Sukses

Indonesia U-23 Sudah "Kendor" Ketika Bertemu Brunei

Angka statistik mencatat bila pelatih Aji Santoso masih memiliki pekerjaan rumah menghadapi SEA Games 2015.

Liputan6.com, Timnas U-23 Indonesia dipastikan batal berlaga di ajang Piala Asia U-22. Itu setelah mereka tersingkir dari Kualifikasi. Garuda Muda terlempar dari daftar runner-up terbaik setelah di pertandingan terakhir kontra Korea Selatan mereka kalah telak 0-4.

Indonesia memiliki kesempatan untuk menyambar satu tiket menuju putaran final di Qatar andai mereka tidak kebobolan banyak gol di partai pamungkas.

Menarik ke belakang, pada kedua kontra Brunei Darussalam, tim asuhan Aji Santoso itu ternyata mulai "mengendur" meski mampu memetik kemenangan 2-0

Mengapa, berikut ulasannya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1

Bermain kurang efektif

Menghadapi tim dengan strategi parkir bus, seperti Brunei, praktis serangan Indonesia di sepanjang pertandingan lebih didominasi melalui crossing ataupun tusukan dari sektor sayap dan tendangan dari luar kotak penalti yang justru tidak banyak membuahkan hasil. Tentu, bisa dibilang bila permainan mereka tidak efektif.

Labbola mencatat Indonesia menguasai 78% penguasaan bola dan melakukan 491 umpan sukses (84%) dari total 585 kali percobaan sepanjang pertandingan.

Padatnya pemain Brunei di kotak penalti memaksa Indonesia melakukan banyak tembakan dari luar kotak penalti. Tercatat, Indonesia melakukan 37 kali percobaan tembakan. Dan cuma tujuh yang tepat sasaran, berbanding terbalik dengan Brunei dengan melakukan satu kali tembakan dari tendangan penalti yang diambil Aimmil Rahman. Sayang, bola berhasil ditahan kiper Indonesia, Muhammad Natshir.

Indonesia kemudian mengubah skema menjadi 4-4-2 di babak kedua.  Aji Santoso menarik keluar Ilham Udin dan Hendra Bayaw yang kurang maksimal dan menggantinya dengan Wawan Febriyanto dan Muchlis Hadi.

Strategi ini berjalan mulus. Skema penyerangan menjadi lebih hidup lewat akselerasi Wawan dan Nufiandani di sektor sayap dan sesekali dikombinasikan dengan umpan terobosan ke daerah pertahanan Brunei.

3 dari 5 halaman

2

Umpan silang banyak tidak mencapai sasaran

Pelatih Aji Santoso memiliki pekerjaan rumah baru setelah menghadapi Brunei. Menghadapi tim yang menumpuk pemain di kotak penalti bukan perkara mudah mengingat dalam laga ini timnas mengganti lima pemain kala menghancurkan Timor Leste jumat lalu.

Pressing ketat yang dilakukan dan padatnya pemain bertahan Brunei di kotak penalti memaksa bola lebih sering dialirkan ke sisi sayap. Sayangnya hal ini tidak membuahkan hasil bagi lini serang Indonesia. Total pemain Indonesia melakukan 31 kali crossing namun hanya 11 yang sukses atau rasionya sekitar 35%.

Bila masalah itu tidak segera dibenahi Aji, sektor penyerangan akan menghadapi kendala besar saat ketika menghadapi yang memiliki level permainan di atas Indonesia

4 dari 5 halaman

3

Muchlis penentu

Tidak berlebihan bila Muchlis Hadi Ning tetap dipertahankan pelatih untuk mempersiapkan skuat menuju SEA Games 2015. Pergerakan tanpa bola dan kecepatannya memudahkan timnas membongkar pertahanan dan memasuki area kotak penalti lawan.

Dengan masuknya Muchlis Hadi, lini depan di babak pertama yang hanya diisi oleh Antoni Putro mendapat angin segar. Konsentrasi  bek tengah yang sebelumnya hanya terfokus pada Antoni terpecah. Terbukti dua gol yang tercipta hadir setelah Muchlis masuk ke lapangan ketika menghadapi Brunei.

Muchlis bahkan memberi umpan yang berujung gol pertama oleh Nufiandani dan menciptakan gol kedua memanfaatkan umpan silang Antoni Putro.

5 dari 5 halaman

4


http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/842488/original/013163600_1427975711-AFC_U23_Qualification_Brunei_U22_vs_Indonesia_U22-01.jpg

(Yovinus Krisantus/Labbola)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini