Sukses

Menuju Kursi PSSI 1: Ke Mana Pemilik Suara Bergerak?

Ada 2 dari tiga calon kuat yang mungkin bertarung ketat dalam merebut suara voter.

Liputan6.com,Surabaya: Bagaimana peta Kongres Luar Biasa PSSI (KLB) 2015? Bila melihat kandidat yang bertarung, terdapat 3 nama kandidat kuat. Mereka adalah, La Nyalla Mattalitti, Joko Driyono, dan Syarif Bastaman.

Tapi terdapat dua nama, La Nyalla dan Joko Driyono diprediksi bakal bersaing ketat di Kongres Pemilihan Ketua Umum, Sabtu 18 April 2015 pagi hari ini di Hotel JW Marriot Surabaya.

Sebanyak 107 voters akan memberikan suara guna menentukan PSSI 1. Lantas kemana mereka bergerak? Melihat dinamika jelang Kongres,setidaknya 3 dari 18 voters (pemilik suara) dari ISL mengisyaratkan memilih calon yang berpengalaman mengelola kompetisi.

"Yang pasti memiliki komitmen untuk memajukan kompetisi," kata Robert Heri, manajer Sriwijaya FC.

Hal senada juga disampaikan oleh manajer Persiram Raja Ampat, Henri Wairara yang menyebut bila kompetisi menjadi fokus utama PSSI."Kami telah konsolidasi karena ingin satu calon dari Papua. Siapa yang akan dipilih? Tentu yang mampu memajukan kompetisi," ujar Henri.
La Nyalla Mattalitti (depan). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Sedangkan manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar punya pendapat yang kurang lebih sama. Dia menyatakan bila Ketua Umum yang baru memiliki komitmen kuat terhadap PSSI.

"Yang terpilih nanti harus mumemajukan sepak bola Indonesia dan bersinergi dengan pemerintah  serta semua pihak. Serta yanig pintar mengurus kompetisi dan berhubungan dengan semua pihak," terang Umuh di Hotel JW Marriot.

Lanjut ke halaman berikutnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Bila mengamati keinginan pemilik suara, pilihan boleh mengerucut pada sosok Joko yang selama ini menjadi CEO PT Liga Indonesia selaku operator kompetisi level profesional di Indonesia.
Joko Driyono (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Tapi tentu, tidak bisa mengesampingkan peran La Nyalla yang telah mengubah iklim sepakbola serta sukses mengakhiri dualisme di tubuh PSSI 2013 lalu. Ketua Asprov PSSI Jawa Tengah, Johar Lin Eng menyebut pria berdarah Bugis itu pantas memimpin PSSI empat tahun ke depan.

"Secara pribadi, saya menginginkan La Nyalla yang terpilih. Itu agar semua program PSSI yang sudah disusun matang hingga kini tetap berjalan. Nantinya, PSSI di bawah La Nyalla tinggal jalin koordinasi dengan pihak-pihak eksternal agar segalanya berjalan lancar," kata Lin Eng.

So,siapa pilihan voters untuk Kursi PSSI 1?

Baca Juga:

Juergen Klopp Tinggalkan Dortmund, 5 Klub Ini Siap Tampung

Lawan Tim Besar, Luis Suarez Lebih Ganas

Ancelotti Pilih Nonton Film Ketimbang Barcelona vs Valencia

7 Pemain Paling Fantastis di Chelsea Musim Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini