Sukses

Mengukur Peluang 3 Kandidat Kuat Ketum PSSI 2015

Siapa saja 3 kandidat kuat dari 9 kandidat yang akan bertempur di pemilihan ketua umum hari ini?

Liputan6.com, Surabaya: Dalam hitungan jam, Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI sebagai induk sepakbola di Indonesia bakal ditabuh. Kota Pahlawan, Surabaya menjadi tuan rumah hajatan besar empat tahunan itu.

PSSI akan memilih Ketua Umum baru periode 2015-2019. Sejumlah nama muncul ke permukaan. Terdapat 9 nama calon yang maju di Kongres nanti. Mereka adalah Achsanul Qosasih, Bernhard Limbong, Subardi, Muhammad Zein, Sarman Hakim dan Syarif Bastaman.  

Tiga nama sisa kini masih menjadi berstatus sebagai pengurus aktif PSSI. Mereka adalah: La Nyalla Mattalitti, Djohar Arifin Husin, dan  Joko Driyono. Namun,  tiga nama bakal bersaing ketat dalam  KLB besok di Hotel JW Marriot, Surabaya, Sabtu (18/4/2015) besok.

Siapa saja mereka? berikut ulasannya seperti tersaji di 3 halaman berikutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1

1. La Nyalla Mattalitti

Nama yang satu ini sudah tidak asing lagi. Pria berdarah Bugis itu tokoh pelopor pembaruan sepakbola nasional. La Nyalla kini menempati posisi Wakil Ketua Umum PSSI. Selain duduk di kursi pengurus, LNM, begitu inisialnya, menjabat sebagai Ketua Badan Tim Nasional (BTN).

Dia bertekad memperjuangkan hasil Kongres Borobudur. Dia siap bersebrangan dengan kandidat lain yang ingin mengubah konsep kompetisi.  Nama La Nyalla mulai melambung sejak terpilih dalam Kongres PSSI-KPSI di Ancol 2012 lalu.

3 dari 4 halaman

2

2.  Joko Driyono

Sebagai penikmat sepakbola nasional, nama Joko Driyono tidak asing lagi. Joko yang memiliki pembawaan kalem itu kini menjadi Sekretaris Jendral PSSI. Di samping itu, dia orang yang kenyang makan asam-garam kompetisi.

Selain memangku jabatan sebagai Sekjen PSSI,  pria berkacamata itu memegang tampuk pimpinan tertinggi PT Liga Indonesia. Ya, Joko kini menjabat sebagai CEO PT Liga Indonesia. Tidak heran bila Joko menjadi 'Kuda Hitam' Ketum PSSI.

Salah satu voters (pemilik suara sendiri) telah menyatakan, secara sembunyi-sembunyi memberikan isyarat. mendukung Joko. Robert Heri, manajer Sriwijaya FC secara tidak langsung mengatakan PSSI butuh pemimpin yang kenyang mengelola kompetisi.

"Yang pasti memiliki komitmen untuk memajukan kompetisi," kata Robert singkat. "Joko Driyono? Ya, lihat saja besok," kata Robert.

4 dari 4 halaman

3

3. Syarif Bastaman

Syarif Bastaman  tercatat sebagai Anggota Komite Eksekutif PSSI periode 2007-2011 pernah diusung tujuh klub Anggota PSSI Divisi Dua dan Tiga yang berasal dari daerah Jawa Barat untuk bursa pemilihan bakal calon Ketum PSSI periode 2011-15.

Tujuh pendukung tersebut antara lain Persitas Tasikmalaya, Persikotas Tasikmalaya, PSGC Ciamis, Persikoban Kota Banjar, Persigar Garut, Persikas Subang, dan Persima Majalengka.Selain itu dia pernah duduk sebagai anggota di Komisi VI yang membidangi urusan Energi Sumber Daya Mineral, Riset, Teknologi, Lingkungan Hidup (Komisi VII), Perdagangan, Perindustrian, Investasi, Koperasi, UKM, BUMN, Standarisasi Nasional.

Kini, Syarif Bastaman juga aktif mengurus klub Liga Nusantara, UNI Bandung. Klub Liga Nusantara ini dikelolanya sejak Divisi 3 hingga akhirnya mampu menebus Liga Nusantara yang merupakan gabungan dari liga amatir yang pernah ada. Dilihat dari background ini, Syarif gaet voter dari Liga Nusantara?

Baca Juga:

Juergen Klopp Tinggalkan Dortmund, 5 Klub Ini Siap Tampung

Lawan Tim Besar, Luis Suarez Lebih Ganas

Fans Madrid Inginkan Bale Jadi Bek Kiri

Mourinho: Louis van Gaal Bos Saya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini