Sukses

Gol Messi Lebih Penting Ketimbang Gol Ronaldo

Seberapa penting gol yang dicetak oleh Messi dan Ronaldo?

Liputan6.com, Madrid - Kita semua tahu bahwa Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo menjadi tokoh protagonis bagi Barcelona serta Real Madrid. Namun menurut salah satu media ekonomi terkemuka di dunia, The Economist ternyata nilai gol yang dicetak kedua pemain itu berbeda.

Media tersebut menggunakan perhitungan yang unik guna meraba seberapa penting sebuah gol yang dicetak baik oleh Messi dan Ronaldo.

Metode statistik ini sendiri bernama Expected Points Added ( EPA ), sebuah aplikasi dari Win Probability Added awalnya dikembangkan untuk olahraga bisbol.

Dengan mempertimbangkan segala kemungkinan mulai dari sisa waktu tersisa dalam pertandingan, tempat laga dan makna sebuah gol yang berpeluang mengubah hasil pertandingan, mereka mencoba menguak statistik untuk dua pemain tersebut.

Lanjut ke halaman berikutnya....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

The Economist menyebut kalau gol di menit-menit akhir kontra Iran di Piala Dunia lebih berharga ketimbang gol keenam Messi dalam hasil pertandingan 6-1 atas Levante. Sebuah atlet akan dinilai sukses andai memiliki EPA yang tinggi meski secara total dia mendapatkan EP (Expected Point) yang kecil.  

Selama tahun 2013 dan 2014, Messi lebih sering mencetak gol penentu hasil akhir pertandingan (5 kali) sedangkan Ronaldo kerap kali memborong banyak gol dalam kemenangan dengan skor besar.

"105 gol Ronaldo untuk timnas Portugal dan Real Madrid berkontribusi sebanyak 41,6 EP (Expected Point) dengan rataan 0,40 EPA per gol. Sementara itu Lionel Messi mendapatkan skor 40,3 EPA dari 86 golnya dengan rataan 0,47 (EPA) per gol."

Berikut ini statistik yang dikeluarkan The Economist:

cron-mess

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.