Sukses

Pemain Naturalisasi Selamatkan Muka Italia

Eder mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-84.

Liputan6.com, Jakarta Italia harus berterima kasih kepada Eder. Berkat gol yang dicetak pemain naturalisasi itu, tim tamu  bermain imbang 2-2 dengan Bulgaria pada lanjutan kualifikasi Grup H  Piala Eropa 2016, Minggu (29/3/2015) dinihari.

Hasil imbang ini membuat Italia tetap berada di peringkat kedua klasemen sementara. Italia terpaut dua poin dari pemuncak klasemen Kroasia yang mengoleksi 13 poin.

Bermain di kandang lawan, Stadion Vasil Levski, pelatih Antonio Conte menerapkan formasi 3-5-2 dengan mengandalkan duet Simone Zaza dan Ciro Immobile di lini depan. Sedangkan Bulgaria yang ditukangi Ivaylo Petev menggunakan formasi 4-2-3-1.

Sepanjang babak pertama, 'Gli Azzurri' kalah agresif dari tuan rumah. Statistik mencatat anak asuh Conte melakukan enam kali percobaan tembakan dan empat di antaranya mengarah ke gawang.

Sebaliknya, Bulgaria dari tujuh percobaan tembakan menghasilkan enam tembakan ke gawang.

Meski inferior di babak pertama, Italia mengawali pertandingan dengan sempurna. Terbukti baru empat menit laga berjalan tim tamu sudah unggul 1-0 atas Bulgaria.

Bermaksud menghalau umpan silang, bek tuan rumah Iordan Minev justru memasukan bola ke gawang sendiri.

Selepas gol itu, Italia tetap mendominasi jalannya pertandingan. Namun, pada menit ke-11 Italia dikejutkan setelah gawang Salvatore Sirigu dibobol oleh Ivelin Popov.

Tendangan keras gelandang serang asal Bulgaria itu melesak mulus ke gawang tim tamu. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Berhasil membobol gawang Italia membuat Bulgaria kian bersemangat menggempur gawang tim tamu. Hasilnya, hanya berselang enam menit pasca pertama, striker Ilian Mitsanski membawa Bulgaria unggul 2-1 berkat tandukan terarahnya.

Kebobolan dua gol hanya dalam tempo enam menit, Italia coba mengejar ketertinggalan. Beberapa peluang didapat namun tidak satupun yang berbuah gol hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama berakhir. Skor tetap 2-1 untuk keunggulan Bulgaria.

Lanjut ke halaman berikutnya -->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Di babak kedua, Italia tampil lebih agresif dan mampu mendominasi jalannya pertandingan. Sedangkan Bulgaria hanya sesekali melancarkan serangan balik.

Peluang pertama didapat Italia pada menit ke-54 melalui Marco Verratti. Sayang, tendangan spekulasi gelandang berpostur mungil itu belum menemui sasaran.

Kesulitan mencetak gol penyama kedudukan, Conte melakukan perubahan taktik. Ia memasukan pemain debutan Eder untuk menggantikan posisi Simone Zaza di pertengahan babak kedua.

http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/838942/original/062464500_1427579563-2015-03-28T214011Z_146908390_LR2EB3S1O6OFD_RTRMADP_3_SOCCER-EURO.JPG

Keputusan Conte terbukti manjur. Enam menit jelang bubaran, pemain naturalisasi yang memperkuat Sampdoria itu menyelamatkan muka tim tamu lewat golnya yang menyamakan skor menjadi 2-2.

Tendangan keras kaki kanan Eder bersarang ke pojok kanan gawang Bulgaria yang dikawal Mihaylov.

Selepas gol Eder, Italia sebenarnya punya peluang emas membawa pulang tiga poin jika peluang emas di depan gawang Bulgaria tidak disia-siakan oleh pemain pengganti Manolo Gabbiadini. Hingga laga berakhir skor bertahan 2-2.


Susunan Pemain
Bulgaria (4-2-3-1) ; Mihaylov; Manolev, Bodurov, A. Aleksandrov, Minev; Gadzhev, Dyakov; Milanov, Popov, M.Aleksandrov; Mitsanski/ Bozhinov (73)

Italia (3-5-2)
Sirigu; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Antonelli/ Gabbiadini (77), Candreva, Verratti, Bertolacci/ Soriano (72), Darmian; Zaza/ Eder (58), Immobile

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini