Sukses

Starting XI Generasi Emas Masa Depan Timnas Inggris

Timnas Inggris berpeluang meraih prestasi jika mampu menggunakan starting XI masa depan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Prestasi buruk Timnas Inggris dalam beberapa tahun terakhir disebabkan kurangnya regenerasi dalam skuat mereka. Berikut starting line-up masa depan The Three Lions.

Sejak tampil sebagai juara Piala Dunia 1966, Timnas Inggris tak pernah lagi meraih gelar juara. Prestasi terbaik Tiga Singa setelah itu hanyalah meraih juara ketiga Piala Eropa 1968 dan mencapai babak semifinal Piala Dunia 1990.

Padahal, Kompetisi Liga Premier Inggris adalah yang terbaik di dunia saat ini. Banyak pihak menilai bahwa prestasi jeblok Timnas Inggris disebabkan kurangnya regenerasi dalam skuat mereka.

Meski memiliki Kompetisi sepak bola terbaik, klub-klub di Inggris lebih mengandalkan para pemain dari luar Inggris. Oleh karenanya, para pemuda sal Inggris minim kesempatan untuk memperkuat tim inti.

Contohnya di posisi penjaga gawang. Inggris sempat kesulitan mencari pengganti David Seaman sebelum akhirnya menemukan Joe Hart. Namun, Roy Hodgson membuat gebrakan pada Piala Dunia 2014 di Brasil lalu. Dia berani membawa mayoritas para pemain berusia muda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Jack Butland (Kiper)

1. Jack Butland (Kiper)

Butland memang saat ini belum menjadi kiper utama klubnya, Stoke City. Namun, dia berpotensi untuk menjadi penjaga gawang masa depan Timnas Inggris. Itulah alasan mengapa Stoke City berani membelinya seharga 3,5 juta poundsterling (Rp 67 miliar) dari Cheltenham Town.

Kini, Butland dipinjamkan ke Derby County. Sejauh ini, pemain berusia 22 tahun itu sukses tiga kali menjaga gawangnya tak kebobolan. Gawangnya juga baru 13 kali kebobolan.

3 dari 12 halaman

Nathaniel Clyne (bek kanan)

2. Nathaniel Clyne (bek kanan)

Sejak kembali dari masa peminjaman dari Crystal Palace pada musim 2012/2013, penampilan Nathaniel Clyne terus menanjak. Musim perdana di Liga Premier Inggris, Clyne tampil sebanyak 34 kali.

Pada musim keduanya, Clyne tampil 25 kali. Musim ini, pemain berusia 23 tahun itu sudah 27 kali bermain di Liga Premier Inggris dan mencetak dua gol. Dia juga sudah dua kali memperkuat Timnas senior Inggris.

4 dari 12 halaman

John Stones (bek tengah)

3. John Stones (bek tengah)

Stones diboyong Everton dari Barnsley pada 31 Januari 2013 lalu. Pemain berusia 20 tahun itu mendapatkan kontrak berdurasi lima setengah musim di Goodison Park.

Pemain berusia 20 tahun ini tampil 21 kali di ajang Liga Premier Inggris musim lalu. Sementara, Stones sudah main 14 kali di ajang Liga Premier Inggris musim ini. Stones sudah empat kali memperkuat Timnas senior Inggris.

5 dari 12 halaman

Calum Chambers (bek tengah)

4. Calum Chambers (bek tengah)

Chamvers diboyong Arsenal awal musim ini dari Southampton. Prestasi cemerlangnya bersama Southampton musim lalu menjadi dasar ketertarikan Meriam London.

Chambers langsung menjadi tumpuan di lini pertahanan Arsenal. Pemain berusia 20 tahun itu sudah 20 kali tampil di ajang Liga Premier Inggris. Tiga caps sejauh ini berhasil Chambers catatkan bersama Timnas senior Inggris.

6 dari 12 halaman

Luke Shaw (bek kanan)

5. Luke Shaw (bek kanan)

Luke Shaw menjadi pemain yang digadang-gadang sebagai bintang masa depan Timnas Inggris. Pemain berusia 19 tahun itu dibawa pelatih Roy Hodgson di ajang Piala Dunia 2014 lalu.

Sayang, performa Shaw menurun drastis sejak bergabung bersama Manchester United awal musim ini. Mantan pemain Southampton itu musim ini baru 13 kali tampil di Liga Premier Inggris.

7 dari 12 halaman

Jordan Henderson (gelandang tengah)

6. Jordan Henderson (gelandang tengah)

Sejak dipercaya sebagai kapten baru Liverpoo menggantikan Steven Gerrard, kemampuan Jordan Henderson meningkat drastis. Pemain berusia 26 tahun itu sudah mencetak enam gol bagi Liverpool dari 44 penampilan musim ini.

Henderson juga menjadi tulang punggung Timnas Inggris di ajang Piala Dunia 2014 di Brasil. Pemain yang pernah dipinjamkan ke klub Coventry City itu sudah memiliki 18 caps.

8 dari 12 halaman

Ryan Mason (gelandang tengah)

7. Ryan Mason (gelandang tengah)

Ryan Mason mendapatkan panggilan pertamanya memperkuat Timnas senior Inggris kemarin, Senin (23/3/2015) WIB. Dia didaulat sebagai pengganti Adam Lallana yang mengalami cedera.

Mason memiliki dua tugas berat yakni menghadapi Lithuani di kualifikasi Piala Eropa dan pada pertandingan persahabatan melawan Italia. Berbekal penampilan impresifnya bersama Tottenham Hotspur musim ini, Mason berpeluang besar menghadirkan kejutan di dua laga itu.

9 dari 12 halaman

Raheem Sterling (sayap kiri)

8. Raheem Sterling (sayap kiri)

Raheem Sterling menjadi buah bibir di dunia sepak bola Inggris dalam beberapa musim terakhir. Berbekal kecepatan dan gocekan aduhai, Sterling mendapatkan tempat utama di Piala Dunia 2014 lalu.

Namun, kelemahan Sterling sejauh ini adalah penyelesaian akhir. Pemain berusia 20 tahun itu sering gagal memanfaatkan peluang emas menjadi gol.

10 dari 12 halaman

Ross Barkley (Everton)

9. Ross Barkley (Everton)

Barkley dipanggil Timnas senior Inggris pada Agustus 2013 dan mendapatkan caps pertamanya sebulan berselang. Barkley juga memperkuat Timnas Inggris di ajang Piala Dunia 2014 lalu.

Namun, setelahnya prestasi Barkley menurun drastis. Musim ini, Barkley sudah 20 kali memperkeuat Everton di ajang Liga Premier Inggris dan mencetak dua gol.

 

11 dari 12 halaman

Daniel Sturridge (penyerang)

10. Daniel Sturrdige

Daniel Sturridge menjadi bagian tak tergantikan di lini depan Liverpool. Lihat saja, Liverpool seperti kehilangan cara mencetak gol ketika Sturridge absen akibat cedera.

Sejak 2011 lalu, lini depan Timnas Inggris selalu dihuni oleh duet Rooney dan Sturridge. Mantan pemain Chelsea itu sudah mencetak lima gol dari 16 pertandingan bagi Timnas Inggris.

12 dari 12 halaman

Harry Kane (penyerang)

11. Harry Kane (penyerang)

Seperti yang telah ramai diberitakan akhirnya nama Harry Kane masuk dalam daftar skuat timnas Inggris yang dipersiapkan untuk laga internasional akhir bulan ini.

Kane, yang tampil impresif bersama Tottenham Hotspur musim ini, memang sudah digadang-gadang bakal dipanggil oleh pelatih The Three Lions, Roy Hodgson. Saat ini Kane adalah striker lokal paling produktif di Premier League dengan 16 gol.

Jika ditotal di seluruh kompetisi, pemain 22 tahun itu sudah bikin 26 gol dari 42 penampilan di seluruh kompetisi. Wajar jika kemudian Hodgson akhirnya memasukkan namanya untuk pertama kali di skuat 'Tim Tiga Singa'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini