Sukses

<i>Handball</i>, Kenapa Di Maria Tak Dihukum?

Secara umum, Angel Di Maria melakukan handball dengan sengaja dan layak diganjar kartu kuning bahkan merah.

Liputan6.com, Liverpool - Gelandang Manchester United (MU) Angel Di Maria bertindak konyol di laga kontra Liverpool. Di Maria melakukan handball sekitar menit ke-57. Beruntung, gelandang timnas Argentina itu sama sekali tak mendapat hukuman dari wasit.

Melawat ke markas The Reds di Stadion Anfield dalam laga pekan ke-30 Liga Premier Inggris, Minggu (22/3) malam WIB, MU memetik poin penuh. The Red Devils sukses membungkam Liverpool dengan skor 2-1.

Sepasang gol kemenangan MU dicetak Juan Mata pada menit ke-14 serta 59. Sedangkan gol balasan skuat Si Merah disarangkan Daniel Sturridge pada menit ke-69.

Tak hanya kemenangan Manchester United yang banyak diperbincangkan usai laga. Tapi, juga kartu merah Steven Gerrard dan handball yang dilakukan Di Maria.

Gerrard yang baru masuk ke lapangan pada menit ke-46 menggantikan Adam Lallana diganjar kartu merah 42 detik berselang. Gelandang 34 tahun tersebut terpaksa diusir setelah melanggar keras Ander Herrera.

Sama seperti Gerrard, Di Maria juga tampil dari bangku cadangan menggantikan Ashley Young di menit ke-55. Dua menit berselang, mantan pemain Real Madrid itu melakukan hal yang terbilang menggelitik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2.

Saat itu Di Maria berada di sisi kiri, mencoba mengejar bola lambung yang memang tampak akan keluar lapangan. Dan hap! pemain bernomor punggung tujuh itu menangkap bola dengan kedua tangannya.

Tapi ternyata, bola masih berada di dalam lapangan. Alhasil, wasit pun meniup peluit dan menghentikan jalannya pertandingan. Beruntung, Di Maria tidak mendapatkan kartu dari Martin Atkinson yang memimpin jalannya pertandingan.

Secara umum, Angel Di Maria melakukan handball dengan sengaja dan layak diganjar kartu kuning bahkan merah. Tapi, tidak sedikit juga yang beranggapan mantan pemain Benfica tersebut tidak benar-benar sengaja karena salah memperhitungkan jatuhnya bola.

Berdasarkan Hukum 12 Laws of The Game FIFA, Di Maria tidak layak mendapatkan kartu kuning ataupun merah. Sebab, si pemain tidak sedang berduel memperebutkan bola, menghalangi lawan, dalam melakukan penguasaan bola ataupun menghalangi percobaan lawan untuk mencetak gol.

Tak hanya itu, bola juga sepenuhnya berada dalam penguasaan Di Maria. Jika pun bola tidak ditangkap Di Maria, si kulit bundar akan keluar dan tetap menjadi milik The Red Devils dalam bentuk lemparan ke dalam. Jadi wajar kiranya, jika Martin Atkinson tidak menghukum Angel Di Maria.

Baca Juga:

10 Pesepak Bola yang Lihai Diving

Starting XI Terbaik Kombinasi Barcelona-Madrid

Video 13 Penalti Lionel Messi yang Gagal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini