Sukses

Liverpool Klub Paling Santun di Inggris, Bagaimana dengan MU?

Liverpool jarang memprotes keputusan wasit.

Liputan6.com, Liverpool - Sepak bola selalu menyajikan laga penuh gengsi, emosi, haru, hingga pengorbanan. Terkadang setiap klub merasa senang dengan keputusan wasit, kadang juga tidak.

Lantas, bagaimana jika tim tersebut melakukan aksi protes berlebihan kepada sang pengadil? Hal ini tentu dapat merugikan tim. Karena selain akan dikenai sanksi, tim itu juga akan mendapat predikat buruk dari pengamat hingga para pecinta sepak bola.

Baru-baru ini federasi sepak bola Inggris (FA) telah merilis daftar tim-tim yang paling buruk dalam menerima keputusan wasit. Hal ini termasuk aksi protes berlebihan, ulah pemain, ofisial, hingga aksi pendukung yang tidak bersahabat.

Sebagai pemuncak klasemen, Chelsea justru menjadi tim yang paling buruk dalam menerima keputusan wasit. Mereka menjadi tim yang paling sering 'berulah' diikuti Sunderland dan Arsenal.

Namun di sisi lain, Liverpool yang tertatih-tatih di tangga klasemen Liga Premier, justru menjadi klub yang paling santun. Mereka dinilai paling hormat dan sopan dalam menerima keputusan wasit dan memperlakukan lawannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aspek penilaian

Penilaian klub-klub tersebut dilakukan oleh perwakilan FA dan dilihat dari enam aspek:

Kartu merah dan kartu kuning:
- Setiap tim mendapat poin 10 saat laga baru dimulai, mereka akan dikurangi 1 poin jika dapat kartu kuning, dan tiga poin jika meraih kartu merah.

Permainan positif:
- Tim akan mendapat 10 poin untuk hasil maksimal jika bermain indah, menyerang, dan banyak mendapat peluang. Poin dikurangi jika bermain bertahan, membuang-buang waktu, dan diving.

Menghargai wasit:
- 7 poin akan diberikan jika tim menghargai ofisial pertandingan, termasuk asisten wasit. Jika menerima keputusan wasit tanpa gerak memprotes maka akan mendapat 6 poin.

Perilaku tim:
- 6 poin akan diberikan jika ofisial tim, pelatih, asisten pelatih, pemain, berperilaku sportif pada wasit. Tidak memancing kericuhan antara pemain dan wasit.

Perilaku publik:
- Setiap tim mendapatkan lima poin di awal laga. Namun mereka dapat mendapat total 10 poin jika penonton berperilaku baik selama pertandingan.

3 dari 3 halaman

Daftar tim

Berikut daftar tim yang paling 'santun' di Liga Inggris:
Liverpool 181
Burnley 179
West Bromwich Albion 179
West Ham United 176
Crystal Palace 176
Manchester City 176
Newcastle United 175
Queens Park Rangers 175
Manchester United 173
*
*
*
Stoke City 167
Arsenal 167
Sunderland 161
Chelsea 159

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

Video Terkini