Sukses

Sirkuit Sentul Targetkan Gelar Moto GP dalam 2 Tahun

Sentul membutuhkan dukungan berbagai pihak untuk mewujudkan cita-cita gelar Moto GP.

Liputan6.com, Jakarta: Sirkuit Internasional Sentul targetkan bisa menggelar salah satu kejuaraan balap motor dunia, Moto GP pada 2017. Direktur Sirkuit Sentul, Tinton Soeprapto mengatakan, target itu butuh dukungan dari semua pihak.

"Pada 19 Mei mendatang, Kementerian Pariwisata rencananya ingin mengundang penyelenggara Moto GP, Dorna untuk membicarakan soal ini," tandasnya saat dihubungi wartawan,Selasa (31/4/2015).

Untuk bisa menghelat Moto GP, Sentul diwajibkan memenuhi kualifikasi minimal kualitas aspal yaitu grade 2. Sedangkan saat ini, Sentul masih grade 3.

"Kalau masalah grade 1,2 dan 3 itu tak ada masalah. Tinggal diperbaiki saja. Yang paling penting Moto GP itu safety dari lomba seperti area run off Sirkuit," tambahnya.

Sementara itu, mulai 11 April mendatang, Sirkuit Sentul bakal kembali menggelar kejuaraan balap mobil, Indonesia Series of Motorsport (ISOM). Berbeda dengan tahun sebelumnya, Sentul kini menggandeng ABM Enterprise yang juga memiliki tim balap ABM Motorsport sebagai penyelenggara hingga tiga tahun mendatang.

Selain kelas kejurnas, ISOM juga melombakan balapan pendukung seperti Super Car Championship, Super Touring Championship, Ferrari, Lamborghini,   European Touring Car, Honda Jazz Speed Challenge, Mercedes Benz, Retro Touring, dan Old School Racing.

Sentul juga menghelat event internasional yaitu Formula Master Internasional pada seri 2 yang berlangsung 23-24 Mei. "Kami sudah menyiapkan roadmap yang jelas hingga tiga tahun mendatang untuk ISOM dan sudah disetujui pihak sentul," kata prinsipal ABM Enterprise, Vivi Montolalu kepada media.

Sedangkan General Manager Market Sirkuit Sentul, Lola Moenek mengatakan kerjasama dengan ABM Enterprise sebagai salah satu bentuk upaya pengelola Sentul untuk terus meningkatkan kualitas lomba.

"Selama 10 tahun terakhir, kami sudah menelorkan Race Director baru yang bukan dari PP IMI. Jadi sudah saatnya pihak luar ikut membantu terselenggaranya ISOM dengan baik dan tentunya utamakan safety," jelas Moenek.

Baca Juga:

5 Kemenangan Fantastis Valentino Rossi di Moto GP

Rooney Sebut Lini Pertahanan Italia Terbaik di Dunia

Portuga Beri Kabar Buruk untuk Real Madrid

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini