Sukses

Video 5 Pemain yang Cetak Gol di Debut Timnas

Lima pemain ini tampil memukau saat berdebut bersama timnasnya dengan mencetak gol di partai debut.

Liputan6.com, Jakarta Menjalani debut bersama tim nasional memang menjadi tugas yang sangat berat bagi seorang pesepak bola.

Harapan publik terhadap sang pemain pujaan tidak membuat langkah perdana mereka ke lapangan menjadi lebih enteng. Namun lima pemain ini tampil memukau saat debut di timnas masing-masing.

Siapa saja pencetak gol di debut bersama timnas? Simak daftar yang sudah dibuat redaksi Liputan6.com>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1

Harry Kane

">

Penampilan mengilap Kane bersama Tottenham Hotspur membuat ia menjadi idola baru publik Inggris. Tak butuh waktu lama bagi mereka untuk mendesak manajer Roy Hodgson mencantumkan namanya di skuat Three Lions.

Masuk menggantikan Wayne Rooney, juru gedor berusia 21 tahun itu mencetak gol di debutnya saat Inggris menghadapi Lithuania. Hanya butuh waktu 80 detik baginya untuk membobol gawang lawan. Mendapat umpan dari Raheem Sterling, Kane memulai langkah pertama dalam karier panjangnya bersama Inggris.

3 dari 6 halaman

2

Eder

">

Menyusul debutnya bersama timnas Italia, pemanggilan Eder dan Franco Vazquez mengundang kontroversi. Berawal dari komentar Roberto Mancini yang menyebut pemain keturunan (oriundo) tak seharusnya membela Italia, Eder membungkam kritik ketika ia menyelamatkan Italia.

Bertanding kontra Bulgaria dalam kualifikasi Euro 2016, Minggu (29/3/2015), Azzurri tampaknya harus gigit jari karena mereka hanya bisa membalas satu gol ketimbang dua gol yang dicetak lawannya. Namun enam menit jelang bubaran, Eder Citadin Martins keluar sebagai penyelamat harga diri mereka.

4 dari 6 halaman

3

Alvaro Morata

">

Penampilan prima bersama Juventus membuat Alvaro Morata akhirnya dipanggil timnas Spanyol meski sebelumnya pernah memperkuat Real Madrid.  Melangkahkan kaki di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, pemain berusia 22 tahun itu mencetak gol pada debutnya, Minggu (29/3/2015) .

Meski sempat dikawal ketat oleh bek Ukraina Yevhen Khacheridi, Morata melambungkan bola melewati kiper di menit ke-28.

5 dari 6 halaman

4

Stefano Okaka

">

Meski sempat ada perbincangan apakah pemain Sampdoria itu akan membela Nigeria atau Italia, akhirnya Okaka memutuskan untuk membela negara tempatnya lahir.

Saat Azzurri menjamu Albania pada 18 Oktober 2014 dalam sebuah partai persahabatan, ia diturunkan oleh Antonio Conte. Berperan sebagai pengganti Sebastian Giovinco, Okaka yang sudah berusia 25 tahun itu melompat lebih tinggi. Bola tandukannya melambung ke samping kiri gawang Albania tanpa bisa dihalau kiper lawan.

Patut diketahui, Okaka adalah pemain berkulit gelap ketiga yang pernah membela timnas Italia. Nama pertama dan kedua adalah Fabio Liverani (2001) serta Mario Balotelli (2010).

6 dari 6 halaman

5

Evan Dimas

">


Ketika mendengar nama Evan Dimas Darmono, publik Indonesia mayoritas menjawab kalau dia adalah tulang punggung skuat Garuda di masa mendatang. Namun saat berdebut bersama timnas senior, gelandang serang Persebaya Surabaya yang masih berusia 20 tahun itu tak menunjukkan rasa grogi.

Buktinya saat turun di laga Indonesia versus Timor Leste pada 11 November 2014, Evan bermain dengan apik. Di pertandingan ini, bahkan ia mencetak satu gol dan satu assist.

Berbekal potensi luar biasa, pemain yang membawa timnas U-19 menjuarai piala AFF tahun 2013 itu tampaknya bisa menjadi alasan penggemar sepak bola Indonesia terkagum karena aksi-aksinya. (Golnya bisa dilihat di menit 1 detik ke 20)

Baca Juga:

Pelatih Ini Jadi Kandidat Baru Pengganti Inzaghi

Maldini: Saya Hampir Hijrah ke Chelsea, Tapi...

Rooney Siap Bimbing Pemain Muda Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini