Sukses

Starting XI Terbaik Kombinasi Barcelona-Madrid

Formasi 4-2-3-1 tampaknya pas digunakan untuk starting XI terbaik kombinasi Barcelona-Real Madrid.

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona dan Real Madrid akan bentrok di jornada ke-28 La Liga Spanyol. Memiliki barisan pemain bintang di setiap lini, partai El Clasico edisi ke-230 ini pun diyakini bakal berjalan sengit sejak menit awal.

Hingga memasuki pekan ke-27 La Liga, El Barca masih nyaman memuncaki klasemen sementara dengan nilai 65. Mereka unggul satu angka atas El Real yang tepat berada di bawahnya.

Menghadapi pertandingan bergengsi ini, kedua tim akan turun dengan skuat terbaiknya. Jika Barcelona mengandalkan trio MSN (Messi-Suarez-Neymar) di lini depan, maka Real Madrid kembali berharap pada ketajaman trio BBC (Benzema-Bale-Cristiano Ronaldo).

Tak hanya di sektor depan, lini tengah maupun belakang juga bakal diisi pemain-pemain tenar. Jadi tak heran, jika laga ini layak disebut sebagai perang bintang.

Lalu, bagaimana jika pemain di kedua kubu disatukan ke dalam satu tim? Maka akan menghasilkan sebuah skuat impian yang menakutkan. Formasi 4-2-3-1 tampaknya pas digunakan untuk starting XI terbaik kombinasi Barcelona-Real Madrid.

Lantas, siapa saja pemain yang terpilih? Berikut ini starting XI terbaik El Clasico seperti dilansir Caughtoffside --->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2.

Penjaga gawang: Claudio Bravo (Barcelona)

Pemain asal Chile ini tampaknya memang layak disebut sebagai kiper terbaik La Liga Spanyol musim ini. Sebab dari 27 pertandingan, gawang Barcelona yang dikawal Bravo baru kebobolan 16 gol. Sedangkan gawang Madrid yang diisi Iker Casillas maupun Keylor Navas sudah kemasukan 24 gol.

Bek Kanan: Dani Alves (Barcelona)

Pemain asal Brasil ini memang sudah tak muda lagi. Namun begitu, kemampuan Alves dalam bertahan maupun membantu serangan sama sekali tak berkurang. Berdasarkan statistik yang dicatat Whoscored, pemain 31 tahun tersebut sukses melakukan 3,9 tekel per laga dari 20 pertandingan yang sudah dijalani di La Liga musim ini.

Bek Kiri: Marcelo (Real Madrid)

Peran pemain 26 tahun tersebut di sisi kiri pertahanan Real Madrid sulit tergantikan. Meski sempat dihantam cedera, namun Marcelo mampu kembali ke permainan terbaiknya. Dari 24 pertandingan yang sudah dijalani di La Liga musim ini, Marcelo sukses mencatatkan 2,3 tekel per-laga serta melakukan 1,8 clearance. Tak hanya itu, pemain bernomor punggung 12 itu berhasil menorehkan enam assist.

Bek tengah: Sergio Ramos (Real Madrid)

Penggawa timnas Spanyol ini adalah sosok penting di jantung pertahanan Los Blancos. Kemampuan Ramos dalam mematahkan berbagai serangan lawan membuat kiper Madrid cukup tenang dalam menjaga gawang. Dari 19 kali penampilannya di La Liga, Ramos berhasil mencatatkan empat clearance per pertandingan. Selain itu, mantan pemain Sevilla ini juga telah menyumbang tiga gol buat Madrid.

3 dari 5 halaman

3.

Bek Tengah: Gerard Pique (Barcelona)

Sejak berseragam Barcelona pada 2008 lalu, peran Pique di sektor belakang tak tergantikan. Dari 19 kali penampilan dalam ajang La Liga musim ini, mantan pemain Manchester United itu sukses mencatatkan 4,6 clearance per laga serta 2,2 intersep.

Gelandang Bertahan: Toni Kroos (Real Madrid)

Ditebus dari Bayern Muenchen pada bursa transfer musim panas tahun lalu Kroos mampu menjadi roh permainan Madrid di lini tengah. Bahkan, persentase kesuksesan umpan gelandang timnas Jerman itu mencapai 92,3 persen, torehan tertinggi di bandingkan pemain El Real yang lain. Kroos juga sukses mencetak satu gol plus tujuh assist dari 26 pertandingan di La Liga musim ini.

Gelandang Bertahan: Luka Modric (Real Madrid)

Modric adalah salah satu sosok penting di lini tengah Los Blancos. Penggawa timnas Kroasia tersebut mampu menjadi penyeimbang permainan Madrid. Alhasil, ketika Modric absen akibat cedera, El Real kesulitan memetik kemenangan. Namun kini, Real Madrid bisa bernafas lega karena pemain 29 tahun tersebut telah pulih 100 persen dari cedera paha.

4 dari 5 halaman

3.

Gelandang Serang Kanan: Cristiano Ronaldo (Real Madrid)
Kemampuan CR7 dalam mengolah bola memang tak perlu diragukan lagi. Dari 24 pertandingan di La Liga Spanyol musim ini, kapten timnas Portugal itu telah mencetak 30 gol plus 11 assist. Tapi sejak memasuki tahun 2015, performa Ronaldo mengalami penurunan. Dari 14 laga di tahun ini, pemain 30 tahun tersebut baru mencetak sembilan gol.

Gelandang Serang Kiri: Neymar (Barcelona)

Neymar adalah salah satu pemain Barcelona yang paling bersinar di musim ini. Penyerang timnas Brasil tersebut berhasil melepaskan 2,7 tendangan per laga dari 21 pertandingan di La Liga musim ini. Tak heran jika Neymar berhasil mencetak 17 gol dan empat assist di liga. Bahkan, koleksi gol nya lebih banyak dibandingkan Gareth Bale yang baru mengukir 12 gol dan Karim Benzema yang mencetak 13 gol.

5 dari 5 halaman

4.

Gelandang Serang Tengah: Lionel Messi (Barcelona)
Kapten timnas Argentina tersebut merupakan sosok sentral dalam permainan Barcelona. Tanpa kehadiran The Messiah, Los Cules sulit memetik kemenangan. Dari 27 laga di La Liga musim ini, Messi sukses membukukan 32 gol dan 14 assist. Secara statistik, Messi mampu mencatatkan 82 persen umpan akurat serta 4,8 tembakan per laga.

Penyerang: Luis Suarez (Barcelona)

Suarez sempat mengalami kesulitan beradaptasi dengan gaya permainan sepak bola Spanyol. Bahkan, di 10 pertandingan perdana dengan seragam Blaugrana, Suarez hanya mampu mencetak satu gol. Tapi, perlahan pemain berjuluk El Pistolero tersebut mulai menemukan sentuhan magisnya. Dari 10 pertandingan terakhir di seluruh ajang kompetisi, Suarez mampu mencetak delapan gol. Secara keseluruhan, dia telah mencetak 13 gol buat Barcelona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini