Sukses

Tertekan, Timnas U-23 Sukses Tahan Imbang Korsel di Babak I

Hingga babak pertama usai, belum ada gol tercipta.

Liputan6.com, Jakarta - Pertandingan antara Timnas U-23 Indonesia melawan Korsel dalam Pra-Piala Asia U-23 2016 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Selasa (31/3/2015) sore WIB, berlangsung menarik di babak pertama. Hingga turun minum, belum ada gol tercipta.

Di lima menit pertama, tempo pertandingan berlangsung cepat. Kedua tim sama-sama bermain ngotot. Garuda Muda kesulitan menembus sepertiga bidang pertahanan Korsel karena perbedaan tinggi badan yang cukup signifikan. Sementara itu, Taeguk Warriors mengandalkan umpan-umpan lambung langsung ke jantung pertahanan Timnas. 

Korsel sempat membobol gawang Indonesia di menit ke-10. Berawal dari sebuah sepakan tendangan bebas ternyata mengarah langsung ke gawang, ini tidak disangka oleh Natshir. Beruntung sesaat sebelum bola masuk ke gawang, Manahati Lestusen dilanggar oleh Kim Hyun. Indonesia mulai bisa mengimbangi lawannya selepas menit ke-27, sebuah operan dari Paulo Sitanggang membelah pertahanan dan bola menemui kaki Adam Alis yang melakukan penetrasi.

Tak lama kemudian gelandang Martapura FC itu memberikan umpan lambung kepada Muhclis Hadi. Bola pun dikontrol menggunakan dadanya tapi penyelesaian akhir yang buruk membuat skor masih 0-0. Di menit ke-34, Korea berupaya membalas, segitiga serangan yang dibangun Ahn Hyunbeom, Lee Yong Jae dan Kim Hyun mencoba memberikan tes untuk Natshir. Akan tetapi rencana mereka tak berjalan sesuai rencana karena tendangan mendatar Kim Hyun melebar ke sisi kiri gawang Indonesia.

Tuan rumah mencoba merespon dengan sebuah sepakan dari luar kotak penalti Zulfiandi di menit ke-36. Akan tetapi bola melambung jauh menuju baris Z tribun selatan Stadion Gelora Bung Karno. Dua menit berselang, Korea mendapat peluang bagus ketika Woo Jusung tak terkawal dengan baik saat menyundul bola hasil tendangan bebas rekannya.

Tiga menit jelang turun minum, Korsel nyaris membobol gawang Indonesia lagi. Sepak pojok yang melengkung mengarah ke kiri gawang timnas dan berusaha digapai oleh Kim Hyun akan tetapi lompatannya kurang tinggi. Dalam situasi sepersekian detik ini, Natshir juga terlihat sudah mati langkah tapi ada Ilham Udin yang dengan sigap membuang bola jauh ke depan. Bisa dilihat bahwa wajah para penggawa timnas Indonesia yang sempat tegang menjadi lega karena mereka terhindar dari gol. Hingga wasit Abdulla Hasan meniup peluit, skor 0-0 bertahan di babak pertama.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia: M. Natshir, Hansamu Yama, Muhammad Abduh Lestaluhu, Manahati Lestusen, Putu Gede, Paulo Sitanggang, Adam Alis, Ahmad Nufiandani, Zulfiandi,Muchlis Hadi Ning Syaifulloh, Ilham Udin

Timnas Korea Selatan: Lee Changgeun, Sim Sangmin, Yeon Jeimin, Woo Jusung, Le Changmin, Kim Hyun, Ahn Hyunbeom, Lee Yongjae, Jang Hyunsoo, Jung Seunghyun, Lee Chandong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini