Sukses

Sempurna, Hamilton Menangi GP China

Ini merupakan kemenangan kedua Lewis Hamilton setelah seri pertama di Australia.

Liputan6.com, Shanghai - Lewis Hamilton memenangi balapan Formula 1 2015 pada GP China dengan sempurna. Pembalap Mercedes itu menyentuh garis finis pertama dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Shanghai, Minggu (12/4/2015) siang WIB. Ia menyelesaikan balapan sebanyak 56 lap dalam waktu 1 jam 39 menit 42.008 detik.

Start dari posisi terdepan, Hamilton memulai balapan dengan bagus. Dia tetap memimpin lomba diikuti rekan setimnya Nico Rosberg. Pembalap Ferrari Sebastian Vettel. Start bagus juga dilakukan Kimi Raikkonen. Dari posisi keenam, pembalap Ferrari ini melewati duo pembalap Williams, Felipe Massa dan Valtteri Bottas.

Hingga akhir lap 16, setelah para pembalap melakukan pit stop pertama, pimpinan lomba masih dipegang Hamilton. Posisi selanjutnya Rosberg, Vettel, Raikkonen, Massa, dan Bottaas. Hamilton sempat unggul sekitar 2,3 detik dari Rosberg saat memasuki lap ke-21.

Insiden terjadi di lap ke-50. Mobil pembalap McLaren Honda, Jenson Button, bersenggolan dengan pembalap Lotus-Mercedes, Pastor Maldonado di sebuah tikungan. Meski demikian, kedua pembalap masih bisa memacu mobilnya. Namun, posisi Maldonado dan Button disalip pembalap McLaren Honda Fernando Alonso yang terus membuntuti di belakang. Di lap ke-52, Maldonado akhirnya harus mundur dari balapan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Safety Car Iringi Kemenangan Hamilton

Saat balapan tersisa tiga lap, mobil pembalap Toro Rosso-Renault, Max Verstappen, terhenti di lajur lurus start atau finis. Safety car kemudian masuk dalam lintasan. Tim marshal akhirnya bisa mengeluarkan mobil Verstappen lewat celah di pitwall. Safety car terus mengawal balapan dan meninggalkan lintasan tepat pada kibaran bendera finis. Hamilton pun memastikan finis terdepan dan diikuti Rosberg, Vettel, Raikkonen, dan Massa.

Bagi Hamilton, ini merupakan kemenangan keduanya dari tiga seri balapan Formula 1 yang sudah dilalui pada musim 2015. Sebelumnya, pembalap Inggris ini memenangi GP Australia pada pertengahan Maret lalu.

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton memenangi seri balapan Formula 1 di GP China (FRED DUFOUR / AFP)

Dengan kemenangan ini, Hamilton memuncaki klasemen pembalap dengan poin 68. Sementara peringkat kedua ditempati Vettel dengan poin 55, unggul empat angka dari Rosberg di posisi ketiga. Sedangkan untuk klasemen kontruktor, Mercedes memimpin dengan 119 poin. Posisi kedua ada Ferrari dengan 79 poin dan disusul Williams 48 poin.

3 dari 3 halaman

Hasil Formula 1 GP China


Berikut hasil balapan Formula 1 GP China:

1. Lewis Hamilton GBR Mercedes-Mercedes56 laps 1hr 39m 42.008s
2. Nico Rosberg GER Mercedes-Mercedes +0.7s
3. Sebastian Vettel GER Ferrari-Ferrari +2.9s
4. Kimi Raikkonen FIN Ferrari-Ferrari +3.8s
5. Felipe Massa BRZ Williams-Mercedes +8.5s
6. Valtteri Bottas FIN Williams-Mercedes +9.8s
7. Romain Grosjean FRA Lotus-Mercedes +19.0s
8. Felipe Nasr BRZ Sauber-Ferrari +22.6s
9. Daniel Ricciardo AUS Red Bull-Renault +32.1s
10. Marcus Ericsson SWE Sauber-Ferrari +1 lap

11. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +1 lap
12. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda +1 lap
13. Jenson Button GBR McLaren-Honda +1 lap
14. Carlos Sainz Jr ESP Toro Rosso-Renault +1 lap
15. Will Stevens GBR Manor-Ferrari +2 laps
16. Roberto Merhi ESP Manor-Ferrari +2 laps

Rtd Max Verstappen NED Toro Rosso-Renault 53 laps completed engine
Rtd Pastor Maldonado VEN Lotus-Mercedes 50 laps completed accident damage
Rtd Daniil Kvyat RUS Red Bull-Renault 16 laps completed engine
Rtd Nico Hulkenberg GER Force India-Mercedes 9 laps completed gearbox

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini