Sukses

Mengenal QNB, Sponsor Baru Indonesia Super League

QNB juga menjadi sponsor klub raksasa Prancis, Paris Saint-Germain.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Qatar National Bank (QNB) Group langsung menjadi perbincangan di Indonesia setelah menjalin kesepakatan dengan Indonesia Super League (ISL) mulai musim ini. Dengan kerjasama sponsorship tersebut, bahkan ISl harus berganti nama menjadi QNB League mulai musim ini sampai musim 2017.

Alasannya, tentu karena QNB merupakan title sponsor, dan ini bukan yang pertama kalinya terjadi nama liga diubah. Sebab, dulu kita pernah mengenal yang namanya Liga Dunhill, Liga Kansas, atau Liga Bank Mandiri.

Seperti dilansir Goal, QNB sendiri bukanlah aktor lama dalam dunia sepak bola internasional, sebab seperti diketahui mereka juga menjadi sponsor bagi klub raksasa Prancis, Paris Saint-Germain. QNB menjadi sponsor PSG sejak 2012, lalu setahun kemudian mereka memperpanjang kerjasama sampai tiga tahun.

Selain QNB, PSG juga disponsori oleh perusahaan-perusahaan ternama lainnya seperti Nike, Emirates, dan Ooredo. Fakta ini tentu kian menguatkan adanya keterkaitan Indonesia dengan Les Parisiens, mengingat perusahaan air beroksigen dari Indonesia Super O2, juga merupakan regional partner PSG yang pertama di Asia.  

Bersambung ke halaman berikutnya>>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Untuk ukuran sebuah bank, QNB merupakan bank komersial pertama yang dimiliki Qatar. QNB didirikan pada 1964 dan QNb Group telah berkembang menjadi salah satu bank terbesar di kawasan Timur Tengah. Menurut Brand Finance Magazine, QNB kini menempati peringkat ke-79 dunia dengan nilai brand mencapai USD 2,6 miliar.

Di Indonesia, QNB sudah hadir sejak 2011, di mana kala itu mereka pemegang saham mayoritas Bank Kesawan. Nama mereka kemudian untuk sementara berubah menjadi Bank QNB Kesawan. Baru kemudian pada 2014, resmi berubah nama dan logo menjadi Bank QNB Indonesia, setelah tahap akhir akuisisi QNB Group sejak 2011.   

Indonesia Super League

Baca juga: 

Polling: 5 Binaan Akademi MU Paling Populer

Pelatih Persib: Bungkam Semen Padang Harga Mati

Ozil Pura-pura Sakit dan Tinggalkan Arsenal Demi Pesta di Berlin?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini