Sukses

Spanyol Kalah Lagi dari Belanda, Misi Balas Dendam Gagal

Wesley Sneijder menjadi motor serangan Belanda.

Liputan6.com, Amsterdam - Misi Spanyol untuk membalas kekalahan dari Belanda di Piala Dunia gagal terwujud. Belanda menang 2-0 atas Spanyol dalam partai persahabatan di Amsterdam ArenA, Rabu (1/4/2015) dini hari WIB. Dua gol tuan rumah dibuat Stefan de Vrij  menit 13, dan Davy Klaassen menit 16.

Bermain di depan pendukungnya sendiri, Belanda langsung tancap gas di awal pertandingan. Umpan-umpan pendek yang akurat memaksa Spanyol lebih banyak bermain di area sendiri.

Tekanan hebat yang dilakukan Oranje langsung membuahkan hasil. De Vrij yang mendapat umpan dari Sneijder berhasil menjebol gawang lawannya.

Spanyol semakin tertekan ketika Klaassen tiga menit kemudian berhasil memperdaya kiper Spanyol De Gea. Belanda unggul 2-0.

Tertinggal dua gol Spanyol mulai bangkit dan menemukan irama permainan. Lewat operan-operan pendek, berulangkali Isco dan Pedro sempat mengancam gawang Belanda.

Peluang pertama diperoleh Perdo. Tinggal berhadapan dengan kiper, Pedro gagal mencetak gol setelah bola berhasil ditepis Vermeer. Kesempatan kedua didapat Juanmi. Namun, tendangannya masih melenceng di sisi gawang.

Belanda yang mulai mendapat tekanan, kini lebih banyak mengandalkan serangan balik. Sebaliknya, Spanyol meski terus mengurung pertahanan lawannya, mereka belum mampu mecetak satu gol pun hingga babak pertama berakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Di babak kedua pelatih Spanyol Vicente del Bosque memasukkan David Silva dan Vitolo menggantikan Isco dan Perdro. Masuknya Silva cukup membawa perubahan.

Kerjasama Silva, Vitolo dan Cazorla membuat lini belakang Belanda harus bekerja keras mengamankan daerahnya. Namun, kokohnya pertahanan Belanda
yang digalang Janmaat, De Vrij, dan Martins Indi, membuat serangan Spanyol menjadi tumpul.

Belanda yang kembali mengandalkan serangan balik nyaris menambah kemenangan. Bola tandukan Martins Indi di depan gawang De Gea malah memantul ke atas. Setelah itu, tendangan keras Depay berhasil dihalau De Gea.

Peluang pertama Spanyol di babak ini gagal dimanfaatkan Pique. Tendangan bebas pemain Barcelona ini gagal menembus Vermeer.

Spanyol masih mengendalikan permainan hingga pertengahan babak. Umpan-umpan Iniesta yang masuk menggantikan Cazorla masih gagal dimanfaatkan Morata yang baru masuk di babak kedua.

Pemain pengganti Vitolo juga beberapa kali gagal menyelesaikan umpan rekan-rekannya menjadi gol. Penampilan Vermeer yang menawan juga membuat peluang yang diperoleh Fabregas dan Morata tak berujung gol. Hingga babak kedua berakhir kedudukan 2-0 untuk Belanda tetap bertahan.


Susunan Pemain:

Belanda: Vermeer; Janmaat, De Vrij, Martins Indi, Willems; Sneijder, Klaassen, Blind; Narsingh, Huntelaar, Depay

Spanyol: De Gea; Carvajal, Albiol, Pique (Ramos), Bernat; Cesc, Mario, Isco (David Silva); Cazorla, Juanmi (Morata), Pedro (Vitolo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini