Sukses

Timnas U-23 Siapkan 4 Formasi di Kualifikasi AFC U-22

Sejak dilatih Aji Santoso, Garuda Muda identik dengan formasi 4-2-3-1.

Liputan6.com, Jakarta - Enam hari jelang babak kualifikasi AFC Cup U-22, pelatih Timnas Indonesia U-23, Aji Santoso menyiapkan empat formasi untuk anak asuhnya. Formasi apa saja yang bakal dimainkan skuat berjuluk Garuda Muda itu?

Sejak dilatih Aji Santoso, Garuda Muda identik dengan formasi 4-2-3-1. Awalnya, formasi itu cukup ampuh untuk Evan Dimas dan kawan-kawan. Tapi belakangan, sang pelatih dikritik karena dinilai tidak mempunyai strategi cadangan.

Ahli susun formasi asal Malang itu pun menjelaskan kalau dirinya punya segudang materi untuk Garuda Muda. Bahkan, dia menegaskan sudah menyiapkan empat formasi untuk menghadapi Korea Selatan, Brunei Darussalan dan Timor Leste yang tergabung di Grup H.

"Semua ada kemungkinan (bermain dengan 2 atau 3 striker). Formasi 4-4-1-1 juga bisa kami mainkan. Jadi, semua pemain sudah saya berikan arahan untuk bermain menyerang dan bertahan dengan formasi 4-2-3-1. 4-1-4-1, 4-4-1-1 atau 4-3-3," ucap Aji di Jakarta, Sabtu (21/3/2014).

"Kami tinggal menentukan formasi yang cocok saja untuk lawan. Dalam menentukan formasi, kami harus tahu mengenai kekuatan lawan dan kekuatan tim sendiri," tegas pelatih berusia 44 tahun  tersebut.

Bersambung ke halaman selanjutnya ---->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertumpu pada 4 Striker

Bertumpu pada 4 Striker

Lebih lanjut, Aji mengatakan kalau timnya punya striker yang bisa memainkan keempat strategi itu, yakni Christover Sibi, Anthony Putro Nugroho, Sutanto Tan dan Muchlis Hadi Ning.

"Kami punya 4 striker. Siapa yang paling fit di H-1 akan kami beri kesempatan (bermain). Sejauh ini, semua striker yang kami miliki dalam kondisi fit. Program latihan juga sudah kami sesuaikan agar tidak ada pemain yang cedera," tutup Aji.

Pada ajang AFC Cup U-22, Garuda Muda akan menghadapi Timor Leste di laga pertama pada 27 Maret 2015. Dua hari kemudian, Timnas U-23 menantang Brunei Darussalam.

Di laga terakhir, Korea Selatan bakal menjadi lawan Garuda Muda, 31 Maret mendatang. Semua pertandingan di Grup H bakal dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Baca juga:

7 Saga Transfer yang Bakal Terjadi Awal Musim Depan

Striker Inggris Kabulkan Harapan Bocah Kelainan Genetik

Jelang Hadapi Liverpool, Van Gaal Putuskan Pensiun di MU

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.