Sukses

6 Transfer Terburuk Barcelona dalam Satu Dekade Terakhir

Barca ternyata cukup sering merugi dalam membeli pemain selama 10 tahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta- Meski memiliki La Masia yang merupakan salah satu akademi sepak bola terbaik di dunia, Barcelona juga sering mengambil pemain dari klub lain. Blaugrana bahkan kerap menghambur-hamburkan uang dalam membeli pemain.

Dalam satu dekade terakhir, klub yang bermarkas di Nou Camp itu cukup banyak mendatangkan pemain top. Sebagai contoh musim panas lalu, Barca menghabiskan uang banyak untuk membeli Thomas Vermaelen, Luis Suarez, Ivan Rakitic hingga Douglas.

Namun diantara pemain yang dibeli Barcelona banyak juga yang tidak sukses. Barcelona harus merugi akibat kesalahan membeli pemain. Beberapa pemain yang mereka beli mahal harus dijual murah atau bahkan gratis karena penampilannya mengecewakan.

Berikut 6 transfer terburuk Barcelona dalam 10 tahun terakhir menurut Liputan6.com. Siapa saja mereka? Simak penjelasannya di halaman berikutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1

1. Zlatan Ibrahimovic

Barcelona membuat heboh dunia di bursa transfer musim panas 2009. Mereka secara mengejutkan berhasil merekrut mesin gol Inter Milan Zlatan Ibrahimovic.

Untuk memiliki Ibra, Barca harus membayar mahal. Mereka menyerahkan uang 46 juta euro ditambah striker andalannya Samuel Eto'o kepada Inter. Selain itu Barca juga meminjamkan Aliaksandr Hleb.

Prestasi Ibra cukup bagus di mencetak 16 gol pada musim pertamanya dan membawa Barca juara La Liga. Namun kariernya bersama Barca hanya berumur semusim saja.

Ibra terpental dari Nou Camp karena hubungannya dengan pelatih Josep Guardiola memburuk. Keduanya selama beberapa bulan tak bertegur sapa. Ibra dipinjamkan ke Milan dengan opsi kepemilikan permanen.

Pria Swedia itu tak pernah kembali ke Nou Camp karena Milan kemudian mempermanenkannya.

3 dari 7 halaman

2

2. Dmytro Chygrynskiy

Dmytro Chygrynskiy dibeli Barcelona dari Shakhtar Donetsk pada tahun 2009. Barca harus membayar mahar 25 juta euro demi meyakinkan Shakhtar agar melepas Chygrynskiy.

Fans Barca menaruh harapan besar pada Chygrynskiy. Pemain berambut gondrong ini diharapkan bisa mengatasi kelemahan Barca pada bola-bola atas karena punya postur tinggi besar.

Namun apa daya, Chygrynskiy tak mampu beradaptasi dengan baik. Meski Guardiola masih ingin mempertahankannya, pria Ukraina ini cuma bertahan semusim.

Barca menjual kembali Chygrynskiy ke Shakhtar semusim kemudian. Barca harus merugi 10 juta euro.

4 dari 7 halaman

3

3. Aliaksandr Hleb

Pada musim panas 2008 Barcelona tergiur membeli gelandang serang Aliaksandr Hleb dari Arsenal. Pemain Belarusia itu diboyong untuk menggantikan Deco de Souza yang hijrah ke Chelsea.

Hleb tak mampu menggantikan Deco. Dia cuma main 19 kali bersama Barcelona. Hleb sempat tiga kali dipinjamkan oleh El Barca ke VfB Stuttgart, Birmingham City dan VfL Wolfsburg.

Barca benar-benar rugi besar dalam transfer Hleb. Pasalnya mereka membayar 15 juta euro kepada Arsenal. Hleb justru pergi dengan bebas transfer setelah memutus kontraknya lebih awal dengan kesepakatan bersama pada Januari 2012.

5 dari 7 halaman

4

4. Keirrison

Barcelona membeli Keirrison pada 23 Juli 2009. Mereka membayar 14 juta euro kepada Palmeiras. Nilai transfer bisa bertambah dua juta euro lagi tergantung penampilan sang pemain.

Sial bagi Barcelona. Keirrison kariernya redup setelah dibeli mereka. Keirrison tak pernah tampil sekalipun di laga resmi.

Keirrison dipinjamkan Barcelona ke lima klub berbeda yakni Benfica, Fiorentina, Santos, Cruzeiro dan Coritiba. Barca bahkan akhirnya memutus kontrak Keirrison di tengah jalan.

6 dari 7 halaman

5

5. Martin Caceres

Satu lagi pemain belakang yang gagal di Barcelona adalah Martin Caceres. Pria Uruguay ini dibeli 16,5 juta euro dari Villarreal pada musim panas 2008.

Caceres tak kuat menghadapi tekanan membela Barcelona. Dia sempat dua kali dipinjamkan ke Juventus dan Sevilla.

Barca akhirnya menjual murah Caceres ke Sevilla pada tahun 2011 dengan harga tiga juta euro saja.

Caceres nampaknya tak berjodoh dnegan Barca. Kini Caceres kembali ke bentuk penampilan terbaiknya bersama Juventus.

7 dari 7 halaman

6

6. Henrique

Tahun 2008 menjadi salah satu tahun sial bagi Barca dalam hal aktivitas transfer. Selain Hleb, ada satu pembelian Blaugrana lain yang gagal bersinar.

Dia adalah bek Brasil Henrique. Barca membelinya dari Palmeiras senilai delapan juta euro. Sama seperti Keirrison, Henrique tak pernah tampil sekalipun untuk Barcelona.

Kontrak Henrique dibatalkan oleh Barca pada tahun 2012.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini