Sukses

Regulasi Baru FA Buat 5 Klub Premier League Terpaksa Buang Pemain

Aturan baru ini menyangkut kuota pemain non binaan.

Liputan6.com, London - Pekan ini, Ketua FA Greg Dyke mengusulkan kuota jumlah pemain lokal dalam sebuah tim. Dia yakin, terobosan ini mampu berbanding lurus dengan prestasi Timnas yang selama ini masih jalan di tempat.

Dalam usulannya, Dyke mensyaratkan setiap pemain harus bersama sebuah klub dari usia 15 tahun untuk memenuhi syarat sebagai pemain lokal, jumlah pemain bukan binaan dikurangi dari 17 menjadi 13 pemain, dan juga setidaknya ada dua pemain binaan yang dilatih klub bersangkutan.

Melalui regulasi ini Dyke berharap akan ada lebih banyak pemain lokal yang mendapatkan jatah bermain. Efek positifnya, jam terbang dan kualitas pemain lokal akan meningkat dan berujung pada prestasi di gelaran Piala Dunia.

Aturan ini memang belum diterapkan dan masih akan diuji untuk diaplikasikan mengingat hukum tidak berlaku surut sehingga baru bisa diterapkan untuk sistem perekrutan di level klub di masa depan alias setelah kata putus diambil.

Namun, jika proposal Dyke mulai diterapkan saat ini juga maka ada lima tim Liga Premier yang banyak dihuni pemain bukan binaan yang bakal waswas. Berikut daftarnya :

Lanjut ke halaman berikutnya>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manchester City

Manchester City

'The Citizen' bertabur pemain impor di skuatnya. Saking 'gemuknya' pemain bukan binaan  tim asuhan Manuel Pellegrini sudah mencapai kuota 17 pemain.

Para pemain impor itu antara lain Sergio Aguero, Wilfried Bony, Willy Caballero, Martin Demichelis, Edin Dzeko, Fernando, Fernandinho, Stevan Jovetic, Aleksandar Kolarov, Vincent Kompany, Eliaquim Mangala, Samir Nasri, Jesus Navas, Bacary Sagna, David Silva, Yaya Toure hingga Pablo Zabaleta.

Sebagai tambahan Gael Clichy dan Dedryck Boyata tidak bisa lagi digolongkan sebagai pemain binaan jika wacana yang diapungkan Dyke.

Pasalnya mereka tidak bermain untuk klub Inggris selama tiga tahun sebelum menginjak umur 18 tahun. Jika peraturan diterapkan saat ini juga, City harus melepas enam dari 17 pemain impor mereka.

Lanjut ke halaman berikutnya>>

3 dari 6 halaman

Tottenham Hotspur

Tottenham Hotspur

Sama halnya dengan Man City, kuota pemain bukan binaan Spurs telah berjumlah 17 pemain.

Mereka adalah Emmanuel Adebayor, Etienne Capoue, Cristian Ceballos, Nacer Chadli, Vlad Chiriches, Moussa Dembele, Christian Eriksen, Federico Fazio, Brad Friedel, Younes Kaboul, Erik Lamela, Hugo Lloris, Paulinho, Roberto Soldado, Benjamin Stambouli, Jan Vertonghen, dan Michel Vorm.

Jika peraturan diterapkan saat ini juga, Spurs akan kehilangan empat di antara pemain yang ada di atas.

Lanjut ke halaman berikutnya>>

4 dari 6 halaman

Arsenal

Arsenal

The Gunners sudah memenuhi kuota 14 pemain yang tidak tergolong sebagai pemain lokal.

Deretan pemain tersebut antara lain Mikel Arteta, Santi Cazorla, Mathieu Debuchy, Abou Diaby, Mathieu Flamini, Gabriel, Olivier Giroud, Laurent Koscielny, Per Mertesacker, Nacho Monreal, David Ospina, Mesut Ozil, Tomas Rosicky, dan Alexis Sanchez.

Lebih dari itu, kiper Wojciech Szczęsny dan gelandang Francis Coquelin, dan Damian Martinez tidak dapat lagi digolongkan sebagai pemain lokal dalam peraturan baru.

Wenger akan kehilangan empat di antara pemain yang ada di atas bila regulasi itu resmi di "ketok palu" oleh FA.

Lanjut ke halaman berikutnya>>

5 dari 6 halaman

Chelsea

Chelsea

Pimpinan klasemen Liga Premier Chelsea memiliki 15 pemain tergolong non-lokal. Mereka antara lain Cesar Azpilicueta, Petr Cech, Diego Costa, Thibaut Courtois, Juan Cuadrado, Didier Drogba, Eden Hazard, Branislav Ivanovic, Filipe Luis, Nemanja Matic, John Obi Mikel, Oscar, Ramires, Loic Remy dan Willian.

Lebih jauh, Cesc Fabregas juga tidak dapat lagi digolongkan sebagai pemain lokal dalam peraturan baru. Jika peraturan diterapkan saat ini juga, Mourinho harus memecat tiga di antara pemain yang ada di atas.

Lanjut ke halaman berikutnya>>

6 dari 6 halaman

Newcastle United

Newcastle United

The Magpies adalah klub kelima yang akan terpengaruh jika aturan pemain lokal diterapkan saat ini juga. Mereka telah memiliki 15 pemain tergolong non-lokal dalam skuat berjumlah 25 pemain.

Mulai dari Mehdi Abeid, Vurnon Anita, Remy Cabella, Papiss Cisse, Fabricio Coloccini, Siem De Jong, Facundo Ferreyra, Yoan Gouffran, Jonas Gutierrez, Massadio Haidara, Daryl Janmaat, Gabriel Obertan, Emmanuel Riviere, Moussa Sissoko, dan Cheik Tiote.

Lebih jauh, penjaga gawang Tim Krul tidak dapat lagi digolongkan sebagai pemain lokal. Dengan begitu, Newcastle harus mengeluarkan tiga di antara pemain yang ada di atas. 

(Sisbrianto Wijaya Guntar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini