Sukses

16 Fakta Menarik Barcelona vs Madrid: Perburuan Puncak Klasemen

Terakhir kali Los Blancos memetik tiga kemenangan beruntun atas Los Cules adalah pada musim 1978.

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona akan menantang Real Madrid di jornada ke-28 La Liga Spanyol. Laga El Clasico edisi ke-230 ini diyakini bakal berjalan menarik, karena kedua tim sama-sama memburu kemenangan demi bercokol di puncak klasemen.

El Barca saat ini masih berada di posisi teratas dengan nilai 65 hasil dari 27 pertandingan. Mereka hanya unggul satu poin atas El Real yang tepat berada di bawahnya. Oleh karena itu, raihan tiga angka sangat penting bagi Barca dan Madrid demi mengamankan titel juara liga musim ini.

Dan untuk menghadapi partai krusial yang berlangsung di Camp Nou, Senin (23/3) dini hari WIB, baik Los Cules maupun Los Blancos akan mengerahkan seluruh kemampuan terbaiknya. Barcelona yang bertindak sebagai tuan rumah sedang dalam kepercayaan diri tinggi.

Skuat besutan Luis Enrique tersebut berhasil menyapu bersih kemenangan di enam laga terakhir di seluruh ajang kompetisi. Selain itu, mereka juga hanya menelan satu kekalahan dan sukses memetik sembilan kemenangan dari 10 pertandingan sebelumnya di La Liga Spanyol musim ini.

Namun begitu, Madrid juga memiliki modal bagus kala bersua Barcelona. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan berhasil mengamankan kemenangan di dua pertemuan terakhir kontra Blaugrana. Teranyar, mereka berhasil membungkam Barca 3-1 di Santiago Bernabeu pada 25 Oktober tahun lalu.

Lanjut ke halaman berikut --->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2.

Pertandingan ini juga tak hanya terfokus pada Barcelona dan Real Madrid, tapi juga duel Lionel Messi versus Cristiano Ronaldo. Apalagi, The Messiah saat ini adalah topskor sepanjang masa El Clasico dengan 21 gol. Sedangkan CR7 hanya mencatatkan 14 gol.

Berikut data dan fakta menarik Barcelona versus Real Madrid seperti dilansir Opta:

1. Real Madrid berhasil meraih kemenangan di dua laga terakhir kontra Barcelona (Menang 2-1 di final Copa del Rey 2013/14, serta membungkam Barca 3-1 di pertemuan pertama musim ini).

2. Terakhir kali Los Blancos memetik tiga kemenangan beruntun atas Los Cules adalah pada musim 1978. Di mana saat itu mereka meraih tiga kemenangan berturut-turut di La Liga.

3. Carlo Ancelotti menelan lima kekalahan dari tujuh pertandingan liga baik itu kontra Atletico Madrid ataupun Barcelona sejak melatih Madrid pada 2013 lalu. Sedangkan dua laga sisa berakhir dengan kemenangan dan imbang.

4. Barcelona menelan dua kekalahan di kandang sendiri dalam ajang La Liga Spanyol musim ini. Mereka tidak pernah kalah tiga laga beruntun di Camp Nou sejak musim 2007/08 di bawah asuhan Frank Rijkaard.

5. Madrid tak pernah kalah dua kali secara berturut-turut dalam laga tandang dalam satu musim sejak September 2012 lalu.

6. Barcelona berhasil memetik sembilan kemenangan dan menelan satu kekalahan dari 10 pertandingan terakhir di liga. Satu-satunya kekalahan tersebut didapat saat menjamu Malaga.

3 dari 4 halaman

3.

7. Lionel Messi menjadi pemain dengan torehan gol terbanyak dalam sejarah El Clasico (21 gol), sedangkan Cristiano Ronaldo hanya mencatatkan 14 gol. Dia tertinggal satu gol dari Raul Gonzales.

8. Messi sukses mencetak delapan dari 16 gol terakhir yang dilesakkan Barcelona ke gawang Madrid di semua ajang kompetisi.

9. Ronaldo mampu mencetak gol di enam dari tujuh lawatan terakhirnya ke Camp Nou. Dia sukses membukukan delapan gol di semua ajang kompetisi.

10. Messi telah mencetak 17 gol di La Liga pada tahun 2015. Jumlah itu lebih banyak ketimbang total gol yang dihasilkan Benzema, Bale dan Ronaldo (masing-masing hanya menorehkan lima gol saja).

11. Barcelona adalah tim terbaik dalam melakukan serangan di La Liga musim ini. Mereka mencetak 78 gol dan hanya kebobolan 16 gol.

12. Real Madrid adalah satu-satunya tim yang berhasil mencetak tiga gol ke gawang Barcelona di ajang La Liga musim ini.

13. Barcelona adalah tim yang paling banyak mencetak gol dari dalam kotak penalti pada musim ini (72 gol). Sedangkan Real Madrid lebih sering membobol gawang lawan dari luar kotak penalti (8 gol).

14. Barcelona merupakan tim yang belum kebobolan dari luar kotak penalti di La Liga musim ini.

4 dari 4 halaman

4.

15. Real Madrid lebih sering mencetak gol di paruh pertama (38 gol). Sementara Barcelona kerap mencetak gol di interval kedua (53 gol).

16. Hanya 9 persen gol Barcelona di musim ini yang dicetak oleh gelandang. Catatan terendah di liga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini