Sukses

Belanda vs Spanyol: "La Furia Roja" Dibakar Dendam

Spanyol dalam kondisi positif, sedangkan Belanda masih naik turun penampilannya bersama Guus Hiddink.

Liputan6.com, Jakarta Belanda dan Spanyol kembali saling berhadapan di partai persahabatan. Meski bukan pertarungan di kompetisi resmi, namun memetik kemenangan adalah hal wajib bagi kedua tim.

Laga dua musuh bebuyutan tersebut rencananya akan dihelat di Amstedam ArenA, Rabu (1/4) dini hari WIB. Partai ini diyakini bakal berjalan menarik sejak menit awal, mengingat kedua tim sama-sama saling mengalahkan. Apalagi, "La Furia Roja", julukan timnas Spanyol dibakar dendam karena pernah dipermalukan Belanda di Piala Dunia lalu.

Sejauh ini, Belanda dan Spanyol telah 11 kali bertemu. Dari 11 laga itu, Belanda dan Spanyol berhasil memetik lima kemenangan dan satu laga berakhir dengan imbang.

Akan tetapi di lima pertemuan terakhir, tim Oranye lebih unggul di bandingkan La Roja. Belanda mampu merengkuh tiga kemenangan, satu hasil imbang, serta hanya menelan satu kekalahan.

Terakhir kali mereka sukses membungkam Spanyol adalah di fase grup Piala Dunia 2014. The Flying Dutchmen berhasil melumat Spanyol dengan skor 5-1. Kemenangan tersebut sekaligus membalaskan sakit hati, setelah kalah 0-1 dari tim Matador di partai final Piala Dunia 2010.

Meski demikian, Belanda saat ini tidak dalam kondisi baik. Mereka hanya mampu mengamankan dua kemenangan, satu hasil imbang, dan menelan dua kekalahan di lima laga sebelumnya. Teranyar, Oranje ditahan imbang 1-1 Turki di laga Grup A kualifikasi Piala Eropa 2016.

Lanjut ke halaman berikutnya.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Kondisi tersebut membuat jabatan Guus Hiddink sebagai pelatih timnas Belanda terancam. Namun begitu, mantan manajer Chelsea itu menegaskan sama sekali tak khawatir terkait masa depannya.

"Saya tidak merasakan tanda-tanda bahwa mereka akan memecat saya. Saya masih senang dalam pekerjaan saya. Tidak akan ada yang terjadi untuk saat ini," ujar Hiddink.

Kondisi berbeda justru dialami timnas Spanyol. La Furia Roja berhasil memetik tiga kemenangan dan hanya merasakan dua kekalahan di lima pertandingan terakhir.

Salah satu hasil positif yang dipetik Spanyol adalah ketika mengalahkan Ukraina 1-0 dalam laga Grup C kualifikasi Piala Eropa 2016 yang berlangsung di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan, Sabtu (28/3) dini hari WIB.

http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/840512/original/085742400_1427790738-BELANDA-SPANYOL-STATISTIK-150331.jpg

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.