Sukses

Duel Seru Messi vs Ronaldo di El Clasico

Sejak musim 2009/10, kedua bintang sepak bola dunia ini sudah bersaing ketat.

Liputan6.com, Barcelona: Tak dipungkiri jika laga El Clasico Barcelona vs Real Madrid selalu dikait-kaitkan dengan penampilan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Maklum, dua pemain ini memang digadang paling hebat sejagat.

Jadi saat kedua "makhluk" ini bertemu maka bakal ditunggu siapa yang mencetak gol lebih banyak. Siapa pemenang dan siapa yang jadi kecundang saat El Clasico edisi ke-230 itu terhampar dini hari nanti di Stadion Camp Nou.

Redaksi Liputan6.com mencoba untuk mengulas kembali bagaimana rivalitas keduanya selama di El Clasico. Berikut uraiannya seperti terangkum di 5 halaman berikutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1

1. Musim 2009/10 (Messi Berkibar)

Inilah musim pertama Cristiano Ronaldo mengenakan jersey Real Madrid setelah ditransfer dengan harga 94 juta euro dari Manchester United (MU). Sontak, kehadiran Ronaldo langsung dihubung-hubungkan dengan Lionel Messi.

Bagaimana hasil pertemuan keduanya di musim ini? Messi berhasil berkibar, sedangkan Ronaldo tampak canggung. Pada laga El Clasico 29 November 2009, Barcelona menang 1-0 lewat gol tunggal Zlatan Ibrahimovic.

Di laga El Clasico kedua giliaran Messi yang cetak gol saat Barcelona menang 2-0. Gol itu menjadi gol ke-40nya musim itu.Media Spanyol pun kala itu menyebut jika Ronaldo sudah "diasapi" Messi dalam hal cetak gol. Well, ini musim pahit bagi Ronaldo.

3 dari 6 halaman

2

2. Musim 2010/11 (Ronaldo Mulai Tajam)

Jelang El Clasico dimulai, kedua bintang sama-sama cetak hattrick. Messi lakukan hattrick saat Barcelona gulung Almeria 8-0. Sedangkan Ronaldo kala Madrid hajar Bilbao 5-1.

Musim ini, keduanya jumpa di 4 kali pertemuan yang super menegangkan. Pada El Clasico 15 April 2010, Messi cetak gol terlebih dahulu lewat titik penalti. Tapi dibalas Ronaldo lewat titik penalti pula. Barcelona 1-1 Real Madrid.

Di final Piala Raja 2011, giliran Ronaldo pecundangi Messi karena mencetak gol kemenangan.El Clasico ketiga terjadi di leg pertama semifinal Liga Champions. Laga panas ini menjadi milik Messi yang mencetak 2 gol kemenangan.

4 dari 6 halaman

3

3. 2011/12 (Milik Ronaldo)

Musim ini boleh disebut menjadi milik Ronaldo dalam hal pertemuan di El Clasico dengan Lionel Messi. Pada dua leg perempat final Piala Raja musim ini, Madrid jumpa Barcelona. Ronaldo cetak 2 gol, tapi Barcelona menang dengan agregat 4-3.

Di El Clasico 21 April 2012 yang berlangsung di Camp Nou, Ronaldo membawa Madrid menang 2-1 atas Barcelona. Gol itu sekaligus menjadi penentu gelar La Liga bagi Madrid.

5 dari 6 halaman

4

4. 2012/13 (Sama-sama hebat)

Musim ini boleh jadi menjadi pembuktian keduanya sama-sama hebat. Itu terlihat pada El Clasico pertama musim ini yang berlangsung 7 Oktober 2012 di Camp Nou. Ronaldo dan Messi sama-sama cetak 2 gol di laga yang berakhir 2-2 itu.

Saking terpukaunya, pelatih Real Madrid kala itu, Jose Mourinho menyebut dua bintang ini berasal dari planet lain. Dia mengaku semakin respek dengan kehebatan kedua pemain ini.

Keduanya jumpa lagi di semifinal Piala Raja. Yang menarik terjadi di leg kedua final Piala Raja dimana Ronaldo cetak 2 gol pada kemenangan 3-1 Madrid atas Barcelona di Camp Nou.

6 dari 6 halaman

5

5. 2013/14 (Ronaldo rebut Ballon d'Or)

Ini memang menjadi musim milik Ronaldo. Dia berhasil merebut gelar Ballon d'Or untuk kedua kalinya, tapi di El Clasico Ronaldo justru gagal unjuk gigi. Di 2 kesempatan pertemuan musim ini, Ronaldo tidak cetak gol.

Justru Messi yang mampu tampil cemerlang tepatnya di El Clasico yang berlangsung 23 Maret 2014 di Bernabeu. Dia mencetak hattrick (2 penalti) saat Barcelona bungkam Madrid 4-3.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini