dini hari WIB, Barcelona langsung mengendalikan jalannya pertandingan. Tampil dengan formasi 4-3-3, Los Cules sukses mengurung pertahanan Man City.

Laga baru berjalan enam menit, Neymar memiliki kans membawa Barca memimpin lebih dulu. Sial, sepakan kaki kanan penyerang asal Brasil itu dari dalam kotak penalti masih membentur mistar gawang.

Lionel Messi turut mengancam gawang The Citizens. Akan tetapi, tendangan kaki kiri The Messiah pada menit ke-11 sukses dihentikan Joe Hart. Sementara eksekusi tendangan bebasnya di menit ke-16 masih melayang di atas mistar gawang.

Manchester City sendiri masih sulit melancarkan serangan ke pertahanan Blaugrana. Usaha David Silva, Yaya Toure hingga Sergio Aguero selalu kandas di kaki pemain belakang Barca.

Terus membombardir pertahanan City, Barcelona akhirnya mampu memimpin di menit ke-31. Umpan lambung Messi diterima dengan baik oleh Ivan Rakitic. Tanpa pengawalan berarti, Rakitic sukses menceploskan bola ke dalam gawang dengan sepakan lob.

Rakitic nyaris mencatatkan gol keduanya di laga ini pada menit ke-35. Tapi kali ini, eksekusi tendangan bebas mantan pemain Sevilla itu masih melayang di atas mistar.

Suarez...!! Ah sayang mantan penyerang Liverpool itu gagal mengoyak gawang City di menit ke-44. Hanya tinggal berhadapan dengan Joe Hart, Suarez melepaskan sepakan kaki kanan. Namun, tendangan Suarez masih membentur mistar gawang.

Hingga jeda skor 1-0 untuk keunggulan Barcelona tetap bertahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Di interval kedua, Barcelona sama sekali tidak mengendurkan serangan. Bahkan, dalam rentan waktu tiga menit, Los Cules memiliki empat peluang bagus mencetak gol.

Akan tetapi, tendangan Andres Iniesta di menit ke-46, lesatan Rakitic dan Jordi Alba di menit ke-48, serta sepakan kaki kiri Messi di menit ke-49 tak mampu mengoyak gawang Joe Hart.

Yaya Toure memiliki peluang bagus untuk membawa Manchester City menyamakan kedudukan di menit ke-67. Tapi, tendangan keras kaki kanan Toure dari luar kotak penalti hanya menggetarkan sisi luar jala gawang Barcelona.

Alba..!! Bek timnas Spanyol itu sukses menceploskan bola ke dalam gawang pada menit ke-71. Sayang, gol Alba dianulir wasit karena menilai si pemain berada dalam posisi offside saat menyambar bola rebound hasil tendangan Neymar.

Masuk menit ke-77 The Citizens mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran Gerard Pique terhadap Aguero di kotak terlarang. Aguero yang maju sebagai algojo gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Sepakan 12 pas penyerang Argentina itu ke sisi kiri mampu dimentahkan Ter Stagen.

Di menit-menit akhir, Barcelona makin gencar melancarkan serangan ke pertahanan Manchester City. Pada menit ke-89, Messi memperoleh peluang emas menggandakan keunggulan Barca. Tapi, sepakan kaki kanan Messi usai menerima umpan silang dari Neymar berhasil dihentikan Joe Hart.

Joe Hart lagi-lagi mampu menggagalkan peluang yang diperoleh penggawa El Barca. Kali ini, kiper timnas Inggris itu sukses mementahkan sepakan Neymar di masa injury time.

Hingga peluit panjang berbunyi tanda laga usai, tidak ada lagi gol tambahan yang tercipta.

Susunan Pemain Kedua Tim:
Barcelona (4-3-3): 1. Marc-Andre ter Stegen; 22. Dani Alves (Adriano 90+1'), 3. Gerard Pique, 24. Jeremy Mathieu, 18. Jordi Alba; 4. Ivan Rakitic (Rafinha 84'), 14. Javier Mascherano, 8. Andres Iniesta; 10. Lionel Messi, 9. Luis Suarez, 11. Neymar.

Manchester City (4-4-1-1): 1. Joe Hart; 3. Bacary Sagna, 4. Vincent Kompany, 26. Martin Demichelis, 11. Aleksandar Kolarov; 7. James Milner (Frank Lampard 87'), 42. Yaya Toure (Wilfried Bony 72'), 25. Fernandinho, 8. Samir Nasri (Jesus Navas 46'); 21. David Silva; 16. Sergio Aguero.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.