Sukses

Lecehkan Fisik Pemain, Pelatih Skotlandia U-19 Tuai Protes

Alih-alih faktor kompetensi, pemain ini dicoret karena kurang tinggi badan.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih tim nasional Skotlandia U-19, Ricky Sbragia mendapat banyak sorotan lantaran komentarnya dianggap tidak masuk akal

Sbragia mencoret nama Jack Harper, pemain muda binaan Real Madrid, dari daftar skuat Skotlandia U-19. Alih-alih masalah kompetensi, mantan pelatih Sunderland ini mencoret Harper lantaran tinggi badan yang kurang, hanya 6 kaki 11 inchi.

Menurut mantan pelatih Sunderland tubuh Harper terlalu kecil dan tidak cocok untuk mengikuti laga mendatang menghadapi Austria, Kroasia and Italia. Pelatih yang pernah bermain untuk Birmingham ini mengaku hanya ingin mengamankan posisi di Kejuaraan Eropa musim panas ini.

Salah satu kritik datang dari mantan striker Skotlandia era 90-an, Kevin Gallacher. "Saya tidak percaya itu," kata Gallacher pada BBC. “Saya 11 kaki dan 8 inchi dan berat 70 kg saat melakukan permainan terbaik Saya."

Gallacher mewakili Skotlandia pada Kejuaraan Eropa 1992 dan 1996, serta Piala Dunia 1998, terakhir kalinya Skotlandia masuk ke putaran final.

Graham Hunter, jurnalis senior sepakbola Spanyol juga angkat bicara. Hunter menganggap keputusan Sbragia menggelikan."Jack itu cerdas, pemain yang teknis," katanya. "Dia sudah bermain untuk Real Madrid sejak 2009".

"Mereka tidak memanggil David Silva, Xavi, dan Iniesta karena mereka kecil, tapi karena mereka berbakat, berteknik, dan cerdas terlepas dari ukuran mereka," Hunter mengakhiri. (Sisbrianto Wijaya Guntar)

Baca juga: 

Hasil Pertandingan Persahabatan Antar Negara

5 Pesepak Bola Indonesia yang Pamornya Meredup

Chicarito Rebut Gebetan Ronaldo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.