Sukses

Gol Pemain FC Porto Menangkan Kamerun Atas Indonesia

Mendapat tekanan secara intensif, Indonesia menyerah 0-1 saat menjamu Kamerun.

Liputan6.com, Sidoarjo - Timnas Indonesia harus puas menelan kekalahan 0-1 saat menjamu Kamerun di Gelora Deltras Sidoarjo,Rabu (25/3/2015). Gawang Indonesia yang dikawal I Made Wirawan bobol karena aksi striker Kamerun yang membela Porto, Vincent Aboubacar di menit ke41.

Timnas Indonesia memainkan pola 4-4-2 ketika menghadapi Timnas Kamerun dalam laga uji coba internasional di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Rabu 25 Maret 2015. Dalam pertandingan ini, Boaz Solossa dipercaya pelatih Benny Dolo untuk menjadi kapten untuk Timnas Indonesia.

Namun dalam laga ini, Bendol menurunkan empat penyerang meski ia menurunkan skema 4-4-2, ini artinya Zulham Zamrun dan Tantan mengawal sayap skuat Garuda. 

Dua menit jalannya laga, bola masih bergulir di lapangan tengah dan operan dari para pemain timnas dan juga Kamerun kerap kali tak menemui sasaran. Di menit ke-10 kerja sama antara Boaz dan Tantan di sisi kiri timnas Kamerun nyaris membuahkan gol, tapi umpan yang dilepaskan pemain Persib Bandung itu tak bisa dimanfaatkan Cristian Gonzales.

Lima menit berselang, Kamerun memberikan tes kepada I Made Wirawan ketika Leonard Kweuke melepaskan tendangan dari luar kotak penalti tapi bola tepat masuk ke dekapan Made. Cobaan kembali didapatkan penjaga gawang Persib tersebut tiga menit kemudian ketika ia menghalau sepakan Leonard.

Keroposnya pertahanan timnas terlihat saat Vincent Aboubacar mencoba membuka angka lewat tendangan jarak jauh, beruntung laju bola hanya menyamping ke kanan gawang Made. 

Memasuki menit ke-24, Volker Finke menggantikan Leonard yang mengalami masalah otot paha dan memasukan Frank Etoundi. Sepuluh menit menit berselang, gawang timnas akhirnya bobol juga. Melambatnya lari Hasyim Kipuw mengakibatkan sebuah tusukan dari sayap kanan melalui Henri Bedimo berhasil dimaksimalkan Vincent Aboubacar.

Sementara itu, timnas Indonesia terlihat kebingungan membongkar pertahanan tim tamu, absennya pengatur serangan macam Firman Utina membuat serangan mereka tak terarah.

Di menit 41 gawang Indonesia nyaris bobol kedua kali ketika sebuah umpan dari Enoh Eyong menemui kaki Arnaud Ndi tapi Made Wirawan masih sigap mengawal daerahnya. Hingga peluit babak pertama, skor 0-1 terpampang di papan skor Gelora Deltras Sidoarjo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Di babak kedua, Indonesia memberikan darah segar dengan menggantikan Yohanis Tjoe dengan Fachrudin. Mendominasi dari segi stamina, pasukan Kamerun kerap melakukan umpan satu-dua dan dalam jeda dua menit Indomitable Lion mendapatkan dua peluang mencetak gol.

Baru di menit ke-54 Indonesia baru benar-benar punya peluang emas. Mendapatkan umpan di kotak penalti Kamerun, Zulham Zamrun berdiri bebas, sedikit mengontrol bola ia melepaskan tendangan tetapi bola melenceng dari sasaran.

Menit ke-61, Kamerun meningkatkan intensitas serangan dan jantung suporter timnas Indonesia dibuat dag-dig-dug ketika bertkali-kali Aboubacar dkk memberikan ujian kepada Made Wirawan. Di menit ke-62,  melakukan tendangan chip tapi Made Wirawanmasih bisa menghalaunya. Demi memperbanyak kreasi serangan Benny Dollo memasukkan Ferdinand Sinaga menggantikan Cristian Gonzales, mengganti I Gede Sukadana dengan Raphael Maitimo dan Tanta digantikan Bayu Gatra.

Keputusan Bendol langsung berbuah positif ketika Ferdinand Sinaga langsung mendapatkan peluang di sentuhan pertamanya saat menerima umpan dari Kipuw tapi juru gedor Sriwijaya FC itu belum bisa membobol Fabrice Ondoa lewat tandukannya.

Menit 80, sebuah kesalahan dari lini belakang Kamerun berakhir dengan bola yang bergulir menuju kaki Boaz Solossa, kapten tim Indonesia itu berlari dan kemudian mengirimkan umpan untuk Bayu Gatra yang kemudian diteruskannya kepada Ferdinand Sinaga tetapi operan yang diberikan terlalu dekat dengan kiper lawan.

Memasuki lima menit akhir pertandingan, Kamerun mencoba untuk terus memberikan tekanan kepada timnas Indonesia dan itu terbukti ketika Henri Bedimo yang melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang melambung di atas mistar gawang Made Wirawan. Bahkan bek sayap Kamerun, Bitolo Oyongo bisa bergerak bebas di lini pertahanan timnas dan membuat Made berjibaku agar skor tidak bertambah.

Di menit-menit akhir babak kedua, Vincent Aboubacar nyaris memperbesar keunggulan negaranya ketika ia menendang bola dari sisi kanan kotak penalti timnas dan si kulit bundar sukses melewati sergapan Made tapi beruntung bola hanya membentur mistar atas gawang. Hingga laga berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan Kamerun bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Indonesia: I Made Wirawan (GK), Hasim Kipuw (Tony Sucipto 86'), Victor Igbonefo, Yohanis Tjoe, Johan A. Farizi, Hariono (Achmad Jufriyanto 72') , I Gede Sukadana (Raphael Maitimo 67'), Tantan (Bayi Gatra 67') , Zulham Zamrun, Boaz Solossa, Cristian Gonzales (Ferdinand Sinaga 65').

Kamerun: Ondoa Fabrice, Oyongo Bitolo, Ngweni Kadiang, Chedjou Bayard, Bedimo Henri, Loe Cedric, Ndi Arnaud (Ben A Zock), Moukandjo Benjamin (63'), Enoh Eyong, Kweuke Leonard (Frank Etoundi 24'), Vincent Aboubacar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.