Sukses

Inggris vs Lithuania: Laga Spesial Wazza dan Tiga Singa

Tapi kejadian tidak mengenakkan terjadi jelang pertandingan ini. Apa itu?

Liputan6.com, Jakarta Laga kontra Lithuania di babak Kualifikasi Piala Eropa 2016 grup menjadi pertandingan spesial buat Timnas Inggris, khususnya Wayne Rooney.

Bukan apa-apa, selain di atas kertas Inggris masih di atas Lithuania, Rooney punya kesempatan membuat rekor baru di pertandingan dinihari WIB nanti. Tapi sesuatu tidak terduga terjadi jelang pertandingan ini.

Bagi Inggris, laga nanti menjadi ajang untuk memantapkan posisi di klasemen grup E. Sejauh ini, The Three Lions belum tersentuh kekalahan. Inggris masih "sempurna" dengan memetik 4 kemenangan mengantongi 12 poin. Sedangkan, Lithuania menemapati peringkat 4 klasemen.

Dari segi peringkat FIFA, kedua negara juga terpaut cukup jauh. Rilis FIFA, Maret 2015, Inggris menempati posisi 12. Sedangkan, Lithuania menempati rangking 95. Tapi perlu dicatat, Lithunia naik 2 peringkat dari periode Februari lalu.

Jelang pertandingan tersebut, strategi Inggris ternyata bocor ke media. Itu bermula ketika seorang fotografer berhasil membidik secarik kertas berisi rancangan strategi untuk menghadapi Lithuania pada Jumat 28 Maret 2015 waktu setempat.

Coretan tangan Hodgson menunjukkan, dia bakal menduetkan Rooney dan bomber Tottenham Hotspur yang tengah naik daun, Harry Kane. Di tengah, Hodgson menulis nama Jordan Henderson, Ross Barkley, Theo Walcott dan Andres Townsend. Kyle Walker, Phil Jones, Gary Cahill, dan Nathaniel Clyne, berpeluang mengisi posisi belakang.

Mendengar strategi bocor, mantan pelatih Inter Milan itu berang bukan kepalang."Sangat berbahaya menjadi mata-mata di sesi latihan. Kertas itu sesuatu yang sangat rahasia karena kami harus memilih pemain untuk pertandingan nanti," kecam Hodgson seperti dikutip Telegraph.

Hodgson pun mengirim isyarat mengubah susunan pemain untuk pertandingan kontra Lithuania di  Wembley."Saya harap media tidak menyalahkan saya, jika duet Kane-Rooney bukan pilihan kami."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Laga Spesial Rooney

Terlepas dari strategi yang telah diketahui publik, pertandingan nanti bisa jadi bakal terus diingat Rooney. Bila mampu memborong 4 gol, Wazza akan melewati rekor gol legenda Inggris, Sir Bobby Charlton mengoleksi 49 gol.

Bila rekor itu tercipta, mantan pemain Everton itu resmi sudah menjadi top-scorer sepanjang masa timnas Inggris. Namun, sejatinya bila berhasil mencetak dua gol, torehan gol sang pemain setera dengan maskot Timnas Inggris periode 1984-1992, Gary Lineker. Lantas bagaimana reaksi pemain 29 tahun itu.

"Ini bakal menjadi momen besar dalam hidup saya, bila mampu melampaui rekor gol itu. Tapi saya tidak mau memikirkan hal itu," sambung Rooney.

"Sekarang aku ingin berkonsentrasi pada pertandingan dan membawa Inggris menang ketika melawan Lithuania di Stadion Wembley dan berangkat ke markas Timnas Italia," ungkap Rooney dilansir telegraph.co.uk

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini