Sukses

Benarkah Kickoff El Clasico Pukul 21:00 Pantangan Buat Madrid?

Simak penelusuran yang dilakukan oleh Marca soal waktu ideal El Clasico

Liputan6.com, Madrid - Partai klasik antara Barcelona kontra Real Madrid di kancah La Liga memang selalu pusat perhatian. Laga paling ditunggu di tanah para Matador itu selalu menarik dari berbagai sudut pandang.

Entah itu rekor, pemain, kontroversi yang terjadi hingga jumlah gol yang tercipta. Bahkan, belakangan media asal Spanyol, Marca menulis laporan yang membuat pemenang pertandingan ini juga ditentukan oleh waktu kickoff. Benarkah?

Dari hasil penelusuran Marca, Real Madrid "alergi" bila El Clasico digelar pukul 21:00 waktu setempat, Madrid seperti dibuat tidak berdaya bila laga dimulai di jam tersebut. Itu terbukti, pada 20 November 2010 lalu, Madrid tumbang 0-5 dari Barcelona ketika laga dimainkan malam hari atau lewat dari pukul 19:00.

Satu-satunya pencapaian bagus Madrid ketika bermain Camp Nou terjadi di musim 1999-00; tertanggal 13 Oktober 1999. Madrid mampu melesakkan dua gol di kandang Barcelona sekaligus memaksa pertandingan berakhir imbang 2-2. Tapi setelah itu, Los Blancos tidak mampu mencetak gol alias mandul.

Tercatat, Madrid hanya dua kali meraih kemenangan di Camp Nou ketika El Clasico dimainkan malam hari saat memetik kemenangan 1-0 pada 23 Desember 2007 dan memetik kemenangan 2-1, April tiga tahun lalu. Itupun, ketika wasit meniup peluit kickoff pukul 19:00.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cuma Mitos

Tapi perlu dicatat, sebenarnya jam tidak ada kaitannya sama sekali untuk menentukan pemenang apalagi membuat keran gol Madrid "macet" bila laga dimainkan pukul 21:00 ke atas.

Faktanya, pada 8 Desember 2003 musim 2003-04, Madrid meraih kemenangan 2-1 melalui gol yang dicetak Ronaldo Luiz Nazario da Lima dan Roberto Carlos. Jam berapa laga dimulai? tepat pukul 21:30. Kemenangan ketika itu pun sekaligus mengakhiri rekor buruk Madrid yang selalu gagal menang di Camp Nou dalam 20 tahun terakhir.

Jadi cuma mitos atau...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini