Sukses

Huntelaar Selamatkan Belanda dari Kekalahan

Pertandingan tersebut berakhir imbang 1-1.

Klaas-Jan Huntelaar menjadi pahlawan Belanda saat menghadapi Turki di Amsterdam Arena pada babak kualifikasi Euro 2016 Grup A, Minggu (29/3/2015) dini hari WIB. Pertandingan tersebut berakhir imbang 1-1.

Liputan6.com, Amsterdam - Tampil di kandang sendiri, Belanda langsung tampil menekan. Pada menit kelima, dua pemain Belanda, Depay dan Daley Blind memainkan umpan satu dua yang diakhiri oleh sepakan Depay. Bola mengarah ke tiang jauh. Tapi usahanya masih bisa ditepis kiper Turki, Babacan.

Turki tidak mau kalah. Pada menit ke-17, gelandang Dentuman Ozan melepaskan tendangan jarah jauh. Sayang, bola hasil sepakannya melebar di sebelah kanan gawang Cillissen.

Memasuki menit ke-25, Tim Oranye --sebutan Belanda menguasai jalannya pertandingan dengan mengandalkan ball possession. Sebaliknya, Turki hanya mengandalkan serangan balik.

Keasyikan menyerang, gawang Cillissen malah kebobolan pada menit ke-37. Burak Yilmaz bebas dari kawalan di dalam kotak penalti Belanda. Tanpa ampun, dia melepaskan tendangan kaki kanan yang merobek gawang Belanda.

Empat menit berselang, Tim Oranye punya kesempatan emas menyamakan angka. Berawal dari eksekusi tendangan bebas Sneijder, bola jatuh di kaki De Virj yang langsung melepaskan sepakan. Untungnya, Babacan masih sigap menepis bola.

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan Turki.

Baca ulasan babak kedua di halaman selanjutnya ---->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Tertinggal di babak pertama, Tim Oranye langsung menekan. Menit ke-52, Sneijder melepaskan umpan lambung. Babacan sempat kesulitan menangkap bola karena mendapat gangguan dari Huntelaar. Bola pun luput dari tangkapannya dan bergerak ke Narsingh. Pemain yang masuk di awal babak kedua itu langsung menyepak bola. Sayang, usahanya masih melebar di kiri gawang Turki.

Tujuh  menit berselang, Babacan melakukan penyelamatan gemilang. Dengan satu tangan, dia menepis sepakan keras Affelay dari jarak jauh yang mengarah ke tengah gawang.

Belanda terus melancarkan serangan demi mencetak gol. Pada menit ke-70, Sneijder melepaskan tendangan jarak jauh. Namun usaha mantan pemain Inter Milan tersebut masih melebar di sebelah kiri gawang Babacan.

Di sepuluh menit tersisa, Tim Oranye kian gencar melancarkan serangan. Menit ke-80, setidaknya ada enam pemain berkarakter menyerang di lini tengah. Belanda hanya memainkan satu bek murni di pertandingan ini.

Gol penyeimbang yang ditunggu-tunggu Belanda akhirnya datang. Pada menit ke-90+2, Sneijder yang memanfaatkan umpan Willems sukses merobek gawang Babacan. Bola hasil sepakan Sneijder sempat mengenai Huntelaar yang membuatnya berubah arah.

Hingga bubaran, kedua kesebelasan harus puas dengan skor imbang 1-1. Dengan hasil tersebut, Belanda tetap berada di posisi ketiga klasemen Grup A dengan 7 poin. Sedangkan Turki di peringkat empat dengan koleksi lima poin.

Susunan pemain:
Belanda: Cillissen, Van der Wiel, De Vrij (Willems '77), Indi, Blind, De Jong (Bas Dost '63), Affelay, Wijnaldum (Narsingh (46), Sneijder, Huntelaar, Depay

Turki: Babacan, Balta, Serdar Aziz (Gulum '69), Gokhan Gonul, Taufan, Selcuk Inan, Volkan Sen (Calhanoglu (61), Topal, Caner Erkin, Gokhan Tore, Yilmaz (Kazim Kazim '79)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini