Sukses

Gol Coutinho Bawa Liverpool ke Semifinal Piala FA

Liverpool akhirnya memastikan lolos ke babak semifinal Piala FA usai menang tipis 1-0 atas tuan rumah Blackburn Rovers

Liputan6.com, Lancashire - Liverpool akhirnya memastikan lolos ke semifinal Piala FA usai menang tipis 1-0 atas tuan rumah Blackburn Rovers pada Kamis (9/4/2015) dini hari WIB. Coutinho menjadi pemecah kebuntuan dengan melepaskan tembakan jarak dekat pada menit ke 70.

Babak Pertama

Bertandang ke Ewood Park Stadium, Ther Reds berinisiatif menyerang pada 15 menit pertama dengan mengandalkan pergerakan trio penyerang Raheem Sterling, Philippe Coutinho, dan Daniel Sturridge. Di menit ke 19, Sturridge sempat mengejutkan penjaga gawang Simon Eastwood dengan tembakannya dari luar kotak penalti. Sayang, sepakan kaki kirinya hanya membentur bagian atas mistar gawang.

Meski The Reds terus mendominasi lawan, penyelesaian akhirnya buruk. Hingga menit ke-30 setidaknya anak-anak asuhan Brendan Rodgers itu melepaskan empat tembakan.

Rodgers harus kehilangan Mamadou Sakho di pertengahan laga karena tampaknya mengalami cedera hamstring. Peran Sakho langsung diambil alih Kolo Toure.

Penguasaan bola Liverpool unggul jauh dari tuan rumah, namun hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama skor masih 0-0. Tim tamu yang kurang efektif dalam menyerang belum mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Grant Hanley dkk. Mereka tak berani keluar untuk memberikan tekanan berarti.

Susunan Pemain Blackburn Rovers vs Liverpool:

Blackburn XI: Eastwood; Henley, Baptiste, Kilgallon, Olsson; Evans, Marshall, Conway, Williamson, Cairney; Rhodes.

Cadangan: Steele, Spurr, Songo'o, Nyambe, Lenihan, Mahoney, Gestede

Liverpool XI: Mignolet; Johnson, Lovren, Sakho (Kolo Toure 28'), Moreno; Lucas, Joe Allen, Henderson; Sterling, Coutinho, Sturridge.

Cadangan: Jones, Toure, Lambert, Manquillo, Borini, Brannagan, Markovic

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Baru semenit pertandingan babak kedua dimulai, Rovers sudah mengancam gawang Simon Mignolet setidaknya dua kali. Pertama ketika pergerakan cepat gelandang Tom Cairney pada menit 46.

Cairney melepaskan tembakan jarak jauh yang masih mampu ditangkis Mignolet. Namun, tak lama kemudian sang kiper dikejutkan sundulan Ben Marshall yang mengonversi tendangan penjuru Craig Conway. Dengan sigap penjaga gawang asal Belgia tersebut mengantisipasinya.

Namun, tak perlu menunggu drama adu penalti untuk menentukan siapa yang berhak maju ke semifinal. Akhirnya pada menit ke 70, gelandang serang The Reds Philippe Coutinho bisa membuka keunggulan tim menjadi 1-0.

Kerja sama apik antara pemain Brasil itu dan Jordan Henderson diselesaikan dengan baik Coutinho dengan tembakan jarak dekat. Skor 1-0 dan pertandingan menjadi lebih hidup sekarang.

Lima menit jelang pertandingan berakhir dalam waktu normal, Brendan Rodgers memasukkan Rickie Lambert untuk menggantikan Daniel Sturridge. Benar saja, Lambert langsung membahayakan gawang kiper Simon Eastwood lewat sundulan. Tapi, arah bola masih belum tepat sasaran.

Di menit perpanjangan waktu, Eastwood ikut masuk ke daerah pertahanan Liverpool. Menarik ketika bola langsung mendarat ke kaki sang kiper. Tidak berpikir lama, Eastwood langsung melepaskan tembakan ke gawang Mignolet. Namun, kiper asal Belgia tersebut menangkap tembakan Easwood.

Skor berakhir 1-0 untuk kemenangan Liverpool dan The Reds berhak maju ke babak semifinal Piala FA musim ini.

Susunan Pemain Blackburn Rovers vs Liverpool:

Blackburn XI: Eastwood; Henley, Baptiste (Tommy Spurr 80'), Kilgallon, Olsson; Evans, Marshall, Conway, Williamson, Cairney; Rhodes.

Cadangan: Steele, Spurr, Songo'o, Nyambe, Lenihan, Mahoney, Gestede

Liverpool XI: Mignolet; Johnson, Lovren, Sakho (Kolo Toure 28'), Moreno; Lucas, Joe Allen, Henderson; Sterling, Coutinho, Sturridge (Rickie Lambert 85').

Cadangan: Jones, Toure, Lambert, Manquillo, Borini, Brannagan, Markovic

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini