Sukses

Asapi Hamilton, Vettel Finis Terdepan

Vettel sukses menyelesaikan balapan 56 lap dalam waktu 1 jam 47 menit 634 detik.

Liputan6.com, Sepang - Sebastian Vettel tampil gemilang di GP Malaysia. Jagoan tim Ferrari itu berhasil meraih podium juara usai mengungguli pebalap tim Mercedes GP, Lewis Hamilton.

Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Minggu (29/3) siang WIB, Vettel mengawali lomba dari posisi kedua. Sempat mendapatkan perlawanan sengit dari Hamilton dan Nico Rosberg, Vettel akhirnya mampu mengamankan podium juara.

Pebalap asal Jerman itu sukses menyelesaikan race 56 lap dalam waktu 1 jam 47 menit 634 detik. Dia unggul 8,5 detik atas Hamilton yang berada di posisi dua, serta 12,3 detik atas Rosberg meraih podium ketiga.

Bagi Vettel, ini adalah podium juaranya yang ke-40 di Formula 1 serta kemenangan yang keempat di GP Malaysia.

Raihan poin penuh di Sirkuit Sepang membuat Sebastian Vettel kini berada di posisi dua klasemen sementara pebalap dengan nilai 40. Dia tertinggal tiga poin atas Lewis Hamilton yang masih nyaman menghuni puncak klasemen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalannya Balapan

Selepas start, Hamilton yang meraih pole position langsung tancap gas dan memimpin jalannya lomba. Tepat dibelakang pebalap asal Inggris itu diisi Sebastian Vettel, Nico Rosberg, Daniel Ricciardo, serta Felipe Massa.

Di lap ke-2, ban belakang sebelah kiri mobil Ferrari SF15-T milik Kimi Raikkonen pecah setelah disenggol mobil jagoan tim Sauber, Marcus Ericsson. Alhasil, Raikkonen terpaksa masuk pit stop untuk mengganti ban mobilnya.

Pada lap ke-4 safety car masuk ke lintasan setelah Ericsson mengalami masalah pada mobilnya di tikungan pertama. Masuknya safety car dimanfaatkan oleh para pebalap untuk melakukan pergantian ban.

Suhu di Sirkuit Sepang yang mencapai hingga 33 derajat celcius menjadi alasan ban mobil para pebalap cepat habis. Alhasil, Hamilton, Rosberg, Ricciardo, Massa, dan Daniel Kvyat masuk ke pit untuk mengganti ban.

Sementara itu, Sebastian Vettel memilih tetap berada di lintasan. Pebalap Ferrari itu pun sukses memimpin jalannya lomba di lap ke-7. Sedangkan posisi kedua dan ketiga ditempati Nico Hulkenberg serta Romain Grosjean.

Hamilton yang sempat tercecer di urutan lima, perlahan-lahan mulai memperbaiki posisinya. Berhasil menyalip Carlos Sainz, Grosjean, dan Hulkenberg, Hamilton sukses menempati posisi dua di lap ke-16.

Sempat tertinggal hingga 8,7 detik atas Vettel yang berada di depannya, Hamilton akhirnya kembali memimpin balapan di lap ke-18. Hal tersebut tak lepas dari masuk nya Vettel ke pit untuk melakukan pergantian ban.

Pada lap ke-22 Vettel mengambil alih posisi runner-up dari tangan Rosberg. Mantan pebalap Red Bull Racing itu sukses menyalip Rosberg di tikungan terakhir. Vettel pun kini hanya terpaut 7,1 detik dari Hamilton.

Nasib kurang beruntung dialami Fernando Alonso. Debut Alonso bersama tim McLaren Honda di GP Malaysia harus berakhir di lap ke-22 setelah mengalami masalah pada mobilnya.

Terus memacu mobil Ferrari SF15-T, Vettel berhasil mengasapi Hamilton di lap ke-25. Melalui sisi dalam tikungan terakhir, Vettel mampu melewati juara dunia F1 musim 2014 tersebut.

3 dari 3 halaman

3.

Setelah disalip Vettel, Hamilton kembali masuk ke pit untuk melakukan pergantian ban yang kini menggunakan jenis hard. Setelah keluar dari pit, pebalap 30 tahun itu kini menghuni posisi ketiga.

Hingga masuk lap ke-37, Sebastian Vettel masih nyaman berada di depan. Pebalap 27 tahun itu mampu unggul hingga 13 detik atas Lewis Hamilton yang berada di belakangnya.

Masuk lap ke-45, Vettel tetap menghuni posisi pertama. Menggunakan ban jenis hard, driver asal Jerman tersebut unggul hingga 11 detik atas Hamilton yang berada di belakangnya. Sedangkan Rosberg, Raikkonen, serta Massa menghuni tempat ketiga hingga kelima.

Hingga melewati bendera kotak-kotak, Sebastian Vettel tetap berada di depan. pebalap bernomor lima ini memimpin 8,5 detik atas Hamilton yang menempati urutan dua, dan 12,3 detik dari Nico Rosberg yang finis di tempat ketiga.

Hasil Balapan GP Malaysia:
1.  Sebastian Vettel Ferrari 1:41:05.793  
2.  Lewis Hamilton Mercedes  +00:08.569   
3.  Nico Rosberg Mercedes 00:12.310    
4.  Kimi Raikkonen Ferrari 00:53.822    
5.  Valtteri Bottas Williams-Mercedes 01:10.409    
6.  Felipe Massa Williams-Mercedes 01:13.586    
7.  Max Verstappen Toro Rosso - Renault 01:39.085    
8.  Carlos Sainz Jr Toro Rosso - Renault 1 lap        
9.  Daniil Kvyat RedBull - Renault 1 lap        
10. Daniel Ricciardo RedBull - Renault 1 lap        
11. Romain Grosjean Lotus - Mercedes 1 lap        
12. Felipe Nasr Sauber - Ferrari 1 lap        
13. Sergio Perez Force India - Mercedes 1 lap        
14. Nico Huelkenberg Force India - Mercedes 1 lap        
15. Roberto Merhi Marussia - Ferrari 3 laps   

Gagal Finis:    
Pastor Maldonado Lotus - Mercedes 9 laps       
Jenson Button McLaren 15 laps      
Fernando Alonso McLaren  35 laps      
Marcus Ericsson Sauber - Ferrari 53 laps  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.