Sukses

Barcelona Vs Bayern: Laga Reuni Pep Guardiola

Barcelona akan menjamu Bayern Muenchen, Juventus menjamu Real Madrid.

Liputan6.com, Barcelona - Klub raksasa Spanyol akan menjamu wakil Jerman Bayern Muenchen di leg pertama babak semifinal Liga Champions, Selasa (5/5/2015) di Camp Nou. Laga ini terbilang cukup memiliki gengsi yang besar mengingat nahkoda Muenchen saat ini, Pep Guardiola, adalah sosok yang cukup akrab dengan Barca.

Guardiola dipercaya menukangi Barcelona pada tahun 2008. Sebelumnya ia adalah pelatih dari Barcelona B.

Pada musim pertamanya pria asal Spanyol itu langsung menyabet treble winners (Liga Spanyol, Copa del Rey, dan Liga Champions). Ia juga sukses menerapkan permainan operan-operan pendek yang dikenal dengan tiki-taka.

Kesuksesan eks penggawa Timnas Spanyol itu sebagai pelatih berlanjut di musim-musim berikutnya. Total ia sudah meraih tiga gelar Liga Spanyol, dua Copa del Rey, dan dua gelar Liga Champions sepanjang kariernya sebagai pelatih Blaugrana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mundur dari Barcelona

Akan tetapi musim 2012/2013, Guardiola memutuskan untuk mundur dari kursi kepelatihan Blaugrana. Ia beristirahat selama satu musim dan digantikan asistennya, Tito Vilanova, sebelum akhirnya diganti lagi dengan Tata Martino.

Keputusan Guardiola untuk meninggalkan kursi kepelatihan Barca membuat banyak tim-tim Eropa meliriknya. Namun ia tetap konsisten dan absen setahun untuk beristirahat.

3 dari 3 halaman

Gabung ke Bayern

Kejutan tercipta di musim 2013/2014, pria berusia 44 tahun itu menerima pinangan raksasa Jerman, Bayern Muenchen. Ia menggantikan Jupp Heynckes yang memutuskan untuk pensiun.

Bersama Muenchen Guardiola sukses merengkuh satu gelar Liga Jerman dan satu DFB Pokal di musim pertamanya itu. Musim 2014/2015, Muenchen masih berpeluang meraih treble winners, mereka masih kokoh di puncak klasemen Bundesliga, masih ikut serta di DFB Pokal, dan lolos ke semifinal Liga Champions.

http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/853855/original/034870700_1429183187-moupep.jpg

Pada fase semifinal Liga Champions 2014/2015, Muenchen akan bertandang ke Camp Nou, stadion yang membesarkan nama Guardiola. Pasalnya tak hanya sukses sebagai pelatih, Guardiola juga menjadi pujaan publik Camp Nou saat masih menjadi pemain. Merumput bersama Barca sejak 1990 hingga 2001, ia berhasil meraih enam gelar Liga Spanyol, dua Copa del Rey, satu European Cup, dan satu UEFA Cup Winners Cup.

Baca Juga:

Jelang Derby, Mourinho Puji Skuat Arsenal

Guardiola Sebut Barcelona Tim Terbaik Dunia Saat Ini

Enrique: Lawan Bayern, Laga Spesial Buat Barcelona!





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini